TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Negara yang Bisa Kamu Kunjungi saat Melakukan Ibadah Umrah

Selain Mekkah dan Madinah, negara-negara ini juga indah

Destinasi negara untuk wisata umroh (unsplash.com/Spencer Davis)

Bagi sebagian orang, umrah kini tak sebatas mengunjungi Tanah Suci untuk beribadah. Jika memiliki dana lebih, kesempatan umrah akan dimanfaatkan orang-orang untuk sekaligus berwisata ke negara-negara Timur Tengah, bahkan ke Benua Afrika dan Eropa.

Nah, buat kamu yang berencana umrah dan ingin sekalian nge-trip, cobalah mempertimbangkan pilihan negara-negara berikut. Memang, kamu bakal butuh anggaran lebih banyak, tapi pengalaman yang didapat tentu akan lebih luar biasa. Simak, yuk!

1. Turki

Blue Mosque (unsplash.com/Lewis J Goetz)

Negara yang sampai sekarang masih sangat diminati sebagai wisata umrah adalah Turki. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Arab Saudi dan memiliki destinasi wisata yang muslim-friendly membuat Turki idola para jemaah umrah dari Indonesia.

Di Turki, kamu bisa napak tilas berbagai jenis benda peninggalan Nabi Muhammad SAW. di Istana Topkapi, seperti mantel wol, stempel, sandal, dan rambut beliau. Selain itu, pilihan wisata menarik lainnya adalah Cappadocia, Blue Mosque, Hagia Sophia, dan Pamukkale.

Jika kamu datang pada musim semi, sekitar bulan April, maka kamu berkesempatan menikmati kecantikan bunga tulip di beberapa taman di Turki. Sebutlah Emirgan Park, Ataturk Arboretum, Yildiz Park, dan Gülhane Park.

2. Uni Emirat Arab

The Frame (unsplash.com/Ahmed Aldaie)

Bertetanggaan dengan Arab Saudi, negara Uni Emirat Arab gak kalah populer dengan Turki sebagai tujuan wisata umrah. Umumnya, Dubai dan Abu Dhabi menjadi dua kota favorit yang masuk itinerary.

Mendarat di Dubai, jemaah biasanya akan diajak mengunjungi bagian kota lama Dubai bernama Old Dubai, pasar pusat penjualan emas dan rempah-rempah di Dubai Gold and Spice Souk, dan bertualang off road di gurun pasir.

Selain itu, wisata wajib di Dubai tentunya adalah Burj Khalifa yang saat ini merupakan gedung pencakar langit tertinggi di dunia, sekaligus menjadi ikon Kota Dubai. Pilihan wisata lainnya, yakni The Frame, Palm Islands, dan Museum of the Future.

Sedangkan di Abu Dhabi, Grand Mosque Sheikh Zayed dan Abu Dhabi Corniche Road kerap menjadi tujuan wisata favorit. Di Abu Dhabi Corniche Road, kamu bisa menikmati jalan lebar dan panjang dengan panorama laut yang super indah.

3. Mesir

The Great Pyramid of Giza (historyextra.com)

Siapa yang tak tertarik menyelami gurun pasir eksotis, sekaligus menilik bangunan piramida dan sfinks (sphinx) yang bersejarah? Karena itulah, negara Mesir layak banget menjadi pilihan tujuan wisata umrah kamu.

Tepatnya di kompleks The Great Pyramid of Giza, kamu bakal dibikin tercengang dengan kemegahan piramida berusia ribuan tahun. Piramida tersebut dijaga oleh sfinks, yaitu patung batu berkepala manusia laki-laki, tapi berbadan singa.

Menuju ibu kota Mesir, Kairo, paket perjalanan biasanya akan memasukkan Masjid Al-Azhar dan Papyrus Shop sebagai daftar wisata yang didatangi. Jika kamu ingin membeli oleh-oleh dan suvenir khas Mesir, datanglah ke Khan El-Khalili Bazaar.

Selain Kairo, kota Aleksandria sering pula dijadikan tujuan wisata umroh di Mesir. Di kota pelabuhan ini, terdapat sebuah benteng tua dari abad 15 yang berfungsi sebagai pertahanan kota pada masanya, namanya Citadel of Qaitbay.

4. Yordania

Gua Ashabul Kahfi (nurmuhammad.com)

Negara lain yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi dan kerap ramai dikunjungi jemaah umrah adalah Yordania. Bagaimana tidak? Wisata di Yordania menyimpan banyak tempat bersejarah, salah satunya keberadaan gua Ashabul Kahfi.

Gua Ashabul Kahfi menjadi lokasi persembunyian tujuh pemuda beriman yang mencoba lari dari ancaman dan kekejaman raja lalim bernama Dikyanus. Di dalam gua itulah, Allah menidurkan para pemuda tersebut selama 309 tahun.

Tidak hanya gua Ashabul Kahfi, Petra juga menjadi destinasi populer lainnya di Yordania. Kamu akan dibuat takjub dengan bangunan megah yang menempel pada dinding batu berukuran raksasa. Monumen dan makam-makam kuno terlihat pula di area Petra.

Jika ingin membuktikan daerah perairan yang punya kadar garam sangat tinggi, kamu bisa datang ke Laut Mati. Area ini sesungguhnya berupa danau berukuran sangat luas. Saking luasnya, maka area tersebut tampak seperti lautan.

Baca Juga: 8 Cara Umrah Tanpa Travel Agent, Lebih Murah dan Fleksibel

5. Palestina

Masjid Al-Aqsa (aijac.org.au)

Terlepas dari konflik yang sedang terjadi di Gaza saat ini, wisata ke Palestina, tepatnya ke Kota Yerussalem dan Hebron, menjadi pilihan yang paling diminati kalangan jemaah umrah. Para jemaah umumnya akan mendarat di Amman, Yordania, sebelum masuk ke Yerussalem atau Hebron.

Masjid Al-Aqsa tentulah menjadi tujuan utama wisata umrah ke Palestina dengan peraturan ketat yang wajib ditaati para wisatawan. Masjid ini merupakan kiblat pertama umat Islam dan menjadi pijakan Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan ke Sidratulmuntaha.

Sementara di Hebron, kamu bisa berkunjung ke makam Nabi Ibrahim dan keluarganya, juga ke Solomon's Pools yang merupakan kolam pemandian yang dibangun di zaman Nabi Sulaiman.

6. Maroko

Hassan II Mosque (thewholeworldornothing.com)

Meskipun letaknya jauh di timur-utara Benua Afrika, nyatanya Maroko turut meramaikan tujuan wisata umrah saat ini. Bukan tanpa sebab, Maroko menawarkan budaya Islam yang kental, kota tua bersejarah, dan masjid megah berarsitektur Islam.

Kebanyakan paket wisata umrah ke Maroko meliputi city tour ke berbagai kota berbeda, misalnya Casablanca, Marrakesh, Rabat, dan Chefchaouen. Destinasinya sendiri didominasi masjid-masjid dan bangunan sarat histori.

Beberapa di antara destinasi tersebut, antara lain masjid terbesar kedua di dunia bernama Hassan II Mosque, Jemaa el-Fnaa untuk membeli oleh-oleh dan menjajal kuliner khas Maroko, serta Rue Soukarno atau Jalan Soekarno yang berada di kota Rabat.

Sedangkan, di Kota Chefchaouen yang dijuluki Kota Biru, kamu bakal dimanjakan dengan kota bernuansa biru yang menjadi saksi bisu sejarah abad ke-15 saat para penganut Yahudi lari dari pendudukan Spanyol dan akhirnya bermukim di Chefchaouen.

7. Spanyol

Istana Alhambra (adventurousmiriam.com)

Nah, itulah tadi negara-negara yang bisa kamu pertimbangkan untuk sekalian dikunjungi ketika sedang melakukan ibadah umrah. Jika memutuskan ikut paket wisata, pastikan mengecek dulu keabsahan agen wisata umrah tersebut, ya!

Nah, itulah tadi negara-negara yang bisa kamu pertimbangkan untuk sekalian dikunjungi ketika sedang melakukan ibadah umrah. Jika memutuskan ikut paket wisata, pastikan mengecek dulu keabsahan agen wisata umrah tersebut, ya!

Baca Juga: 5 Wisata di Dubai yang Bisa Dikunjungi Usai Umrah, Bikin Ogah Pulang!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya