TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kebumen Bakal Jadi Tuan Rumah Geofest ke-6 Tahun 2025

Bersama dengan Geopark Langkawi dan Geopark Ciletuh

Pantai Menganti Kebumen (instagram.com/sonnysakkingsolo)

Intinya Sih...

  • Geopark Kebumen ditetapkan sebagai tuan rumah Geofest ke-6 pada 2025 setelah kesepakatan dengan Geopark Langkawi dan Geopark Ciletuh.
  • Geofest mengkolaborasikan kegiatan wisata dan ilmiah untuk memajukan dunia geowisata, dengan acara utama di Geopark Kebumen.
  • Acara internasional ini akan melibatkan pameran UMKM lokal, pelaku wisata, simposium peneliti, dan akademisi.

Geopark Kebumen kembali membawa kabar gembira. Setelah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark, Geopark Kebumen akan menjadi tuan rumah mencapai International Geotourism International Festival and Conference atau Geofest ke-6 pada 2025.  

Hal tersebut terjadi setelah mencapai kesepakatan dengan Geopark Langkawi Malaysia dan Geopark Ciletuh Jawa Barat dalam rangkaian pertemuan Geopark Asia Pasifik (APGN) di Cao Bang, Vietnam. Penandatangan kesepakatan dilakukan oleh setiap General Manager Pengelola Geopark yang disaksikan Ketua Jaringan Geopark Asia Pasifik, Ibrahim Komoo.

Geofest sendiri merupakan sebuah acara yang mengkolaborasikan antara kegiatan wisata dan ilmiah dengan tujuan memajukan dunia geowisata. Nantinya, acara tersebut dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap pre event dilaksanakan di Geopark Ciletuh Jawa Barat, event utama di Geopark Kebumen, dan post event di Geopark Langkawi Malaysia.

Baca Juga: Dataran Tinggi Dieng Diusulkan Jadi Geopark, Apa Alasannya?

Sebagai ajang untuk memperkuat posisi Geopark Kebumen di kancah dunia

Pantai Menganti Kebumen (instagram.com/sonnysakkingsolo)

General Manager Langkawi Geopark, Dato' Haslina binti Abdul Hamid, turut gembira karena berhasil mencapai kesepakatan bersama geopark yang ada di Indonesia. Ia berharap acara Geofest ini bukan hanya memperkuat jalinan kerja sama antar Geopark saja, tetapi juga menjadi tempat belajar dalam mengembangkan geowisata di Malaysia dan Indonesia. 

General Manager Geopark Kebumen, Sigit Tri Prabowo, juga berharap kegiatan kerja sama tersebut akan memperkuat posisi Geopark kebumen yang telah menerima rekomendasi sebagai Geopark Global dari Dewan UNESCO Global Geopark (UGGp).

Event utama Geofest ke-6 akan digelar pada akhir Mei 2025 di Kebumen, Jawa Tengah. Rencananya, acara level internasional ini akan diisi pameran yang diikuti UMKM lokal, pelaku wisata, serta mitra geopark, baik dari dalam maupun luar negeri. Kemudian, ada pula kegiatan simposium yang nantinya melibatkan peneliti dan akademisi.

Diketahui, pada 8 September 2024, Dewan Geopark Global UNESCO (UGGp Council) telah memutuskan untuk menerima Geopark Kebumen sebagai Geopark Global. Hasil sidang tersebut akan diserahkan kepada Executive Board untuk mendapatkan penetapan yang direncanakan akan dilakukan pada April 2025.

Wah, bangga banget, ya!

Baca Juga: Geopark Kebumen Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya