TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sangeh Monkey Forest: Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Tips Wisata

Ada ribuan pohon pala dan ratusan monyet di kawasan tersebut

Sangeh Monkey Forest, Bali (instagram.com/sangehmonkeyforest)

Sangeh Monkey Forest merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Bali. Wisata tersebut sangat terkenal di kalangan para wisatawan baik dalam maupun luar negeri, lho. Banyak wisatawan yang datang ke sana untuk menikmati suasana alamnya yang  menyegarkan dan menenangkan.

Selain alamnya yang tenang, di sana ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Untuk biaya masuknya sendiri sangat murah. Nah, jika kamu penasaran dengan Sangeh Monkey Forest, berikut informasi lengkapnya. Simak yuk!

1. Lokasi, jam buka, dan harga tiket masuk

Sangeh Monkey Forest, Bali (instagram.com/sangehmonkeyforest)

Tidak ada salahnya lho untuk datang ke Sangeh Monkey Forest jika sedang berlibur ke Bali. Apalagi, jika kamu sedang mengunjungi daerah Badung. Lokasinya ada di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Denpasar.

Wisata Sangeh Monkey Forest dibuka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Untuk biaya masuknya sendiri sekitar Rp15.000 bagi wisatawan domestik. Nah, untuk wisatawan mancanegara sekitar Rp30.000. Cukup murah, bukan?

Fasilitas yang ada di Sangeh Monkey Forest ini juga terbilang cukup lengkap. Area parkir yang luas, tempat istirahat, toilet, dan lain sebagainya. Untuk tempat makan, di area luar sudah tersedia banyak tempat makan yang bisa kamu datangi.

Baca Juga: 5 Fakta Monkey Forest, Hutan Suci di Ubud

2. Rute menuju Sangeh Monkey Forest

Sangeh Monkey Forest, Bali (instagram.com/sangehmonkeyforest)

Titik perjalanan dimulai dari Mal Bali di alan Diponegoro atau bisa juga dari Udayana, ya. Kamu perlu ke arah utara sampai ke Patung Jalan Diponegoro. Ambil kiri masuk ke Jalan  Hasanuddin. Lurus saja sampai ke Patung Ida Cokorda Pemecutan IX, belok kanan, masuk ke Jalan Thamrin.

Dari Jalan Thamrin, kamu akan sampai ke Heritage Jalan Gajah Mada Denpasar, siap-siap untuk masuk ke Jalan Wahidin dengan belok kiri. Perempatan pertama langsung belok kanan masuk ke Jalan Setia Budi. Lurus saja ikuti jalan sampai ke Mengwi.

Sampai ke pertigaan Puskesmas Mengwi, belok kanan masuk ke Jalan Lukluk-Sempidi. Tinggal ikutin jalan sampai masuk ke Jalan Raya Sangeh. Lanjutkan perjalanan sedikit lagi, masuk ke Jalan Brahmana dan masuk ke parking lot Sangeh Monkey Forest.

3. Daya tarik dari Sangeh Monkey Forest

Sangeh Monkey Forest, Bali (instagram.com/sangehmonkeyforest)

Seberapa menarik sih Sangeh Monkey Forest itu? Di sana, kamu akan diajak untuk melihat keindahan hutan pala yang menjulang tinggi dan juga rapat. Tempatnya sendiri cukup sejuk dan bahkan terasa sangat menangkan, lho.

Selain hutan pala, kamu bisa melihat beberapa tumbuhan yang lain seperti cempaka kuning, pule, dan amplas. Nah, untuk hewan yang paling dominan adalah kera abu-abu. Kera-kera tersebut hidup secara liar, tapi juga jinak.

Selain kera, ada juga alap-alap, elang, kucing hutan, dan musang. Sebuah pura yang sudah ada dari abad ke-17 juga berdiri tegak di sana. Tentu hal tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri, khususnya untuk spiritual bukan?

4. Kegiatan yang bisa dilakukan di sana

Sangeh Monkey Forest, Bali (instagram.com/sangehmonkeyforest)

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di Sangeh Monkey Forest, antara lain:

  1. Kamu bisa beriteraksi degan kera-kera yang ada di sana. Memberinya makan dan juga mengajaknya berfoto atau hanya sekadar mengamati perilaku kera-kera tersebut. Kera di sana terkenal jinak, namun begitu tetap harus hati-hati dengan barang bawaan, ya.
  2. Mengunjungi Pura Bukit Sari. Pura tersebut dikeramatkan oleh penduduk setempat, lho. Kamu bisa mengeksplorasi keindahan Pura tersebut dengan melihat-lihat arsitek bangunannya yang unik dan menawan. Ukiran Pura juga sangat cantik, lho.
  3. Kamu juga bisa sekadar jalan-jalan atau berkeliling sembari menikmati keindahan alam dari tempat tersebut. Banyaknya pohon-pohon yang tinggi membuatnya terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Alamnya yang tenang pun bisa membuatmu tentram saat berada di sana

Baca Juga: 5 Wisata Alam Tabanan Bali dengan Pemandangan Terbaik

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya