TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wisata Alam Balikpapan Ini Punya Pemandangan Mempesona, Yuk Liburan!

Gak akan nyesel deh liburan ke sini!

Pantai Sepinggan (instagram.com/nur_sholeh3217)

Jika berkunjung ke Kalimantan Timur, mayoritas orang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di Samarinda. Padahal kamu juga bisa banget menghabiskan waktu liburan di Balikpapan. Balikpapan sendiri adalah kota terbesar kedua di Kalimantan Timur. Lokasinya juga berdekatan dengan Ibu Kota Nusantara atau IKN.

Gak hanya taman bermain, Balikpapan juga punya sejumlah wisata alam. Mulai dari pantai sampai bukit, kota ini layak banget masuk dalam daftar kunjungan kamu karena pemandangannya yang mempesona. Jadi tertarik berkunjung ke Balikpapan?

1. Pantai Kemala

Pantai Kemala (instagram.com/stuarthurlbut)

Berjarak 25 menit perjalanan dari pusat Kota Balikpapan, Pantai Kemala cocok buat kamu yang mau wisata alam tapi ogah menempuh perjalanan panjang. Lokasinya yang dekat dengan area perkotaan, membuat pantai ini jadi tempat incaran banyak wisatawan saat musim liburan tiba.

Gak hanya disuguhi pemandangan khas pantai berupa hamparan pasir putih, dan lautan, pantai ini juga terkenal dengan panorama sunset-nya yang memukau. Sambil menunggu momen cantik itu tiba, kamu bisa mencoba berbagai wahana permainan air yang ada. Mulai dari paragliding, banana boat, hingga jet ski yang akan membawa kamu berkeliling selama 1 jam penuh. Seru banget, kan?

Alamat: Prapatan, Kec. Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Jam buka: setiap hari, pukul 08.00-23.00 WITA.

Harga tiket: Rp5.000.

2. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru (instagram.com/harry_tukangpoto)

Kamu mau wisata alam dengan suasana menenangkan? Mampir aja ke Danau Cermin Lamaru! Terletak 26 kilometer dari Kota Balikpapan, wisata alam satu ini terkenal banget dengan airnya yang super jernih berwarna kebiruan. Saking jernihnya, kamu bisa dengan mudah melihat dasar danau ini.

Suasana di danau semakin menyenangkan karena lokasinya dikelilingi oleh pepohonan rindang yang sejuk. Oh ya, meski belum lengkap-lengkap banget, tapi fasilitas di danau ini cukup oke, kok! Selain toilet, terdapat juga musala, kantin, hingga area perkemahan yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Alamat: Lamaru, Kec. Balikpapan Tim., Kota Balikpapan, Kalimantan Timur 76118.

Jam buka: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis, belum termasuk harga sewa perahu.

Baca Juga: 5 Wisata Alam Sekitar IKN, Pemandangannya Bikin Enggan Pulang!

3. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai (instagram.com/hendriwlsss)

Para pencinta alam pasti bakalan betah jika berkunjung ke Bukit Bangkirai. Meski namanya Bukit Bangkirai, namun tempat ini adalah kawasan konservasi hutan tropis basah. Dinamai Bukit Bangkirai karena memang mayoritas tanaman yang ada di sini adalah pohon bangkirai raksasa.

Gak hanya menjelajah hutan dan melihat ragam flora dan fauna yang ada, di Bukit Bangkirai kamu juga bisa menemukan jembatan kanopi terpanjang kedua di Asia dan kedelapan di seluruh dunia. Memiliki panjang 64 meter dan tinggi 30-40 meter, dari sini kamu bisa menikmati suasana serta pemandangan hutan Kalimantan dari ketinggian.

Alamat: Karya Merdeka, Kec. Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75271.

Jam buka:

  • Senin sampai Jumat, pukul 09.00-16.00 WITA.
  • Sabtu dan Minggu, pukul 09.00-17.00 WITA.

Harga tiket: Rp35.000.

4. Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan (instagram.com/nur_sholeh3217)

Jika Pantai Kemala terlalu jauh, kamu bisa berkunjung ke Pantai Sepinggan. Lokasinya masih berada di wilayah kota sehingga mudah sekali untuk dikunjungi. Menariknya, kalau biasanya pantai hanya punya fenomena sunset, maka di Pantai Sepinggan ini kamu bisa menikmati momen sunset dan sunrise sekaligus.

Siangan sedikit, kamu bisa mencoba berbagai olahraga air yang tersedia. Area pantai juga cukup teduh karena banyak pepohonan rindang yang siap melindungi kamu dari panasnya sinar matahari.

Alamat: Jalan Sepinggan Raya 1, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Jam buka: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp10.000.

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya