TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Atraksi Menarik di Kawasan Delta Mekong, Vietnam

Yuk lihat proses pembuatan permen kelapa di Pulau Thoi Son!

ilustrasi wisatawan menaiki kapal menyusuri sungai menuju ke pulau Thoi Son di Vietnam (pexels.com/ Noel Nicolas)

Berlibur ke negara Vietnam kurang lengkap apabila belum mengunjungi Delta Mekong yang kawasannya meliputi beberapa daerah di negara Kambodia dan di Vietnam Selatan. Di negara Vietnam, kawasan ini merupakan pusat pertanian yang menghasilkan padi sekaligus penghasil ikan.

Kunjungan ke Delta Mekong umumnya sudah termasuk di dalam rangkaian perjalanan tur terutama bila singgah di kota Ho Chi Minh. Wisatawan dapat melihat aktivitas sehari-hari penduduk Vietnam Selatan seperti mengunjungi pasar terapung dan melihat industri pengolahan kelapa.

Can Tho adalah salah satu kota terkenal di kawasan Delta Mekong yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Berikut adalah informasi mengenai atraksi wisata yang terletak di kawasan Delta Mekong.

Baca Juga: 5 Negara Bersalju yang Bebas Visa Bagi WNI, Ada Vietnam

1. Mengunjungi Pulau Thoi Son

Proses pembuatan permen yang terbuat dari kelapa (dok.pribadi/Maria Sutrisno)

Thoi Son atau disebut Unicorn Island adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh Sungai Mekong dan terletak di antara kota MyTho dan kota Ben Tre di Vietnam. Wisatawan dapat menggunakan perahu dari kota MyTho atau Ben Tre untuk tiba di pulau Thoi Son. Wisatawan yang menggunakan perahu dapat melihat pemandangan pohon nipah di sepanjang perjalanan. Pohon nipah adalah sejenis palem yang tumbuh di hutan bakau.

Atraksi wisata di pulau Thoi Son meliputi:

  • mengunjungi kebun buah
  • mengunjungi peternakan lebah penghasil madu
  • melihat proses pembuatan permen kelapa
  • mengunjungi tempat yang menjual kerajinan tangan
  • melihat atau mengunjungi rumah tradisional, salah satunya yang terkenal adalah Mr. Tam's House. 

 

2. Pasar terapung Cai Rang dan Phong Dien

ilustrasi pedagang yang berjualan di Phong Dien Floating Market di Can Tho, Vietnam (pexels.com/ Văn Long Bùi)

Dua pasar terapung terkenal di kota Can Tho adalah Cai Rang Floating Market dan Phong Dien Floating Market. Pasar terapung Cai Rang berada di Sungai Cai Rang di distrik Ninh Kieu. Wisatawan dapat menggunakan taksi atau sepeda motor untuk pergi ke pelabuhan Ninh Kieu di kota Can Tho. Setelah tiba di pelabuhan, wisatawan kemudian menggunakan kapal untuk tiba di pasar terapung Cai Rang. Pasarnya sendiri buka setiap hari dari jam 5 hingga 9 pagi.

Wisatawan dapat melihat penjual berdagang buah-buahan dan membeli makanan yang dijual di atas kapal. Beberapa masakan lokal yang dijual contohnya pho, hu tieu, bun rieu, hingga kopi.

Hu tieu adalah sup mi beras yang dimasak dengan menggunakan kuah kaldu babi. Penduduk Vietnam Utara menyebutnya pho, sedangkan penduduk di Vietnam Selatan menyebutnya hu tieu. Bun rieu adalah sup bihun yang kuahnya berwarna merah dan dimasak dengan kuah kaldu babi kemudian ada potongan tahu goreng, tomat, dan bakso daging kepiting.

Pasar terapung Phong Dien berada di Sungai Phong Dien kira-kira 17 kilometer dari pusat kota Can Tho. Sedikit berbeda dari pasar terapung di Cai Rang, wisatawan dapat melihat penjual berjualan aneka macam barang seperti produk rotan, peralatan rumah tangga, daging, telur, hingga buah-buahan. Di sini juga ada penjual yang berjualan makanan di atas kapal.

 

Baca Juga: 7 Tempat Belanja di Vietnam Terpopuler, Surganya Shopaholic!

Verified Writer

Maria Sutrisno

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya