TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Melakukan Staycation Bersama Keluarga, Gak Harus di Hotel!

Staycation dengan keluarga bisa menjadi momen menyenangkan

ilustrasi piknik (pexels.com/Helena Lopes)

Staycation sering dijadikan sebagai salah satu pilihan liburan oleh banyak orang, entah itu di rumah atau pun di hotel. Banyak orang yang berpikir bahwa staycation harus dilakukan di hotel, padahal sebetulnya tidak demikian karena kamu juga bisa melakukannya di rumah dan mengeksplorasi berbagai tempat yang ada dinsekitar, sehingga akan tetap menyenangkan.

Staycation menawarkan kesempatan untuk bersantai dan juga menikmati waktu berkualitas bersama dengan keluarga, sehingga tidak ada risiko stres karena perjalanan panjang atau pun biaya yang terlalu besar. Untuk memastikan agar momen staycationmu tetap berjalan dengan lancar, maka perhatikan beberapa tips berikut ini dalam merencanakannya.

1. Membuat rencana dengan matang

ilustrasi kamar hotel (unsplash.com/Roberto Nickson)

Langkah awal yang perlu dilakukan jika ingin staycation bersama dengan keluarga adalah dengan membuat rencana yang matang. Kamu bisa merencanakan berbagai aktivitas yang ingin dilakukan, termasuk menentukan apakah memang staycationnya akan dihabiskan di rumah atau pun di hotel, sehingga bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Kamu bisa memilih aneka aktivitas yang dapat dilakukan bersama semua anggota keluarga, seperti bermain board game, memasak bersama, hingga menonton film keluarga. Jangan lupa untuk melibatkan anak-anak dalam pemilihan kegiatan, sehingga mereka akan lebih antusias dan dapat menikmati momen staycation secara lebih maksimal.

2. Menciptakan suasana yang nyaman apabila ingin di rumah

ilustrasi apartemen (unsplash.com/deborah cortelazzi)

Satu hal penting yang mungkin perlu kamu lakukan apabila ingin staycation di rumah adalah dengan menciptakan suasana liburan yang nyaman. Kamu bisa saja mendekorasi rumah dengan tema tertentu, seperti tema pantai atau pun taman agar nantinya bisa membuat suasana semakin lebih hidup dan akan nyaman pada saat berada di dalamnya.

Kamu bisa mengganti seprai tempat tidur dengan yang baru, mengatur pencahayaan, atau bahkan menyediakan berbagai camilan kesukaan. Ternyata sentuhan kecil seperti dekorasi rumah dapat memberikan nuansa liburan yang jauh lebih menyenangkan dan memberikan efek rileks tersendiri.

Baca Juga: 5 Ciri Hotel yang Kurang Nyaman untuk Staycation, Hindari!

3. Jauhkan diri dari rutinitas sehari-hari atau pun pekerjaan

ilustrasi selimut (unsplash.com/Amin Hasani)

Pada saat kamu memutuskan untuk melakukan staycation, maka harus sejenak menjauhkan diri dari rutinitas sehari-hari yang mungkin kerap dilakukan. Hal ini karena memang salah satu keuntungan dari staycation adalah bisa mendapatkan kesempatan untuk beristirahat dari rutinitas yang dilakukan, sehingga bisa memeroleh waktu berkualitas bersama keluarga.

Usahakan untuk menghindari pekerjaan rumah atau pun pekerjaan sehari-hari yang nantinya dapat mengganggu momenmu bersama dengan keluarga. Fokuskan diri pada kegiatan yang menyenangkan dan bersantai, serta hindari hal-hal yang mungkin dapat memicu rasa stres atau pun mengingatkan pada tugas tugas sehari-hari yang perlu dilakukan.

4. Melakukan eksplorasi ke tempat wisata lokal

ilustrasi tour guide (unsplash.com/Oxana Melis)

Tidak ada salahnya apabila kamu tertarik untuk melakukan berbagai eksplorasi ke tempat wisata selama momen staycation. Walau pun mungkin banyak orang yang menganggap bahwa staycation identik dengan tinggal di rumah atau pun di hotel, namun tidak ada salahnya apabila kamu mengunjungi tempat wisata lokal yang ada di sekitar, seperti taman, museum, kafe, atau pun restoran baru.

Ternyata melakukan eksplorasi sejenak di lingkungan sekitar dapat memberikanmu pengalaman yang menyenangkan dalam melakukan staycation dengan keluarga. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa menambah suasana segar dan berbeda tanpa harus repot-repot menempuh perjalanan yang jauh.

5. Membuat momen spesial dengan keluarga

ilustrasi family gathering (pexels.com/Lisa Fotios)

Kunci penting dalam melakukan staycation adalah dengan berusaha membuat momen spesial bersama keluarga. Tidak mengherankan apabila kamu bisa saja menciptakan berbagai momen spesial yang nantinya dapat terus dikenang, seperti membuat tradisi keluarga, mengadakan makan malam BBQ di halaman, piknik kecil di ruang tamu atau pun menyiapkan sarapan yang istimewa.

Berbagai aktivitas keluarga sudah pasti dapat membuat momen staycationmu terasa lebih berkesan, sehingga sangat menarik untuk dilakukan bersama-sama. Selain itu, hal ini bukan hanya dapat memberikan kenangan tersendiri, namun juga mampu untuk mengeratkan bonding antara anggota keluarga yang ada.

Melalui perencanaan yang matang tentunya momen staycation yang kamu lakukan bisa berjalan dengan lancar. Staycation bukan hanya bisa kamu lakukan di hotel saja, melainkan juga di rumah. Staycation di rumah ternyata tetap memberikan pengalaman yang tidak kalah menyenangkan!

Baca Juga: 4 Tips Staycation Asyik meski di Hotel Dekat Rumah, Jadi Wisatawan

Verified Writer

Finley Shin

Tetap semangat dalam menebar kebaikan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya