TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Fakta Finlandia, Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Puasa di Finlandia mencapai 17 jam, lho!

gambar pemandangan kota di Finlandia dari kejauhan (unsplash.com/Tapio Haaja)

Bisa dibilang, umat Muslim di Indonesia sangat beruntung, terutama di bulan Ramadan. Salah satu alasannya, karena durasi berpuasa di Indonesia tidak lama setiap harinya. Yap, setiap tahunnya, orang Indonesia hanya berpuasa selama 13 jam dalam sehari selama Ramadan.

Meski menurut kita lama, durasi waktu 13 jam ini termasuk sebentar jika dibandingkan dengan negara lainnya, apalagi Finlandia. Berbanding terbalik dengan orang Indonesia, Muslim di Finlandia harus menjalani waktu puasa cukup lama.

Selain durasi puasa yang gak biasa, negara ini juga memiliki banyak hal unik yang jarang diketahui. Beberapa fakta Finlandia ini wajibnya kamu ketahui, lho!

Baca Juga: 3 Sisi Gelap Finlandia yang Belum Banyak Diketahui Wisatawan

1. Finlandia adalah negara paling bahagia di dunia

gambar tiga orang perempuan yang sedang tertawa (unsplash.com/Antonino Visalli)

Terkadang, semakin maju sebuah negara, semakin gak bahagia penduduknya. Gimana lagi, biaya hidup yang tinggi gak seimbang dengan gaji yang diterima. Namun, hal itu gak berlaku di Finlandia. Meski masuk dalam golongan negara maju, penduduk di negara-negara Skandinavia rata-rata memiliki kehidupan yang bahagia.

Begitu juga dengan Finlandia, sejak 2020 lalu, negara ini menduduki posisi nomor satu sebagai negara paling bahagia di dunia. Tingkat kebahagiaan ini bukan hanya diukur dari besaran penghasilan, melainkan juga dari kebebasan mereka dalam membuat pilihan, harapan hidup, dukungan sosial dari lingkungan, hingga pandangan mereka mengenai korupsi di negaranya.

2. Orang Finlandia gak bisa hidup tanpa kopi

gambar secangkir kopi (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Kopi jadi minuman wajib bagi banyak orang, terutama mereka yang sudah bekerja. Namun, sesuka-sukanya kamu dengan kopi, kamu masih kalah sama orang Finlandia.

Selain menjadi negara paling bahagia di dunia, Finlandia juga merupakan negara peminum kopi nomor satu di dunia. Dalam satu tahun, satu orang Finlandia bisa mengkonsumsi hingga 12 kilogram kopi. Saking seringnya, minum kopi delapan kali sehari bukan sesuatu yang aneh di sana/

3. Mereka juga suka banget mandi sauna

gambar bangunan sauna (unsplash.com/Glib Albovsky)

Sauna identik dengan Jepang, tetapi orang Finlandia juga suka banget menghabiskan waktunya di sauna. Finlandia memiliki 2,3 juta tempat sauna yang tersebar di berbagai wilayah. Bisa dibilang hampir semua tempat menyediakan fasilitas sauna.

Mulai dari apartemen, restoran fast food, perusahaan besar menyediakan sauna untuk karyawannya, bahkan gedung parlemen di Finlandia juga menyediakan fasilitas sauna. Buat kita kedengarannya memang gak masuk akal, tapi kamu juga harus ingat kalau suhu di Finlandia cukup dingin. Sauna yang hangat membuat mereka merasa nyaman.

4. Finlandia mendapat julukan "Negara Seribu Danau"

gambar danau di Finlandia (unsplash.com/SaiKrishna Saketh Yellapragada)

Finlandia sering dijuluki sebagai "Negeri Seribu Danau". Kenyataannya, mereka memiliki lebih dari seribu danau. Gak kira-kira, Finlandia adalah pemilik dari 187.888 danau. Dari jumlah sebanyak itu, 57.000 di antaranya adalah danau seluas 10.000 meter persegi.

Orang Finlandia biasanya memanfaatkan danau untuk rekreasi. Mulai dari duduk-duduk sambil menikmati pemandangan, memancing, hingga melakukan olahraga air.

5. Orang Finlandia suka kesunyian

gambar isyarat untuk diam (unsplash.com/Kristina Flour)

Kamu pasti pernah mendengar pepatah "Diam itu emas, bicara itu perak". Nah, orang Finlandia sangat percaya dengan pepatah satu ini. Berbeda dengan kebanyakan orang Indonesia yang suka suasana ramai, orang Finlandia justru gak keberatan dengan suasana hening. Mereka gak suka basa-basi, bahkan cenderung menjaga jarak dengan orang lain.

Baca Juga: 3 Alasan Unggulnya Sistem Pendidikan di Finlandia

6. Lebih dari setengah wilayah Finlandia adalah hutan belantara

gambar hutan di Finlandia (unsplash.com/Joni Kuusisto)

Sama seperti Indonesia, Finlandia juga memiliki banyak hutan. Malahan, sekitar 74 persen wilayah negara ini masih dalam bentuk hutan belantara. Mengingat jumlah penduduknya yang hanya 5,5 juta jiwa, hal ini sebetulnya wajar, karena mereka gak membutuhkan banyak lahan untuk tempat tinggal.

Namun, berbeda dengan kita yang sering menganggap hutan sebagai tempat yang angker, orang Finlandia cukup akrab dengan hutan di sekelilingnya. Pemerintah di Finlandia membiarkan siapa pun untuk melakukan aktivitas, seperti menjelajah, piknik, dan kemping di hutan. Selama mereka membersihkan sampah dan gak merusak, mereka bisa berkunjung ke hutan kapan pun mereka mau.

7. Mayoritas anak di Finlandia merayakan ulang tahun dua kali

gambar seorang anak yang sedang merayakan ulang tahun dengan temannya (unsplash.com/Nathan Dumlao)

Bukan hanya orang dewasa yang bahagia di Finlandia, tetapi juga anak-anaknya. Di negara ini, anak bisa merayakan ulang tahun sebanyak dua kali. Sudah menjadi tradisi di Finlandia untuk membuat pesta perayaan ulang tahun dua kali bagi anak-anak. Pesta ulang tahun pertama biasanya hanya dikhususkan untuk keluarga, sedangkan pesta kedua dihadiri oleh teman-teman.

8. Finlandia salah satu negara dengan durasi puasa terlama di dunia

gambar piring dan garpu (unsplash.com/Julian Wallner)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, umat Muslim di Indonesia termasuk golongan yang beruntung. Selain menjadi mayoritas di negara sendiri, dan fasilitas keagamaan yang didukung oleh pemerintah, durasi puasa di negara kita juga tergolong singkat yakni sekitar 13 jam. Namun, kamu harus sedikit lebih sabar kalau pindah ke Finlandia.

Mengingat lokasinya yang dekat dengan Kutub Utara, sehingga membuat siang hari kadang berlangsung lebih lama dari malamnya. Gak tanggung-tanggung, di negara ini, kamu harus puasa minimal selama 17 jam setiap harinya, lho!

Verified Writer

Siti Marliah

Instagram: @sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya