TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Melakukan Traveling di Musim Hujan, Harus Tetap Nyaman!

Jangan sampai jatuh sakit karena traveling di musim hujan

ilustrasi musim hujan (unsplash.com/@thevernon)

Melakukan traveling memang bisa menjadi pilihan ketika sudah mulai merasa suntuk dan jenuh dengan rutinitas yang ada. Pilihan untuk melakukan traveling memang biasanya dapat dilakukan kapan pun sesuai dengan preferensi masing-masing, namun sebaiknya tetap memperhatikan kondisi dan situasi yang ada.

Kamu perlu benar-benar memperhatikan masalah cuaca pada saat melakukan traveling, termasuk apabila melakukannya saat musim hujan. Sebaiknya lakukanlah beberapa tips penting berikut ini agar momen travelingmu berjalan dengan lancar di musim hujan.

1. Mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan

ilustrasi koper (pexels.com/@kindelmedia)

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah mengenai barang-barang yang akan dibawa pada saat traveling. Tentunya apabila kamu melakukan traveling tersebut pada musim hujan, maka barang-barang yang dibawa juga akan lebih spesifik dan bisa jadi akan lebih banyak.

Kamu mungkin membutuhkan baju yang lebih ekstra karena dikhawatirkan basah akibat kehujanan saat traveling. Selain itu, persiapkan pula barang-barang yang memang kamu butuhkan, seperti misalnya payung, jas hujan, topi, dan lain sebagainya agar tetap aman selama liburan.

Baca Juga: 5 Karakter Teman saat Traveling Bareng, Pernah Punya Teman Narsis?

2. Gunakan tas atau pakaian yang anti air

ilustrasi turis dengan ransel (unsplash.com/@bookistlistgroup)

Pada saat beraktivitas di luar ruangan di musim hujan maka risiko untuk basah kuyup juga akan jauh lebih besar. Kamu jelas perlu melakukan antisipasi yang cermat agar nantinya tidak sampai kehujanan dan justru menyebabkan kerepotan tersendiri, sehingga hal ini juga perlu diperhatikan.

Usahakan untuk mengenakan pakaian dan juga tas yang menggunakan bahan anti air atau waterproof. Hal ini penting agar nantinya kamu bisa melakukan liburan dengan nyaman tanpa khawatir akan resiko kebasahan.

3. Pilih destinasi wisata indoor

ilustrasi museum (pexels.com/@conojeghuo)

Jika memang ingin melakukan traveling dengan nyaman di musim hujan, maka sebaiknya kamu perlu memilih destinasi wisata yang tepat. Hindarilah terlebih dahulu destinasi wisata outdoor pada musim hujan karena berpotensi dapat merusak momen liburan yang kamu lakukan nanti.

Sebaiknya memang pilihlah destinasi wisata indoor agar musim apa pun, termasuk musim hujan tetap tak akan mempengaruhi suasana liburanmu. Selain itu, kamu juga tetap aman dari risiko kehujanan yang mungkin terjadi.

4. Jangan memaksakan diri jika memang hujan

ilustrasi musim hujan (unsplash.com/@ethanhjy)

Curah hujan yang tinggi pada musim-musim tertentu memang sering kali membuat mobilitas seseorang jadi turut terbatas. Kamu tentunya bisa menentukan sendiri apakah memang hujan yang ada masih bisa kamu terjang atau justru terlalu deras.

Sebaiknya memang jangan sampai memaksakan diri untuk menerjang hujan apabila kondisinya benar-benar deras. Hal ini berkaitan dengan keamanan dan kesehatanmu agar momen liburanmu tidak sampai berantakan.

Baca Juga: 5 Tips Memangkas Biaya Traveling, Anti Boncos!

Verified Writer

Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya