TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tempat Wisata Asyik dan Seru Dekat Stasiun Purwakarta

Aksesnya mudah dan murah meriah

Cikao Park (instagram.com/officialcikaopark)

Bagi warga Jawa Barat, Purwakarta menjadi salah satu destinasi favorit untuk refreshing sejenak. Sebab, Purwakarta memiliki punya segudang destinasi wisata cantik yang cocok dikunjungi bersama pasangan, sahabat, atau keluarga. 

Selain cantik, beberapa tempat wisata juga memiliki akses yang mudah. Terbukti dari letaknya yang tak jauh dari Stasiun Purwakarta. Jadi, wisatawan dari luar kota bisa ke sini dengan mudah, deh. 

Selengkapnya, simak tempat wisata dekat Stasiun Purwakarta berikut ini!

1. Bale Indung Rahayu

Bale Indung Rahayu (instagram.com/baleindungrahayu)

Bale Indung Rahayu merupakan salah satu museum yang menarik untuk dikunjungi saat kamu sedang singgah ke Purwarkarta. Museum ini jaraknya hanya 450 meter dari stasiun. 

Di dalam Museum Bale Indung Rahayu, terdapat banyak koleksi yang mengisahkan kehidupan seorang ibu. Itulah mengapa museum ini dinamakan Bale Indung Rahayu yang berarti "Tempat Kemuliaan Ibu."

Semua kehidupan dan perjalanan hidup manusia di alam sunda ditampilkan secara menawan melalui seni relief, lukisan, pahat, dan bangunan.

Lokasi: Jalan RE Martadinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Jam operasional: 08.00-15.00 WIB.

2. Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman Air Mancur Sri Baduga (instagram.com/chamatkaaarrr)

Dulu, sebelum menjadi Taman Air Mancur Sri Baduga, tempat ini merupakan sebuah danau yang cukup luas yang disebut dengan Situ Buleud. Kemudian, tempat ini pun dibangun menjadi sebuah taman dengan atraksi air mancur yang epik.

Biasanya, para pengunjung yang datang ke tempat ini untuk melihat atraksi air mancur menari yang indah berwarna-warni, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu. Oh iya, jaraknya sekitar 600 meter dari Stasiun Purwakarta. 

Lokasi: Jalan K.K. Singawinata Nomor 73, Nagri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat. 

Jam operasional: 24 jam.

3. Galeri Wayang

Galeri Wayang (google.com/maps/Ramdhani F)

Sesuai namanya, destinasi yang satu ini menampilkan segala hal mengenai dunia perwayangan. Termasuk sejarah wayang hingga koleksi-koleksi fisiknya, seperti wayang kulint dan wayang golek. 

Sambil belajar sejarah, para pengunjung juga dapat melihat cara pembuatan wayang. Galeri Wayang berada di Dari Stasiun Purwakarta jaraknya lebih kurang satu kilometer dari Stasiun Purwakarta. 

Lokasi: Jalan Gandanegara Nomor 25, Nagri Kidul, Purwakarta, Jawa Barat. 

Jam operasional: Senin-Sabtu pukul 08.00-17.00 WIB dan Minggu pukul pukul 07.00-17.00 WIB.

4. Cikao Park

Cikao Park (instagram.com/officialcikaopark)

Jika kamu ingin mengajak keluarga jalan-jalan, pergilah ke Cikao Park. Destinasi ini menawarkan wahana air yang seru dan menarik. Fasilitasnya pun beragam, mulai dari waterpark, taman satwa, rumah ilusi, wahana permainan, dan berbagai spot foto. 

Jaraknya dari Stasiun Purwakarta sekitar 6,3 kilometer. Harga tiketnya pun tak terlalu mahal, yakni Rp20 ribu per orang. 

Lokasi: Desa Cisalada, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Jam operasional: 08.00-17.00 WIB. 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Dekat Stasiun Pasar Senen, Murah Meriah

5. Green Valley Waterpark

Green Valley Water Park (instagram.com/greenvalleywaterpark)

Selain Cikao Park, ada pilihan wisata air lainnya yakni Green Valley Waterpark. Jaraknya sekitar 6,8 kilometer dari Stasiun Purwakarta.

Wahana permainannya pun cukup lengkap, terdiri dari waterslide, lazy river, kiddy pool, kereta mini, hingga kora-kora. Tiket masuknya dibanderol Rp40 ribu per orangnya. Menariknya, harga tersebut berlaku untuk hari biasa, akhir pekan, dan hari libur nasional.

Lokasi: Jalan Ipik Gandamanah Nomor 41, Ciseureuh, Purwakarta, Jawa Barat.

Jam operasional: 08.30-17.00 WIB.

6. Jatiluhur Water World

Jatiluhur Water World (instagram.com/alivikry)

Ada pula Jatiluhur Water World yang berlokasi di daerah Jatimekar. Terdapat kolam untuk anak-anak dan orang dewasa. Untuk wahana airnya, ada perosotan hingga kolam ombak yang seru. 

Fasilitasnya cukup lengkap, ada kamar mandi, gazebo, tempat makan, tempat ibadah, serta area santai untuk para pengunjung. Jarak dari Stasiun Purwakarta menuju ke Jatiluhur Water World sekitar 10,5 kilometer. 

Lokasi: Jatimerkar, Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. 

Jam operasional: 09.00-17.00 WIB. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya