TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Wisata Musim Dingin Terbaik di Sapporo Jepang, Seru!

Suasana Sapporo gak kalah seru dari Tokyo!

potret Mount Moiwa (instagram.com/visit.sapporo)

Di momen liburan nataru atau Natal dan baru ini, gak sedikit orang memutuskan untuk liburan ke luar negeri, termasuk Jepang. Kalau kamu salah satu orang yang punya rencana liburan ke Jepang saat musim dingin, maka kamu wajib mengunjungi Sapporo.

Sapporo sendiri adalah ibu kota dari Prefektur Hokkaido. Meski namanya gak sepopuler Tokyo, tapi Sapporo adalah kota terbaik untuk menghabiskan musim dingin di Jepang. Kota ini punya sejumlah wisata musim dingin yang bakal bikin momen liburan kamu sulit terlupakan!

1. Sapporo Beer Museum

potrer Sapporo Beer Museum (instagram.com/oshiro_m8)

Sapporo merupakan salah satu kota penghasil bir terbaik di Jepang. Gak hanya bisa mencicipi bir, kamu juga bisa main ke Sapporo Beer Museum yang buka sejak tahun 1877. Di musim ini, kamu akan diajak berkeliling museum selama 2 jam dan mempelajari berbagai hal mengenai bir Sapporo. Mulai dari sejarah, proses pembuatan, sampai mencicipi langsung bir di pabriknya.

Puas keliling museum, kamu bisa makan siang di Sapporo Beer Garden. Tempat ini adalah restoran yang menyajikan aneka hidangan klasik khas Hokkaido, termasuk hidangan populer seperti irisan daging domba panggang yang dikenal dengan nama jingisukan.

Alamat: 9 Chome-1-1 Kita 7 Johigashi, Higashi Ward, Hokkaido 065-8633, Jepang

Jam buka: Selasa - Minggu pukul 11.00 - 18.00 JST (Senin tutup)

Harga tiket: gratis (Belum termasuk biaya sewa pemandu sebesar ¥500)

2. Odori Park

potret Odori Park (instagram.com/mabubu1)

Odori Park merupakan salah satu taman terbaik di Jepang. Di musim gugur, taman ini ramai dikunjungi karena warna pepohonannya yang indah. Di musim dingin, suasana taman akan semakin semarak dengan ribuan lampu yang dipasang di setiap sudutnya.

Selain menyaksikan pertunjukan cahaya, taman ini juga merupakan lokasi pasar Natal terkenal. Dikenal dengan nama Bavaria Christmas Market, pasar ini terdiri dari kios-kios penjual pernak-pernik Natal. Uniknya pernak-pernik dan ornamen yang dijual bukan hanya ornamen bernuansa Jepang, tapi juga Jerman.

Alamat: 2 Chome Odorinishi, Chuo Ward, Sapporo, Hokkaido 060-0042, Jepang

Jam buka: setiap hari, 24 jam

Harga tiket: gratis

3. Sapporo TV Tower

potret pemandangan malam dari Sapporo TV Tower (instagram.com/davidpollerphotos)

Masih berada di kawasan Odori Park, kamu bisa menemukan Sapporo TV Tower. Dibuka tahun 1956, Sapporo TV Tower bukanlah tower biasa. Dari puncak menaranya terdapat observation deck, tempat dimana kamu bisa menikmati pemandangan malam Kota Sapporo dari ketinggian 90 meter.

Di malam musim dingin yang cerah, pemandangan akan terlihat spektakuler dengan lampu-lampu dan Snow Festival yang digelar di Odori Park. 

Alamat: 1 Chome Odorinishi, Distrik Chuo, Sapporo, Hokkaido 060-0042, Jepang

Jam buka: setiap hari, pukul 09.00-22.00 JST

Harga tiket: ¥500 - ¥1.000 

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Liburan Musim Dingin di Hokkaido Jepang, Seru!

4. Sapporo Teine Ski Center

potret Sapporo Teine Ski Center (instagram.com/yujinjin711)

Selain bir, Sapporo juga jadi destinasi favorit penduduk lokal untuk bermain ski. Disini, terdapat banyak jalur ski yang bisa dijajal sesuai dengan kemampuan kamu. Kalau kamu belum pernah mencoba olahraga ski dan mau belajar, Sapporo Teine Ski Center menyediakan kursus untuk para pemula.

Proses belajarnya sendiri memakan waktu selama 6 jam penuh, dan kamu bakal diajarin sama pelatih ski profesional bersertifikat. Dijamin pulang dari sini, kamu bakalan jadi jago banget main ski!

Alamat: 172 Teinekanayama, Teine Ward, Sapporo, Hokkaido 006-0049, Jepang

Jam buka: setiap hari, pukul 09.00-21.00 JST

Harga tiket: ¥2.000 - ¥5.200

5. Moerenuma Park l

potret Moerenuma Park (instagram.com/yukihiko_oyama)

Terletak di luar Kota Sapporo, Moerenuma Park sebenarnya bisa dikunjungi di setiap musim. Namun warga lokal lebih suka mengunjungi museum ini pada musim dingin. Di musim dingin, sejumlah aktivitas seru bisa dilakukan. Mulai dari bermain ice skating, naik kereta luncur, hingga ski melintasi perbukitan. Lapangan yang luas di salah satu area taman biasanya akan dimanfaatkan oleh anak-anak untuk bermain bola salju dan membuat boneka salju.

Bukan hanya itu, Moerenuma Park juga memiliki sebuah air mancur yang bisa menyemburkan air setinggi 25 meter, lho!

Alamat: 1-1 Moerenumakoen, Higashi Ward, Sapporo, Hokkaido 007-0011, Jepang

Jam buka: setiap hari, pukul 07.00-22.00 JST

Harga tiket: gratis

6. Sapporo Snow Festival

potret Sapporo Snow Festival (instagram.com/hokkaidolove.intl)

Berlangsung di bulan Februari, Sapporo Snow Festival adalah festival yang memamerkan patung es karya para seniman. Diadakan pertama kali pada tahun 1950, awalnya festival hanya memamerkan 6 patung karya siswa-siswi SMA Odori. Puluhan tahun berlalu, kini Sapporo Snow Festival menampilkan lebih dari 200 patung karya seniman dari berbagai negara dunia.

Festival ini sendiri hanya berlangsung selama seminggu. Mengingat peserta yang hadir terus bertambah setiap tahunnya, Sapporo Snow Festival diadakan di tiga tempat secara bersamaan. Selain di Odori Park, kamu juga bisa mengunjungi festival ini di Sukusino dan Tsu Dome. Keren banget, kan?

Alamat: 2 Chome Odorinishi, Chuo Ward, Sapporo, Hokkaido 060-0042, Jepang

Jam buka: 4 Februari sampai 11 Februari, pukul 10.00-23.00 JST

Harga tiket: gratis

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya