TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Negara Paling Aman untuk Traveling 2024, Turis Jadi Betah Pelesiran

Mungkin salah satunya ada negara impianmu, nih!

Jepang (unsplash.com/karenz)

Ketika bepergian atau travelingkebanyakan orang pasti akan memilih destinasi yang aman, baik saat liburan di dalam maupun luar negeriS. Sudah semestinya para traveler mementingkan keselamatan dan keamanan mereka.

Global Peace Index (GPI) setiap tahunnya merilis daftar negara paling aman yang bisa dijadian referensi para traveler. Penilaian ini dilakukan berdasarkan tingkat konflik internal, tingkat pembunuhan, kejahatan dengan kekerasan, hingga keamanan internal. 

Berdasarkan skor GPI yang sudah dirilis pada awal 2024, setidaknya ada 10 negara paling aman untuk traveling tahun ini. Bisa jadi ide liburan tahun ini, nih!

1. Islandia

Islandia (pexels.com/ Benjamin Suter)

Kebiasaan saling menjaga antarwarga membuat Islandia berada di posisi puncak. Negara dingin ini memiliki tingkat kejahatan yang rendah, sehingga membuat penduduk hingga traveler yang datang merasa aman.

Islandia menjadi tujuan yang pas buat kamu yang suka wisata alam. Pasalnya, pemandangan alam di sini begitu menakjubkan dengan perpaduan budaya yang dinamis. Penduduk Islandia juga terkenal ramah-ramah, lho.

2. Denmark

Denmark (pexelc.com/Matteo Angeloni)

Denmark bisa menjaga reputasinya sebagai salah satu negara paling aman di dunia setiap tahunnya. Negara di Eropa ini memiliki jajaran pantai yang rapi, jalanan Copenhagen yang indah, hingga kualitas hidup penduduknya yang tinggi.

Keselamatan penduduk dan traveler sangat terjamin di Denmark. Sistem hukum yang kuat dengan pelayanan publik yang efisien membuat segala sesuatunya berjalan lancar. Liburan di Denmark gak pernah dipersulit.

3. Irlandia

Irlandia (unsplash.com/jasonmurphy)

Orang-orang Irlandia terkenal baik hati. Mereka menciptakan lingkungan yang membuat para pendatang merasa aman dan diterima. Gak heran kalau wisatawan betah pelesiran di Irlandia.

Selama di Irlandia, kamu bisa menikmati keindahan alamnya yang luar biasa. Ada pantai yang bergerigi, tebing menjulang tinggi, hingga perbukitan hijau yang subur. Kekayaan sejarah Irlandia pun menarik untuk diketahui, lho.

4. Selandia Baru

Selandia Baru (pexels.com/Jarod Barton)

Selandia Baru kerap diandalkan jika membicarakan tentang alamnya yang indah. Negara kepulauan di barat daya Samudra Pasifik ini juga menawarkan rasa aman bagi wisatawan yang datang berlibur.

Dibandingkan negara lainnya, Selandia Baru memiliki tingkat kejahatan yang rendah. Sejarah panjang pemerintahannya membuat Selandia Baru bisa se-aman sekarang.

5. Austria

Austria (unsplash.com/Joss Woodhead)

Perpaduan pegunungan Alpen yang bersalju dengan kota-kota menawan di Austria bakal membuatmu takjub. Negara di Eropa Tengah ini gak cuma menawarkan keindahan arsitektur, tetapi juga rasa aman selama tinggal di sana.

Wisatawan menganggap Austria sangat aman, karena tingkat kejahatannya rendah, pelayanan publik yang efektif, dan sejarah budaya yang kaya. Menjelajah setiap sudut Austria bakal se-aman itu, sehingga bakal membuatmu makin betah.

6. Singapura

Singapura (unsplash.com/Hu Chen)

Pemerintah Singapura menerapkan standar keamanan kota yang tinggi. Negara di Asia Tenggara ini merupakan salah satu negara paling bersih dan teraman di Asia. Solo traveling ke Singapura dijamin bakal aman dan nyaman.

Singapura juga menawarkan sesi berlibur yang beragam. Selain kota yang modern, banyak wisata sejarah, museum, hingga taman kota yang wajib dijelajahi. Kamu bakal dibuat terkesima dengan ketertiban yang ada di SIngapura, deh!

Baca Juga: [QUIZ] Cari Tahu Wisata Solo Traveling Berdasarkan Zodiakmu!

7. Portugal

Portugal (pexels.com/Lisa Fotios)

Lingkungan Portugal yang bersih dan aman membuat wisatawan leluasa pelesiran. Pasalnya, negara di barat daya Eropa ini menawarkan garis pantai yang panjang, kota-kota kuno estetik, hingga penduduk yang ramah.

Saat ke Portugal, banyak orang mendaratkan kakinya ke Lisbon, Porto, dan Coimbra. Ada alun-alun yang membentang luas di Coimbra. Banyak juga kastil estetik berdiri di sana.

8. Slovenia

Slovenia (unsplash.com/arnaudsteckle)

Berada di antara Italia, Austria, Hongaria, dan Kroasia membuat Slovenia makin diincar wisatawan sebagai tujuan liburan. Pegunungan Alpen di sana menjulang tinggi dengan puncaknya yang tertutup salju. Selain itu, ada juga Laut Adriatik yang berkilauan.

Jika dibandingkan negara tetangganya, Slovenia termasuk aman dengan tingkat kejahatan yang rendah. Pencurian dan aktivitas kriminal lainnya sangat jarang terjadi di Slovenia, sehingga keamanan wisatawan terjaga penuh.

9. Jepang

Jepang (unsplash.com/Jay)

Jepang dipenuhi kota-kota dengan suasana berbeda. Jika ke Tokyo dan Osaka, kamu bakal menemukan suasana perkotaan yang sibuk. Berbeda jika kamu ke Kyoto, karena kota tersebut dipenuhi lokasi bersejarah, sehingga suasananya lebih tenang.

Reputasi Jepang sebagai salah satu negara teraman di dunia memang benar adanya. Tingkat pencurian, vandalisme, dan kejahatan berupa kekerasan jarang sekali terjadi. Sistem hukum di Jepang pun termasuk ketat.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya