TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Festival Musim Gugur di Hong Kong, Suasananya Meriah!

Bikin momen liburan musim gugur jadi makin gak terlupakan!

potret Tai Hang Fire Dragon Dance (instagram.com/victorl0)

Bagi kebanyakan dari kita, bulan September sama aja seperti bulan-bulan lain dalam setahun. Namun beda ceritanya kalau kamu berkunjung ke Hong Kong di bulan September. Bagi orang Hong Kong, September adalah bulan yang istimewa, terutama ketika memasuki tengah bulan.

Ini karena di pertengahan bulan September, mereka akan merayakan mid autumn yang tahun ini jatuh pada tanggal 17 September. Dalam tradisi lama, festival ini dibuat untuk merayakan periode berakhirnya musim gugur yang merupakan waktu untuk memanen hasil Bumi. Biasanya keluarga berkumpul untuk memakan kue bulan bersama.

Gak kalah dari warganya, pemerintah juga mengadakan sejumlah festival untuk merayakan momen istimewa ini. Berikut beberapa festival musim gugur di Hong Kong, meriah!

1. Urban Mid-Autumn Lantern Carnival

potret suasana di Urban Mid-Autumn Lantern Carnival (ccf.gov.hk)

Menyalakan lentera merupakan bagian dari tradisi perayaan Mid-Autumn. Makanya jangan heran kalau kamu berkunjung ke Hongkong pada pertengahan September, dan melihat lentera dimana-mana. Meski begitu, gak ada yang bisa ngalahin indahnya ratusan lentera yang ada di Victoria Park, Causeway Bay's.

Berlangsung dari tanggal 12-18 September 2024, selama perayaan, kamu akan melihat ratusan lentera dalam berbagai bentuk dan ukuran. Selain lentera warna-warni, terdapat juga berbagai kios yang menjual kerajinan tangan, kios pembaca garis tangan, wahana permainan untuk anak, hingga pertunjukan musik dan seni. 

Baca Juga: 5 Festival di Hong Kong yang Bikin Liburanmu Makin Berkesan

2. Tai Hang Fire Dragon Dance

potret Tai Hang Fire Dragon Dance (instagram.com/victorl0)

Digelar pertama kali pada tahun 1880, Fire Dragon Dance merupakan salah satu pertunjukan paling populer di Hong Kong. Tahun ini, pertunjukan akan berlangsung setiap malam dari tanggal 15 hingga 17 September 2024. Sesuai dengan namanya, di pertunjukan ini kamu akan melihat naga besar sepanjang 67 meter menari.

Tentu saja, naga yang muncul bukan naga betulan, melainkan naga yang terbuat dari jerami dan dupa. Selama pertunjukan, dupa akan menyala dan memberikan efek naga api yang keren. Nantinya naga raksasa akan di arak oleh 300 orang, dari Wun Sha Street ke Tung Lo Wan Road yang menjadi titik akhir pertunjukan.

Gak hanya tarian naga api, kamu juga akan dihibur oleh marching band dan parade anak-anak berkostum yang membuat suasana semakin semarak!

3. New Territories Mid-Autumn Lantern Carnival

potret pemandangan di New Territories Mid-Autumn Lantern (ccf.gov.hk)

Kamu yang mau melihat aneka lentera cantik tapi ogah desak-desakan dengan orang lain, mungkin bisa berkunjung ke New Territories Mid-Autumn Lantern Carnival. New Territories Mid-Autumn Lantern Carnival di Tsing Yi Park memang gak sebesar yang ada di Victoria Park, namun pemandangan di sini juga gak kalah spektakuler.

Dimulai sejak tanggal 12 September, New Territories Mid-Autumn Lantern menyajikan ratusan lentera aneka warna dan bentuk hingga tanggal 18 September. Terakhir, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni tradisional yang berbeda setiap malamnya.

Hong Kong boleh jadi merupakan salah satu pusat keuangan dan pelabuhan komersial paling penting di dunia. Namun tempat ini juga masih menjaga tradisi lama dan budayanya. Salah satunya adalah perayaan Mid-Autumn yang diselenggarakan dengan pada pertengahan bulan September setiap tahunnya!

 

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik Melihat Sunset di Hong Kong, View-nya Membius!

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya