TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisata Alam Sendang Seruni, Sejuknya Mata Air Langsung Gunung Ijen

Wisata alam yang terdapat di kaki Gunung Ijen

Sendang seruni (instagram.com/aslibanyuwangi.official)

Banyuwangi memang tidak asing lagi dengan beragam destinasi wisata yang membuat wisatawan selalu ingin kembali berkunjung. Bagi kamu yang ingin merefresh diri dan melepaskan penat sejenak, boleh nih berkunjung ke Sendang Seruni, wisata alam di kaki gunung Ijen yang menyuguhkan kolam alami.

Destinasi wisata alam satu ini masih hijau dan asri. Air kolamnya yang jernih serta udaranya yang segar di pagi hari membuat tempat ini jadi pilihan yang cocok untuk berenang saat cuaca panas atau sekadar bermeditasi. Inilah Sendang Seruni, wisata alam di kaki gunung Ijen yang menyuguhkan kolam alami yang jernih dan sejuk langsung dari mata air Gunung Ijen. 

1. Lokasi wisata alam Sendang Seruni

Sendang seruni (instagram.com/tamansaritourismvillage)

Sendang Seruni berada di kaki Gunung Ijen, 20 km dari pusat kota Banyuwangi, tepatnya di Desa Tamansari, Dusun Sumberwatu, Licin-Kabupaten Banyuwangi. Jika dari kota Banyuwangi bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan. 

Wisata alam ini berada di tengah hutan bambu dan hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua. Akses menuju ke Sendang perlu menuruni tangga kurang lebih 5 menit perjalanan. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan roda empat membutuhkan akses lebih lama, kurang lebih 10 menit perjalanan. 

Namun, jangan khawatir. Kamu tidak akan kecewa karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan asri perkebunan kopi yang terbentang hijau alami. Jika capek berjalan pun, sudah ada fasilitas ojek yang siap melayani kamu hingga sampai di lokasi Sendang Seruni.

Baca Juga: Air Terjun Sendang Gile sebagai Keindahan Panorama Gunung Rinjani  

2. Berasal dari 7 mata air yang menyatu di satu tempat

Dari tujuh mata air (instagram.com/aslibanyuwangi.official)

Sesampainya di lokasi wisata alamnya, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan kolam alami yang membentang sangat jernih. Ya, kolam alami ini berasal dari 7 sumber mata air yang 3 di antaranya bersumber dari dasar kolam. Terdapat dua kolam bagi dewasa dan dangkal untuk anak-anak.

Jika kamu tidak membawa baju ganti, pengelola sudah menyiapkan penyewaan baju renang, ban, dan pelampung. Sudah kebayang dingin dan segar airnya, bukan? Kamu bisa berendam langsung merasakan dingin segarnya air sendang, sekaligus menikmati warna-warni nya bunga seruni di di taman sekitar Sendang Seruni.

Sendang artinya kolam yang berasal dari mata air langsung pengunungan, sedangkan Seruni artinya bunga seruni yang memang banyak tumbuh di sekitar Sendang itu. 

3. Menikmati kuliner khas Banyuwangi

menikmati kuliner khas (instgram.com/kulinerdibanyuwangi)

Di Sendang Seruni ini disediakan pula gazebo untuk kamu beristirahat sambil membuka bekal. Atau jika kamu sedang tidak membawa bekal, jangan khawatir karena kamu bisa memesan langsung di warung yang disediakan.

Selain menikmati dingin segarnya berendam di kolam mata air pegunungan langsung, kamu juga bisa mencoba kuliner khas Banyuwangi yang disediakan untuk dinikmati pengunjung. Tidak hanya kuliner khas Banyuwangi saja, kamu juga bisa memesan sekedar teh hangat, kopi, mie instan, dan juga snack. 

4. Jam operasional, harga tiket, dan fasilitas

kolam alami Sendang seruni (instagram.com/ayodolan)

Sendang Seruni dibuka untuk umum setiap hari Selasa sampai hari Minggu pukul 08.00 sampai pukul 17.00 dan tutup pada hari Senin. Fasilitas di Sendang alami ini dibilang cukup memadai. Tersedia gazebo untuk beristirahat, toilet, tempat makan, mushola, penyewaan ban, dan pelampung.

Harga tiket masuk Sendang Seruni sekitar Rp. 5000 per orang dan Rp. 2000 untuk parkir roda dua, serta Rp. 5000 untuk parkir roda empat.

Baca Juga: 7 Wisata Alam di Jombang, dari Sendang hingga Air Terjun

Verified Writer

hayyu wardana

menjadi diri sendiri dan mensyukuri segalanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya