TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Air Terjun di Tuban Paling Indah, Ada yang di Dalam Hutan

Lokasi paling cocok buat healing sebentar, nih!

Air Terjun Putri Nglirip (Google Maps/Navha Putri)

Selain wisata bahari dan wisata religi yang populer, Tuban, Jawa Timur, juga memiliki sederet wisata alam dengan pemandangan indah dan asri. Salah satu wisata alam di Tuban adalah wisata air terjun yang masih alami dan menyegarkan.

Wisata air terjun di Tuban mempunyai keunikan masing-masing. Berada di antara pepohonan dan bebatuan, air terjun di Tuban sangat tepat menjadi destinasi untuk refreshing melepas kepenatan setelah menjalani rutinitas sehari-hari.

Jika berminat untuk menikmati keindahan alamnya, beberapa wisata air terjun di Tuban, Jawa Timur, ini bisa kamu jadikan referensi. Keindahan alamnya bak lukisan hidup, lho!

Baca Juga: Pantai Dermaga Tuban, Suguhkan Pemandangan Sunset yang Indah

1. Air Terjun Putri Nglirip

Air Terjun Putri Nglirip (instagram.com/airterjunputringlirip)

Air Terjun Putri Nglirip atau dikenal dengan nama Air Terjun Nglirip terletak sekitar 30 menit dari pusat Kota Tuban. Air terjun ini cukup populer, bahkan di kalangan masyarakat luar Tuban. Air Terjun Putri Nglirip ketinggiannya mencapai 25–30 meter yang alirannya berasal dari sumber mata air Krawak yang berada sekitar 2 km dari air terjun ini.

Air Terjun Putri Nglirip menyajikan pemandangan indah dan asri yang dengan dikelilingi pepohonan dan tebing. Pada musim kemarau, air terjun ini tampak memesona karena airnya berwarna hijau tosca.

Ada beberapa larangan ketika berkunjung ke air terjun ini, salah satunya pengunjung tidak boleh berpacaran. Larangan ini berkaitan dengan mitos yang berkembang di masyarakat tentang seorang Putri Nglirip yang selalu datang untuk mengambil air. Konon katanya, Putri Nglirip merasa terganggu dan tidak suka jika ada sepasang kekasih datang ke daerah yang dihuninya. Jika ada pasangan yang berkunjung ke air terjun ini, dipercaya akan putus setelah 40 hari.

Lokasi: Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00—16.00 WIB.

Harga:

  • Dewasa: Rp8.000.
  • Anak-anak: Rp3.000.

2. Air Terjun Wukiharjo

Air Terjun Wukiharjo (Google Maps/Fardilah Febrianto)

Air Terjun Wukiharjo memang tidak terlalu tinggi, tetapi keindahannya tak kalah dengan air terjun lainnya  di Tuban. Air terjun ini mengalir di tebing berwana kuning. Di sekitarnya banyak pepohonan hijau dan pemandangan alamnya tampak eksotis. Tempat yang indah untuk berfoto dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Akses menuju Air Terjun Wukiharjo cukup sulit. Kamu harus menempuh perjalanan selama satu jam atau sekitar 36 km melintasi jalanan cukup ekstrim. Namun, perjalananmu akan terbayar ketika melihat keindahan Air Terjun Wukiharjo dan merasakan kesegaran airnya.

Lokasi: Desa Wukiharjo, Kecamatan Parengan, Kabubaten Tuban, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—17.00 WIB,

Harga: gratis. 

3. Air Terjun Lembah Bongok

Air Terjun Lembah Bongok (instagram.com/ajhie_surajaya_tuban)

Air Terjun Lembah Bongok letaknya tak terlalu jauh dari pusat Kota Tuban. Hanya sekitar 24 km yang bisa kamu tempuh selama 30 menit. Air terjun ini berada di tengah hutan jati di kawasan perbukitan kapur. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan alam yang masih tersembunyi sehingga tampak asri.

Air Terjun Lembah Bongok dikelilingi hutan rindang, sehingga memberikan udara yang segar. Dijamin membuat kamu betah berlama-lama di sini. Ketinggian air yang tidak terlalu tinggi cocok untuk kamu yang suka bermain air di sekitar air terjun.

Lokasi: Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00—15.30 WIB.

Harga: Rp10.000

4. Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan (Google Maps/Fendy Winarto)

Air Terjun Sanggrahan berada sekitar 40 km dari pusat Kota Tuban. Kamu bisa menempuhnya dengan berkendara selama 1 jam 20 menit.

Selama di perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah, indahnya pedesaan, juga merasakan udara yang segar.  Sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama teman atau keluarga.

Air Terjun Sanggrahan memang indah dan pemandangan alam di sekitarnya juga cantik. Kamu bisa berendam di bawah air terjun ini dan menikmati kesegaran airnya yang masih bersih. Sangat mengasyikkan, karena menghilangkan lelah selama perjalanan.

Lokasi: Desa Kedungjambe, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—17.00 WIB.

Harga: gratis.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Waterpark di Tuban, Libur Makin Seru

5. Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse (Google Maps/Ilman Nur)

Air Terjun Banyu Langse terletak sekitar 10 km dari arah barat daya Kota Tuban. Akses menuju Air Terjun Banyu Langse juga cukup mudah karena berupa jalan beraspal yang mudah dilalui kendaraan. Air terjun ini tampak berbeda dan istimewa. Keindahan air terjun ini berpadu dengan asrinya pepohonan hijau serta warna putih dari perbukitan kabur.

Air Terjun Banyu Langse kamu bisa menikmati tiga air terjun sekaligus. Ketinggian air terjun ini sekitar 10 meter dengan kedalaman 5 meter. Karena aliran airnya cukup deras dan dalam, jika ingin berenang di sini kamu harus hati-hati.

Meskipun belum ada pengelola resmi, air terjun ini terlihat masih benar-benar alami. Di sekitar air terjun ada pula banyak pepohonan lontar atau siwalan. Masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan pohon ental.

Lokasi: Desa Boto, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—17.00 WIB.

Harga: gratis.

6. Air Terjun Gajahan

Air Terjun Gajahan (Google Maps/Alifia Rukmana Watusslikha)

Air Terjun Gajahan berada sekitar 37 km dari pusat Kota Tuban. Kamu bisa ke air terjun ini dengan menempuh perjalanan selama satu jam. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin melepaskan kepenatan karena panorama di sekitar air terjun ini masih asri dan udaranya menyegarkan.

Air terjun ini lumayan luas dengan bebatuan besar. Untuk menuju lokasi air terjun, kamu bisa jalan kaki sambil menikmati suasana sekitar yang tenang dan merasakan embusan angin sejuk. Suasana menenangkan membuat kamu enggan meninggalkan air terjun ini.

Lokasi: Desa Ngulahan, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—17.00 WIB

Harga: gratis.

7. Air Terjun Kedung Bonjor

Air Terjun Kedung Bonjor (Google Maps/Kusuma Anggara)

Akses menuju Air Terjun Kedung Bonjor sangat sulit karena letaknya berada di tengah hutan. Kamu harus melakukan perjalanan melewati jalan bebatuan terjal dengan suasana hening dan sunyi. Namun, bagi kamu yang suka menjelajah, tentu ini jadi daya tarik tersendiri yang berkesan buat kamu.

Karena lokasinya terpencil, air terjun ini masih belum diketahui banyak orang, sehingga sangat terjaga kealamiannya. Air Terjun Kedung Bonjor tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter saja. Di bawah air terjun ada kolam, kamu bisa berenang, berendam, dan bermain air.

Lokasi: Desa Jambrong, Kecamatan Kenduran, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—17.00 WIB

Harga: gratis.

Verified Writer

Lya Munawaroh

Reading, writing, adventuring Instagram @lyamun16_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya