TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kota yang Dikenal sebagai Sarang Pencopet di Dunia

Pastinya ada Paris di Prancis

Paris, Prancis (unsplash.com/Anthony DELANOIX)

Di tengah keindahan arsitektur yang megah, kekayaan budaya, dan kemewahan tata kotanya, tersembunyi kisah yang lebih "gelap" di beberapa kota tersohor di dunia. Mereka tidak hanya dikenal sebagai kota yang menyimpan keindahan alam atau warisan sejarahnya, tetapi juga karena tingginya tingkat kejahatan.

Hal tersebut membuat para wisatawan selalu waspada ketika berada di sana.  Pencopetan atau kejahatan kecil memang sering terjadi di berbagai belahan dunia.

Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa kota di dunia yang sudah dijuluki sebagai "sarang pencopet." Berikut ada enam kota yang dijuluki sebagai sarang pencopet di dunia. Ada kota mana saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Roma, Italia

Roma, Italia (unsplash.com/David Köhler)

Roma, Italia, dikenal sebagai salah satu kota dengan tingkat pencopetan yang cukup tinggi. Kerumuman besar wisatawan yang mengujung tempat wisata seperti Colesseum, Fontana di Trevi, dan Vatikan itulah yang menciptakan peluang bagi para pencopet untuk beraksi. Selain itu, faktor pengangguran yang tinggi di beberapa kota juga berkontribusi terhadap kejahatan di Roma. 

2. Barcelona, Spanyol

Barcelona, Spanyol (unsplash.com/Enes)

Barcelona merupakan kota yang kaya akan sejarah, seni, dan kehidupan malam. Namun, di tengah gemerlapnya La Rambla dan kehidupan kota, Barcelona juga memiliki reputasi sebagai tempat beroperasinya para pencopet. 

Ada beberapa daerah wisata yang bisa dikatakan sebagai sarang pencopet, seperti La Rambia, Sagrada Familia, dan Gothic Quarter. Pencopet di sana seringkali mengintai para wisatawan yang tidak waspada.

Mereka menggunakan metode pickpocketing atau pencurian dengan tipu daya untuk mencuri barang-barang berharga dari para pengunjung. 

3. Paris, Prancis

Paris, Prancis (unsplash.com/Anthony DELANOIX)

Paris, kota cinta yang dikenal dengan keindahan arsitekturnya yang megah ternyata juga dikenal sebagai sarang pencopet. Tempat-tempat seperti Menara Eiffel, Louvre, dan Montmartre seringkali menjadi target bagi para pencopet yang beroperasi di tengah kerumuman wisatawan.

Pencurian dompet, ponsel, dan barang berharga lainnya dilakukan dengan sangat cepat. Biasanya para pencuri ini beraksi di stasiun kereta, kereta bawah tanah, dan tempat-tempatnya wisata yang ramai di Paris. 

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Scam saat Solo Traveling, Catat!

4. Bangkok, Thailand

Bangkok, Thailand (unsplash.com/Wanaporn Yangsiri)

Selanjutnya, ada Bangkok. Ibu kota Thailand ini terkenal akan wisata budayanya yang memukau. Ternyata kota ini juga memiliki reputasi sebagai tempat beroperasinya para pencopet.

Para pencopet biasanya mengintai para wisata yang terlalu terpaku pada pemandangan. Mereka menggunakan taktik distract and grab untuk mencuri barang-barang berharga dari para pengunjung. 

5. Hanoi, Vietnam

Hanoi, Vietnam (unsplash.com/Silver Ringvee)

Hanoi merupakan ibu kota Vietnam yang kaya akan warisan budaya, arsitektur kolonial, serta pasar tradisionalnya yang seringkali menarik perhatian wisatawan. Namun, di tengah gemerlapnya jalan-jalan tua dan pasar yang ramai, Hanoi juga sarang pencopet. 

Biasanya para pencopet mengincar tempat wisata populer yang ada di sana, seperti Hoan Kiem Lake dan Temple of Literature. Namun, di pasar tradisional seperti Dong Xuan Market dan Cho Hom Market, para pencopet juga seringkali mencari kesempatan untuk mencuri barang-barang berharga dari para pengunjung. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya