TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Suaka Gajah di Thailand, Seru Banget buat Liburan!

Tempat ekowisata bersama gajah

justgola.com

Jika berkunjung ke Thailand jangan melulu ke tempat hiburan karena ternyata Thailand mempunyai alam yang indah. Salah satu wisata yang menawarkan pengalaman alam adalah suaka gajah. Di mana di suaka gajah, pengunjung bisa berinteraksi dengan gajah tanpa menyakitinya.

Gajah dibiarkan bebas berkeliaran dan pengunjung bisa menikmati hal itu dengan menikmati pemandangan di sekitarnya. Jika masih bingung tempatnya ada di mana saja, cek artikel ini terus ya.

1. Elephant Nature Park

travelwheretonext.com

Elephant Nature Park adalah tempat perlindungan gajah yang sudah berdiri sejak 1995. Tak hanya gajah, disini juga terdapat anjing, kucing dan hewan-hewan lainnya yang diselamatkan.

Elephant Nature Park adalah proyek konservasi gajah yang berada di Chiang Mai, utara Thailand. Di sini terdapat 35 gajah yang diselamatkan dari eksploitasi untuk pariwisata atau penebangan.

2. The Surin Project

saveelephant.org

Masalah utama Thailand adalah pelatih tradisional atau pawang yang mengeksploitasi gajah untuk pariwisata. Gajah tersebut dirantai dan diupayakan untuk mencari penghasilan.

The Surin Project bekerja untuk mengurangi hal tersebut dengan memberikan pekerjaan pada pawang tersebut dan membebaskan gajah. The Surin Project berlangsung di Baan Tha Klang, timur laut Thailand.

3. Boon Lott’s Elephant Sanctuary

kimpluscraig.com

Boon Lott’s Elephant Sanctuary atau BLES adalah tempat untuk melindungi gajah. Namun, orang masih bisa berinteraksi dengan gajah tanpa harus memaksanya melakukan sesuatu. BLES menyediakan 3 ruang dengan maksimal 2 orang untuk bermalam.

Kegiatan sehari-hari adalah berinteraksi dengan gajah seperti berjalan dengan gajah untuk merumput, berenang di sungai, atau mengenal para pawang desa.

Jika tertarik kegiatan intim dengan gajah kunjungi BLES di utara Thailand, dekat Bandara Sukhothai.  Syaratnya harus memesan jauh-jauh hari.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Menarik di Kanchanaburi, Thailand

4. Friends of the Asian Elephant Hospital

inhabitat.com

Friends of the Asian Elephant Hospital adalah rumah sakit untuk para gajah. Rumah sakit ini tempatnya terletak di barat laut Thailand. Di tempat ini pengunjung tidak bisa berinteraksi langsung karena gajah-gajah di sini masih rentan. Tapi pengunjung bisa belajar dari para profesional menangani gajah yang terluka serta merawat luka pada gajah.

5. Elephant Haven

elephanthaventhailand.org

Dulu Elephant Camp bernama Sai Yoke Elephant Camp, dimana para gajah diikat dan berinteraksi dengan manusia. Namun, seiring dengan perubahan namanya, kamp ini juga merubah cara memperlakukan gajah.

Tak ada lagi mengikat gajah atau duduk di atas punggung gajah. Berinteraksi dengan gajah dengan berjalan bersamanya secara bebas tanpa ada tali pengikat.

6. Burm and Emily's Elephant Sanctuary

youtube.com/Chloe Studd

Burm and Emily's Elephant Sanctuary atau BEES adalah tempat untuk bertemu gajah-gajah yang sudah ditinggalkan. Gajah yang tua, terluka, atau pensiunan ada di sini untuk dilindungi dan diberi perawatan.

BEES menyediakan program sukarela untuk berjalan-jalan dengan gajah. Pengunjung bisa memandikan dan memberi makan gajah, mengantarnya ke hutan dan mempelajari cara mereka hidup.

7. Elephant Hills

fullsuitcase.com

Elephant Hills adalah sebuah kamp yang terletak di Taman Nasional Khao Sok, Thailand selatan. Kamp ini meniru kamp safari Afrika yang menawarkan pengalaman di dalam hutan.

Di sini terdapat 11 gajah yang bisa dijadikan teman dengan cara memandikan, memberi makan serta melihat mereka bebas berkeliaran. Selain itu kamp ini telah memenangkan Thai Green Excellence Award untuk Kesejahteraan Hewan pada tahun 2015.

8. Elephant Jungle Sanctuary

thrillophilia.com

Elephant Jungle Sanctuary adalah proyek ekowisata yang terletak di lima wilayah salah satunya Phuket. Misi yang diusung oleh tempat ini adalah memberikan pendidikan kepada pengunjung terkait merawat gajah dan memberikan pengertian tentang praktik pariwisata gajah yang tidak bertanggung jawab. Di sini terdapat 30 gajah yang dulu menjadi korban eksploitasi manusia.

9. Phang Nga Elephant Park

snorkelingthailand.com

Phang Nga Elephant Park adalah tempat wisata gajah yang patut dikunjungi. Taman gajah yang terletak di Phang Na ini menawarkan wisata sehari penuh atau setengah hari. Di sini juga ada kelas memasak Thailand sehingga pengunjung bisa mengenal gajah Thailand serta masakan Thailand.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa

Verified Writer

mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya