TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Air Terjun 7 Bidadari Jember: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsnya

Liburan keluarga ke sini bakal seru banget!

potret wisatawan di kawasan Air Terjun 7 Bidadari (instagram.com/_ulfanf)

Berwisata ke alam sejenak untuk menyegarkan jiwa dan pikiran adalah salah satu cara terbaik mengisi waktu liburan. Beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan di alam juga menjadi daya tarik tersendiri yang pastinya bikin liburan jadi tak terlupakan.

Salah satu rekomendasi tempat untuk mewujudkan itu semua adalah Air Terjun 7 Bidadari di Jember, Jawa Timur. Air terjun ini bisa menjadi pilihan wisata alam di Jawa Timur dengan fasilitas cukup lengkap untuk pelesiran singkatmu.

Supaya gak bingung, coba ketahui beberapa informasi wisata Air Terjun 7 Bidadari di Jember, Jawa Timur, ini, ya. Ajak keluargamu ke sini, yuk!

Baca Juga: Kebun Teh Gunung Gambir Jember: HTM, Lokasi, dan Fasilitas

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

potret kawasan wisata Air Terjun 7 Bidadari (instagram.com/don.pr_)

Lokasi: Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—16.00 WIB.

Harga: Rp5.000.

2. Rute menuju Air Terjun 7 Bidadari

potret Air Terjun 7 Bidadari (instagram.com/_ulfanf)

Air Terjun 7 Bidadari berjarak sekitar 46 km ke arah timur laut Kota Jember. Lokasinya dapat ditempuh baik dengan kendaraan roda 2 maupun 4 selama sekitar 1 jam perjalanan dengan akses jalan cukup bagus dan aman.

Terdapat dua rute yang dapat dipilh oleh wisatawan untuk menuju lokasi wisata Air Terjun 7 Bidadari dari Kota Jember. Pertama, rute ka arah Bondowoso hingga melewati gapura perbatasan Jembe—-Bondowoso, lalu ambil arah kanan di depan pertigaan Puskesmas Maesan. Kemudian, ikuti jalan ke arah timur hingga melewati Kecamatan Sukowono hingga sampai di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe.

Rute kedua bisa melalui jalur Jember—Banyuwangi hingga tiba di Kecamatan Pakusari. Dari Kecamatan Pakusari, ambil arah kiri, lalu arah kanan di pertigaan Desa Jatian yang tak jauh dari kantor desa. Ikuti jalan hingga tiba di Desa Rowosari, Kecamatan Sumberjambe.

3. Daya tarik Air Terjun 7 Bidadari

potret Air Terjun 7 Bidadari (instagram.com/saaniinaas_is_unbelievable21)

Air Terjun 7 Bidadari tak hanya menawarkan air terjun, melainkan wisata alam terbuka yang berada di kawasan hutan lindung perhutani dengan ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Di tengah kawasan hutan pinus yang rindang, wisatawan dapat menikmati keteduhan dan kesejukan udara yang mampu menyegarkan jiwa dan pikiran. 

Area hutan pinus seluas 1,2 hektare ini dikelola dengan baik dengan dibangunnya beberapa fasilitas penunjang yang membuat setiap pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di sini. Kawasan wisata ini memang cocok banget dijadikan sebagai tempat piknik bareng keluarga sambil mengenalkan suasana alam ke anak-anak.

Daya tarik utamanya tentu keberadaan Air Terjun 7 Bidadari yang dapat diakses dengan jalan kaki selama 20 menit dari area hutan pinus. Aktivitas trekking menuju spot air terjun menjadi keseruan tersendiri bagi wisatawan dengan melalui jalur yang membelah hutan yang masih asri dan melewati sungai kecil sedalam 20—30 cm. Wisatawan diharapkan berhati-hati saat melewati jalur tersebut karena licin dan sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berkunjung saat hujan.

Di kawasan ini sebenarnya terdapat tujuh air terjun, tetapi yang bisa diakses baru empat dengan air terjun utamanya memiliki ketinggian 50 meter yang diapit dua lembah tebing yang megah. Bermain air untuk merasakan kesegarannya menjadi aktivitas yang wajib dicoba oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke sini, lho!

Baca Juga: 10 Pesona Padang Savana Paseban di Pesisir Selatan Jember, Eksotis!

4. Fasilitas di Air Terjun 7 Bidadari

potret keberadaan kolam renang di kawasan wisata Air Terjun 7 Bidadari (instagram.com/don.pr_)

Sebagaimana yang sudah di jelaskan sebelumnya, kawasan Air Terjun 7 Bidadari dilengkapi berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas dan kenyamanan wisatawan selama berkunjung.  Di bawah tegakan hutan pinus yang rindang, terdapat kolam renang anak-anak dan dewasa yang bersumber dari mata air yang jernih. Wisatawan bisa seru-seruan berenang di sini bersama keluarga. Sebagai tempat bersantai, pihak pengelola juga menyediakan beberapa gazebo baik ukuran sedang hingga besar yang dapat memuat keluarga besar.

Selain itu, di kawasan ini juga di sediakan area camping ground dan beberapa spot berfoto dengan berbagai macam hiasan yang berpadu dengan keindahan alam sekitar sebagai background. Keberadaan beberapa warung dan kafe juga turut melengkapi fasilitas yang ada di sini dengan sajian menu khas pedesaan yang pastinya menggugah selera.

Sebagai fasilitas dasar, pihak pengelola juga menyediakan area parkir yang cukup luas, beberapa kamar mandi, dan musala yang bisa dimanfaatkan oleh setiap pengunjung. Pokoknya, waktu kunjungan dijamin puas dan nyaman banget, deh!

Verified Writer

Hendra Nugroho

Ciao! @damar.sam

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya