TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Wisata untuk Long Weekend Imlek di Indonesia, Liburan Jadi Berwarna

Gak bakal mati gaya di rumah

Rumah Marga Lay (instagram.com/charlies_act)

Apakah kamu sudah melihat kalender bulan Februari? Bakal ada hari libur nasional hingga akhir pekan alias long weekend, lho. Mulai tanggal 8 Februari untuk memeringati Isra Miktraj Nabi Muhammad, 9 Februari cuti bersama untuk menyambut Imlek 2575 Kongzili, dan 10 Februari sebagai Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

Buat kamu yang ingin menikmati liburan selama long weekend Imlek, bisa ke luar kota atau mengunjungi tempat menarik bersama keluarga. Tak perlu bingung mau liburan ke mana, berikut daftar tempat wisata di Indonesia yang patut kamu kunjungi selama long weekend Imlek. Gak hanya kelenteng dan Pecinan, lho!

1. Singkawang, Kalimantan Barat

Vihara Tri Dharma Bumi Raya di Kota Singkawang (commons.wikimedia.org/Wie146)

Singkawang merupakan salah satu pusat perayaan Imlek terbesar di Indonesia. Kota Seribu Kuil ini dapat kamu pilih untuk menikmati nuansa Imlek yang kental. Pernak-pernik dan berbagai tradisi turut memeriahkan Imlek hingga Cap Gomeh.

Saat di Singkawang, kamu dapat mengunjungi rumah keluarga Tjhia yang diperkirakan berdiri sejak 1902. Ia merupakan warga China yang termasuk pendatang awal di Singkawang. Tempat lain yang gak kalah menarik, yakni Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang menjadi kelenteng tertua sekaligus ikon Singkawang.

2. Museum Situs Kota Cina, Medan

Museum Situs Kota Cina (instagram.com/kurniady.halim)

Museum Situs Kota China berada di Jalan Kota Cina, Nomor 65, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah yang menunjukkan peran penting Medan di masa lampau. Konon, Medan pernah menjadi pelabuhan internasional pada abad ke-11 hingga ke-14 Masehi. 

3. Pulau Kemaro, Palembang

Pulau Kemaro, Palembang (instagram.com/rhmamat)

Beralih ke Palembang, terdapat Pulau Kemaro yang terletak di tengah aliran Sungai Musi. Tempat wisata ini menarik pengunjung dengan adanya Klenteng Hok Tjing Rio, Kuil Buddha, dan Pagoda Lantai 9.

Tempat ini kerap dikunjungi masyarakat perayaan Imlek, bahkan ada pula yang menggunakan pagoda itu sebagai tempat menginap peserta festival Imlek.

4. Glodok Pancoran, Jakarta

Klenteng Jin De Yuan, Glodok (commons.wikimedia.org/Gunkarta)

Jika kamu berada di Jabodetabek, singgahlah sebentar ke Glodok Pancoran yang merupakan kawasan Pecinan tertua di Jakarta. Ada banyak bangunan dengan arsitektur dan ornamen budaya Tionghoa. Kamu juga bisa berburu pernak-pernik Imlek di Kawasan Pancoran Chinatown Point.

Kamu yang suka kulineran dan ingin menyantap hidangan Oriental, bisa menuju Gang Gloria dan Petak Enam. Sambil jalan-jalan, cobalah mampir sejenak di Gedung Candra Naya untuk wisata sejarah. Bangunan ini, dulunya merupakan rumah Mayor China Khouw Kim An yang lahir di Batavia pada 5 Juni 1879.

5. Kelenteng Sam Poo Kong, Semarang

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang (commons.wikimedia.org/22Kartika)

Masih kental dengan nuansa Imlek, kamu bisa mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong atau Klenteng Gedung Batu di Semarang. Klenteng tertua di Semarang ini memiliki arsitektur bergaya China dan Jawa abad ke-14. Kamu dapat mengunjunginya di Jalan Simongan Nomor 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

6. Kebun Teh Wonosari, Malang

Kebun Teh Wonosari (dok. pribadi/Fatma Roisatin)

Kamu mau menikmati long weekend Imlek dengan di tempat sejuk? Kebun Teh Wonosari bisa menjadi salah satu pilihan. Kamu bisa mengeksplorasi kebun teh dengan berjalan kaki, berswafoto di spot-spot Instagramable, naik ATV, hingga staycation di penginapan yang tersedia.

Aktivitas lain yang gak kalah seru dan bisa kamu lakukan bersama keluarga, yakni berenang, outbound, dan camping. Jika tertarik, kamu bisa menuju Dusun Bodean Putuk, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari. Kamu bisa menjangkaunya dengan mudah dari arah Malang, Kota Batu, maupun Pandaan di Pasuruan.

Baca Juga: 10 Buah yang Identik dengan Perayaan Imlek, Simbol Keberuntungan

7. Pantai Raja Apeng Datu, Manado

Pulau Manado Tua (google.com/maps/Fajrin Adhitama)

Buat kamu yang ingin menikmati liburan dengan nuansa tropis, bisa mengunjungi Pantai Raja Apeng Datu di Manado. Pantai yang berada di Pulau Manado Tua ini digadang-gadang sebagai salah satu pantai terbaik untuk melihat terumbu karang dan biota laut di Manado, lho. Pantas saja kerap masuk sebagai daftar tempat yang direkomendasikan untuk diving dan snorkeling.

8. Pantai Gunung Payung, Bali

Pantai Gunung Payung (instagram.com/nunamkhalubali)

Bali memang gak bisa lepas dari wisata pantainya yang indah. Kali ini, kamu patut mengunjungi tempat hidden gem yang belum banyak dikunjungi, yakni Pantai Gunung Payung. Pantai berlatar tebing ini memiliki pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berjemur hingga naik kano untuk menikmati keindahannya.

9. Pantai Patawana, Fakfak

Pantai Patawana (instagram.com/rhabyen)

Kamu menghindari tempat wisata populer yang selalu ramai pengunjung saat long weekend? Cobalah mengunjungi Pantai Patawana di Distrik Fakfak Timur, Kabupaten Fakfak, yang asri dan masih alami. Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin menyendiri dan mendambakan ketenangan.

10. Kupang, Nusa Tenggara Timur

Rumah Marga Lay (instagram.com/charlies_act)

Kamu yang berada di Kupang dan sekitarnya, bisa menikmati long weekend Imlek dengan beach hopping dan mampir di Rumah Marga Lay. Gak jauh dari Bandara El Tari, kamu bisa mengunjungi Pantai Lasiana, Kopan, Batu Kapala, dan Namisain.

Sedangkan, Rumah Marga Lay terletak di Lahilai Bissi Kopan, Kecamatan Kota Lama, yang dekat dengan Pantai Kopan. 

Rumah Marga Lay merupakan bangunan bersejarah, berupa rumah api yang disalahartikan sebagai klenteng. Didirikan pada 1865 oleh pedagang Tionghoa bermarga Lay, tapi arsitekturnya merepresentasikan gaya Kolonial Belanda. Rumah Marga Lay kerap dikunjungi keluarga maupun masyarakat awam saat perayaan Imlek.

Sepuluh tempat wisata di atas bisa kamu kunjungi untuk membuat long weekend Imlek kali ini lebih berwarna. Kalau kamu tertarik dengan nuansa Imlek yang kental, bisa mengunjungi Singkawang, Palembang, dan Semarang.

Jika menginginkan suasana berbeda yang jauh dari keramaian, wisata alam lebih cocok untukmu. Sudah tahu mau liburan ke mana untuk long weekend Imlek nanti?

Baca Juga: 15 Ide Makanan untuk Hampers Imlek yang Lezat dan Penuh Makna

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya