TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Aktivitas Seru di Pulau Tabuhan Banyuwangi yang Gak Boleh di-Skip

Lanskap alamnya bikin jatuh cinta

aktivitas seru di Pulau Tabuhan Banyuwangi (instagram.com/gensavana)

Kamu sudah lama pengin eksplorasi Banyuwangi? Ini waktu yang tepat, kamu bisa datang ke Pulau Tabuhan. Pulau kecil yang jaraknya sekitar 20 km dari Banyuwangi itu lokasinya di Selat Bali. Ukurannya memang kecil, tetapi keindahannya luar biasa, lho!

Perairan di sekitar Pulau Tabuhan sangat jernih berwarna biru toska. Di tengahnya ada hutan hijau. Banyak yang datang ke Pulau Tabuhan untuk melakukan kegiatan olahraga.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana, salah satunya diving. Kalau sudah datang ke sini, enam aktivitas seru di Pulau Tabuhan, Banyuwangi, ini bisa kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Alun-alun Banyuwangi

1. Kitesurfing

ilustrasi sedang melakukan kitesurfing (unsplash.com/Timo Voß)

Kitesurfing adalah salah satu jenis olahraga laut yang cukup menantang, tapi juga menyenangkan. Olahraga ini menggabungkan selancar dengan layang-layang. Nah, Di Pulau Tabuhan, kegiatan satu ini cukup populer dan banyak yang mencobanya.

Kondisi angin di Pulau Tabuhan dikenal kencang dan cukup stabil. Embusan angin tersebut cocok untuk bermain kitesurfing. Kamu bisa menikmati sensasi berselancar dengan lancar tanpa kendala.

Untuk menikmati kitesurfing, kamu bisa belajar dasarnya terlebih dahulu. Ada beberapa pelatihan yang bisa kamu datangi. Untuk alat-alatnya, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa di sana, ya.

2. Windsurfing

ilustrasi sedang melakukan windsurfing (unsplash.com/ Brett Jordan)

Sekilas, windsurfing sama dengan kitesurfing. Sama-sama menggunakan papan selancar, tapi berbeda ukuran, bentuk, dan cara kerjanya. Windsurfing memasang layar pada selancar yang kamu gunakan dan berjalan dengan bantuan angin kencang yang menerpa.

Untuk menggerakan selancar, kamu bisa mengaturnya dengan mengarahkan layar. Aktivitas ini juga butuh keahlian dasar terlebih dahulu. Jadi, kamu harus belajar terlebih dahulu. Untuk alatnya, kamu bisa menyewa atau membawa sendiri, ya.

3. Snorkeling

ilustrasi sedang melakukan snorkeling (unsplash.com/Subtle Cinematics)

Pulau Tabuhan juga terkenal dengan taman lautnya yang cantik dan memesona. Airnya jernih dengan terumbu karang yang menarik perhatian. Di sana, kamu bisa snorkeling dan melihat ikan-ikan kecil yang sedang berenang.

Ikan-ikan berwarna-warni bakal membuatmu terpesona. Untuk bisa snorkeling, kamu harus membawa masker, snorkel, dan sirip untuk berenang. Jika tidak punya, tenang saja, di sana ada tempat penyewaannya, kok.

Baca Juga: 5 Desa Wisata di Banyuwangi yang Layak Kamu Kunjungi

4. Diving

ilustrasi sedang melakukan diving (unsplash.com/Sebastian Pena Lambarri)

Jika snorkeling hanya menyelam di permukaan saja, maka jika ingin lebih jauh mengeksplorasi bawah laut Pulau Tabuhan, kamu bisa melakukan diving. Tentu alat yang digunakan juga harus lebih lengkap, seperti tabung, baju selam, regulator, dan BCD.

Dunia bawah laut Pulau Tabuhan sangat menakjubkan. Ada banyak spot-spot menarik yang bisa kamu singgahi di bawah laut. Kapal karam, gua bawah laut, dan dinding karang yang fantastis bakal membuatmu terpesona.

Perlu diketahui, untuk melakukan kegiatan diving di Pulau Tabuhan bukan sembarang orang, ya. Setidaknya kamu harus menunjukkan sertifikat diving yang kamu punya terlebih dahulu. Nah, untuk peralatan diving kamu bisa menyewa atau bahkan membawa sendiri.

5. Camping

ilustrasi sedang melakukan camping (unsplash.com/Ivan Rohovchenko)

Ingin kegiatan yang lebih santai di Pulau Tabuhan? Tenang saja, kamu bisa datang ke pulau tersebut untuk camping atau berkemah. Aktivitas ini gak kalah menyenangkan, lho.

Kamu bisa menikmati suasana malam di Pulau Tabuhan. Melihat bintang-bintang kecil yang sedang berkilauan dan menikmati makanan yang kamu bawa sembari ditemani dengan deburan ombak bakal menyenangkan juga.

Fasilitas di Pulau Tabuhan belum terlalu lengkap, sehingga kamu harus membawa peralatan sendiri. Datang pada hari dan cuaca yang tepat. Jadi, kamu harus mempersiapkan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk camping  di Pulau Tabuhan.

Verified Writer

Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, game, dan gunung. Apalagi kamu!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya