TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Fakta Negara Portugal, Raksasa Sepak Bola Ajang Euro 2024

Portugal merupakan negara tertua di Eropa

potret pemandangan di depan Praça do Comércio (unsplash.com/Claudio Schwarz)

Jika kamu penggemar sepak bola, kamu pasti sudah gak asing lagi dengan Portugal. Pasalnya selain Argentina, Portugal juga menjadi salah satu negara adidaya dalam dunia sepakbbola. Di FIFA, mereka menduduki ranking ke 7 bahkan berhasil menembus babak quarter final dalam gelaran Euro 2024. Selain itu, negara ini juga merupakan rumah bagi pesepak bola legendaris, Cristiano Ronaldo.

Terlepas dari prestasinya dalam dunia sepak bola, Portugal juga merupakan salah satu negara yang keren banget, lho! Gak banyak yang tahu kalau ibu kota Lisbon merupakan salah satu kota tertua di Benua Eropa. Portugal juga merupakan negara favorit banyak peselancar dunia. Berikut 7 fakta negara Portugal yang perlu kamu ketahui!

1. Portugal merupakan negara tertua di Eropa

ilustrasi bendera Portugal di taman (unsplash.com/David Xeli)

Kebanyakan orang mungkin akan beranggapan jika Britania Raya merupakan negara tertua di Eropa. Hal ini wajar, mengingat sejarah panjang yang mereka miliki. Namun siapa sangka, tahta sebagai negara tertua di Eropa nyatanya justru jatuh pada Portugal. Ya sebelum menjadi negara republik, Portugal merupakan sebuah kerajaan yang terbentuk pada tahun 1139 Masehi dengan Raja Afonso Henriques sebagai raja pertamanya. Sejak itu, perbatasan negara ini gak pernah berubah hingga sekarang. 

2. Lisbon lebih tua empat abad dari London, Roma, maupun Paris

potret pemandangan di Kota Lisbon (unsplash.com/Liam McKay)

Portugal memang merupakan negara tertua di Eropa, namun menariknya ibu kota mereka jauh lebih tua dari negaranya sendiri. Sementara Kerajaan Portugal baru berdiri di abad ke 11 Masehi, Lisbon sudah dihuni oleh banyak orang sejak tahun 1200 SM. Fakta ini juga membuat Lisbon berusia lebih tua dari kebanyakan kota Eropa lain seperti London, Paris, dan Roma yang baru terbentuk pada tahun 753 SM.

Orang-orang Fenisi diketahui menjadi penduduk pertama Lisbon. Lebih istimewanya lagi, bukan hanya menjadikan kota ini sebagai rumah, mereka juga menjadikan Lisbon sebagai pusat perdagangan bagi daerah sekitarnya. 

3. Bahasa Portugal merupakan bahasa resmi di sembilan negara

ilustrasi orang berbicara Bahasa Portugal (pexels.com/Helena Lopes)

Kembali ke era kolonial di masa lalu, Portugal merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah jajahan yang sangat luas. Negara ini bahkan juga pernah menjajah Indonesia dari tahun 1509 sampai 1595. Ratusan tahun berlalu, banyak negara jajahan Portugal memang sudah merdeka. Namun kondisi saat ini, gak lantas membuat apa yang terjadi di masa lalu betul-betul terlupakan.

Salah satu buktinya adalah, Bahasa Portugal masih digunakan oleh banyak negara sebagai bahasa resmi hingga bahasa kedua. Tercatat ada sembilan negara yang masih menggunakan Bahasa Portugal. Mereka adalah Brasil, Angola, Tanjung Verde, São Tomé e Príncipe, Mozambik, Timor Leste, Guinea-Bissau, Guinea Khatulistiwa, hingga beberapa daerah di India. Kepopuleran ini, membuat Portugal menjadi salah satu bahasa yang paling banyak digunakan dengan total penutur mencapai 220 juta orang.

Baca Juga: 5 Jalur Hiking Cantik di Portugal, Siap Bertualang!

4. Negara ini merupakan pemilik ombak terbesar di dunia

ilustrasi orang berselancar di Pantai Nazaré Portugal (unsplash.com/Tiago Ferreira)

Berselancar identik dengan Hawaii. Tapi untuk banyak peselancar profesional, Portugal adalah surga yang sesungguhnya. Gak banyak orang tahu, kalau Portugal merupakan negara pemilik ombak terbesar di dunia.

Setiap tahunnya, para peselancar mengunjungi Pantai Nazaré di Portugal yang terkenal dengan ombaknya. Salah satu di antara mereka adalah Sebastian Steudtner, seorang peselancar asal Jerman yang berhasil mencetak rekor baru dengan menaklukkan ombak setinggi 86 kaki atau sekitar 26 meter pada tahun 2020 lalu.

5. Toko buku tertua di dunia berada di Lisbon

potret toko buku Livraria Bertrand (commons.m.wikimedia.org/Vernaccia)

Kamu yang suka baca, wajib banget berkunjung ke Portugal, terutama Kota Lisbon. Pasalnya di kota inilah terdapat sebuah toko buku tertua di dunia. Beroperasi pertama kali pada tahun 1732, toko buku Livraria Bertrand dibuka oleh seseorang bernama Peter Faure.

Sayangnya toko buku pertama ini mengalami kerusakan parah karena gempa yang menghantam Portugal pada tahun 1755. Gak menyerah, Peter Faure kemudian membuka kembali toko buku ini pada tahun 1773 dan akhirnya bertahan hingga sekarang.

Berusia ratusan tahun, Livraria Bertrand bukan hanya sekadar toko buku biasa, melainkan juga jadi tempat berkumpulnya para intelektual Portugal di masa lalu.

6. Matahari bersinar terang hampir sepanjang tahun di Portugal

potret pasangan kekasih menyaksikan sunset di Castelo de S. Jorge, Lisbon (unsplash.com/Dennis Flinsenberg)

Eropa identik dengan suhunya yang dingin. Gak bisa dipungkiri, beberapa negara memang punya suhu yang menggigit. Namun situasi yang berbeda akan kamu alami jika berkunjung ke Portugal.

Pasalnya negara ini merupakan salah satu negara paling cerah di Eropa. Gimana gak cerah, jika mereka mendapatkan sinar matahari sebanyak 2.800 sampai 3.000 jam per tahunnya. Jangankan di puncak musim panas, di awal musim dingin pun kamu masih bisa melihat matahari lengkap dengan suhu di atas 10 derajat Celcius. 

7. Portugal merupakan salah satu negara teraman di dunia

potret dua orang Portugal berjalan-jalan (unsplash.com/Omar Ram)

Irlandia dan Norwegia boleh jadi menempati tahta tertinggi sebagai negara teraman di dunia. Namun Portugal juga gak kalah aman dari dua negara tersebut. Berdasarkan tingkat keamanan, kedamaian, keselamatan masyarakat, hingga konflik domestik serta internasional, negara ini menempati posisi ke 4 sebagai negara teraman di dunia pada tahun 2021 lalu.

Dua tahun berselang, peringkat Portugal memang turun ke angka 7, namun tetap aja masih jauh lebih aman dibandingkan dengan negara Eropa populer seperti Prancis, atau Italia.

Selama ini, orang hanya melihat Portugal dari prestasi mereka dalam dunia sepak bola. Gak salah sih karena negara ini memang punya prestasi yang mentereng. Namun negara ini juga punya hal menarik untuk diketahui.

 

Baca Juga: 5 Fakta Basilika Bunda Rosario, Gereja Ikonik di Fatima, Portugal

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya