TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Geopark Kebumen Ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark

Pariwisata Indonesia semakin menunjukkan taringnya

Pantai Menganti Kebumen (instagram.com/sonnysakkingsolo)

Kabar bahagia datang dari Kebumen, Jawa Tengah. Pasalnya, Geopark Kebumen akhirnya lolos masuk UNESCO Global Geopark (UGGp). Menurut General Manager Badan Pengelola Geopark Kebumen, Sigit Tri Prabowo, Geopark Kebumen masuk ke dalam UGGp yang diputuksna dalam Sidang Dewan UGGp di Cao Bang, Vietnam, Minggu, 8 September 2024.

Seluruh anggota Dewan UGGp yang berasal dari 11 negara, telah memutuskan menerima Geopark Kebumen sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark. Hal tersebut tak lepas dari dukungan banyak pihak untuk memperjuangkan Geopark Kebumen masuk UGGp, termasuk masyarakat Kebumen itu sendiri.

Baca Juga: UNESCO Tetapkan Jamu Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia, Bangga!

Dinilai tim asesor selama tiga hari

Pantai Menganti Kebumen (instagram.com/sonnysakkingsolo)

Keputusan masuknya Geopark Kebumen ke dalam UNESCO Global Geopark akan disampaikan secara resmi oleh anggota Dewan UGGp kepada UNESCO. Kemudian, akan ditindaklanjuti dengan penetapan dan penyerahan Piagam UGGp. 

Dilansir dari Instagram resmi @kebumengeopark, Tim Assesor UNESCO pun datang langsung ke Kebumen pada 21-25 Juli 2024 untuk memvalidasi lapangan Kebumen Geopark menuju UNESCO Global Geopark. Tim assesor yang diwakili Andreas J. Schuller dari Jerman dan Sarina dari China melakukan penilaian lapangan selama tiga hari.

Ada pun destinasi yang dikunjungi antara lain situs-situs di kawasan Geopark Kebumen, baik itu situs geologi, budaya, kerajinan, dan ekonomi rakyat. Di antaranya seperti geosite Watukelir, Gunung Parang, Cangkring, Benteng Van der Wijck Gombong, Goa Jatijajar, Hutan Mangrove Ayah, Pantai Menganti, konservasi tukik di Kaliratu, Pabrik Genteng Sokka, Pemandian Air Panas Krakal, Galeri Geopark di Dinas Perpustakaan, hingga museum gerabah di Kutowinangun.

Tentu harus ada komitmen dari semua pihak untuk menjaga warisan geologi, hayati, dan budaya yang masuk dalam Geopark Kebumen ini. Dengan begitu, semua situs di Geopark Kebumen tetap lestari sampai ke generasi berikutnya.

Sekali lagi, selamat Geopark Kebumen!

Baca Juga: 6 Situs Warisan Dunia UNESCO Terbaru, Apa Saja?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya