TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Kota Termurah di Asia, Jakarta Menduduki Peringkat Ketiga

Apakah kamu setuju dengan survei ini?

Potret Kota Jakarta (IDN Times/Dhea Awlia)

Intinya Sih...

  • Liburan ke negara-negara Asia terbilang lebih terjangkau dibandingkan Eropa.
  • Taipei, Vietnam, dan Manila masuk dalam daftar kota termurah di Asia versi Travel and Leisure.
  • Harga hotel-hotel di Jakarta, New Delhi, Kuala Lumpur, dan Hanoi juga tergolong murah.

Tidak dapat dimungkiri bahwa biaya pasti menjadi pertimbangan utama saat merencanakan perjalanan ke luar negeri. Dibandingkan negara-negara di Eropa, liburan ke negara-negara Asia terbilang lebih terjangkau. Hal tersebut bahkan berlaku juga di kota-kota wisata hingga ibu kota negara. 

Sebuah situs wisata berbasis di Amerika Serikat, Travel and Leisure, mengeluarkan daftar kota termurah di Asia. Uniknya, Jakarta masuk ke dalam daftar tersebut dan menempati peringkat ketiga. Selengkapnya, berikut deretan kota termurah di Asia versi Travel and Leisure.

1. Taipei, Taiwan

Taipei (pexels.com/Denis Huang)

Taipei menduduki peringkat pertama dalam daftar kota termurah di Asia. Saat low season, kamu bisa menemukan hotel seharga kurang dari US$100 per malam. Untuk sebuah kamar hotel sederhana, kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar US$45 atau sekitar Rp700 ribu. 

Ketika ke sini, jangan lupa mencicipi kuliner mereka yang populer, yakni beef noodle soup, pineapple cake, xiao long bao, hingga aneka minuman boba. Taipei juga punya banyak night market yang menjual aneka makanan murah dan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 

2. Ho Chi Minh City, Vietnam

Potret Kota Ho Chi Minh, Vietnam (IDN Times/Izza Namira)

Menurut Travel and Leisure, Vietnam pantas menjadi negara termurah di Asia Tenggara untuk para wisatawan. Penerbangan dari Amerika Serikat menuju ke sini terbilang masih terjangkau, begitu pula dengan akomodasi yang tersedia di sana. 

Salah satu kota yang patut dikunjungi selama di Vietnam adalah Ho Chi Minh City. Di kota ini, terdapat berbagai wisata budaya dan sejarah yang menarik. Di antaranya Museum War Remnants, Istana Reunifikasi, dan Kuil Jade Emperor.

3. Jakarta, Indonesia

Potret Kota Jakarta (IDN Times/Dhea Awlia)

Meski sebagai Kota Metropolitan, Jakarta dianggap lebih murah untuk beberapa hal dibanding kota besar atau ibu kota lainnya. Mulai dari pilihan makanan, hotel, kafe, wisata, hingga berbagai perawatan tubuh. Untuk wisata alamnya, Jakarta memiliki Kepulauan Seribu dengan biaya terjangkau dan pemandangan yang memukau.

4. New Delhi, India

New Delhi, India (unsplash.com/Laurentiu Morariu)

Harga hotel-hotel di New Delhi terbilang sangat murah. Sebuah kamar hotel sederhana dan bersih hanya seharga US$15 atau setara dengan Rp235 ribu. 

Jika berencana jalan-jalan ke New Delhi, kunjungi pula Asola Bhatti Wildlife Sanctuary, The Garden of Five Senses, Jahanpanah City Forest, Aravali Biodiversity Park, dan Yamuna Biodiversity Park. 

5. Bangkok, Thailand

Mahanakhon Skywalk, Bangkok, Thailand (IDN Times/Gagah N Putra)

Thailand semakin populer di kalangan turis mancanegara. Bahkan, Negara Gajah Putih ini disebut sebagai "The Affordable Darling of Southeast Asia."

Terdapat beragam wisata serta tempat makan yang menarik bagi para wisatawan, khususnya di Bangkok. Tentu saja dengan harga yang murah dan terjangkau.

Disebutkan dalam Travel and Leisure, banyak penerbangan langsung dari Amerika Serikat ke Bangkok. Hal tersebut mengisyaratkan banyaknya turis yang tertarik ke sana. 

6. Manila, Filipina

Potret transportasi di Kota Manila, Filipina (IDN Times/Dewi Suci)

Manila menduduki sebagai kota termurah di Asia versi Travel and Leisure. Disebutkan bahwa sebagian besar harga hotel di ibu kota Filipina ini di bawah US$20 atau sekitar Rp312 ribu. Ditambah lagi banyak penerbangan langsung dari Amerika Serikat ke Manila. 

Baca Juga: 10 Kota di Eropa Paling Ramah Pejalan Kaki, Bikin Bugar Selama Liburan

7. Tokyo, Jepang

Potret Asakusa di Tokyo, Jepang (IDN Times/Naufal Al Rahman)

Dibandingkan negara lain, Jepang termasuk salah satu negara yang biaya hidupnya jauh lebih mahal. Meski demikian, Travel and Leisure menyebutkan banyak opsi hotel yang bisa dipilih para wisatawan yang akan ke sini. 

Terdapat banyak hotel dengan harga yang masih terjangkau, yakni kurang dari US$25 atau sekitar Rp390 ribuan. Jika ingin lebih hemat lagi, terdapat minimarket yang menyajikan makanan murah seperti Lawson atau 7-Eleven.

8. Kuala Lumpur, Malaysia

Maskapai Scoot yang melayani rute internasional Lombok-Kuala Lumpur. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kuala Lumpur bakal menjadi "surganya" para pencinta kuliner, karena terdapat berbagai variasi makanan yang sedap, baik itu kuliner khas Melayu, Peranakan, maupun India.  Hotel-hotel di sini juga tak terlalu mahal. Bahkan, masih banyak hotel seharga US$20 atau sekitar Rp312 ribu per malamnya. Gak terlalu menguras kantong, kan?

9. Hanoi, Vietnam

Potret kota Hanoi di Vietnam. (unsplash.com/Elliot Andrews)

Jangan lupa singgah di Hanoi kalau sedang liburan di Vietnam. Suasana Hanoi terbilang lebih ramai dari kota lain di Vietnam, sehingga terasa lebih dinamis dan hidup. Meski demikian, harga makanan dan hotel di sini tak terlalu mahal, lho. Masih cukup terjangkau dan gak bikin kantong jebol. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya