TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Negara dengan Perayaan Oktoberfest Paling Meriah Selain Jerman

Pesta bir dan kuliner Bavaria jadi sajian utamanya

ilustrasi peryaan Oktoberfest (commons.wikimedia.org/DerHexer)

Memasuki musim gugur di bagian bumi utara, biasanya akan digelar Oktoberfest pada akhir September hingga Oktober. Festival tersebut identik dengan pesta bir dan pengunjung mengenakan pakaian tradisional Bavaria. Tidak sebatas itu, pengunjung dapat menonton pertunjukan musik, menyantap makanan tradisional, dan menjajal beragam wahana bermain.

Oktoberfest berpusat di Munich, Jerman, yang menjadi awal sejarah berkembangnya festival tersebut. Semakin berkembangnya zaman dan orang Jerman yang menetap di luar negeri, Oktoberfest pun turut menyebar di berbagai negara. Selain Jerman, kamu dapat menjumpai perayaan Oktoberfest paling meriah di tujuh negara berikut ini. 

1. Australia

perayaan Oktoberfest di Yarra Valley, Australia (yarraranges.vic.gov.au)

Oktoberfest mudah dijumpai hampir di semua kota besar di Australia. Mereka juga merayakan dengan gaya Jerman dan penampilan ala Bavaria. Perayaan yang meriah dapat dijumpai di Adelaide, Brisbane, Melbourne, dan Sydney.

Setiap kota tersebut memiliki acara ikonik masing-masing. Misalnya seperti Oktoberfest di Adelaide dengan musik daerah yang menjadi inti perayaannya. Suasana di Brisbane akan membawamu seolah ke Bavaria, Jerman. Mereka menampilkan suasana Desa Bavaria, kios-kios, tarian rakyat, dan pertunjukan boneka.

Berbeda lagi dengan Oktoberfest di Yarra Valley, Melbourne, yang lebih memanjakan lidah. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman untuk mencicipi bir tradisional lokal, minuman khas Bavaria, dan kuliner yang lezat. Sedangkan, di Sydney, kamu bisa menikmati pesta di taman, festival musik, hidangan Bavaria, serta sejumlah lomba yang seru, seperti lomba makan pretzel dan memegang gelas bir.

Oktoberfest di Australia biasanya berlangsung dalam waktu yang berbeda di setiap kotanya. Pada September, Adelaide sudah diwarnai kemeriahan festival tersebut. Brisbane pada awal hingga pertengahan Oktober, serta di Melbourne dan Sydney pada akhir Oktober.

2. Kanada

perayaan Oktoberfest di Toronto, Kanada (torontooktoberfest.ca)

Kanada menjadi negara berikutnya yang merayakan Oktoberfest meriah di luar Jerman. Dilansir eTA Canada, banyak warga Kanada yang beretnis Jerman tinggal di atau dekat Kota Kitchener dan Waterloo. Festival itu berkembang pesat setelah pertama kali digelar pada 1969.

Oktoberfest Kitchener-Waterloo menjadi yang terbesar di Kanada, bahkan Amerika Utara. Biasanya berlangsung mulai akhir September hingga awal Oktober. Meski tetap mempertahankan tradisi Bavaria, tapi diwarnai acara lain yang gak kalah istimewa.

Biasanya ada acara gala dan penobatan Miss Oktoberfest, peragaan busana bertema Oktoberfest, pertunjukan robotika, pertunjukan musik serta tari tradisional. Supaya semakin seru, mereka juga menggelar kompetisi dan lomba, ada lomba lempar kapak dan balapan. Ada pula acara olahraga, seperti golf Oktoberfest hingga fun run 5K. 

Puncak Oktoberfest di sana biasanya bertepatan dengan Hari Thanksgiving. Perayaan pun berganti dengan parade besar yang disiarkan di berbagai stasiun TV. Kendaraan hias, band, serta karakter seperti Onkel Hans dan Tante Frieda menjadi maskotnya.

Oktoberfest di Kanada juga dirayakan di Toronto, Ottawa, Edmonton, dan Petiction. Namun, festival berlangsung kurang dari seminggu. Mereka pun merayakannya dengan festival musik dan menikmati lagu, serta bir tradisional Jerman.

3. Amerika Serikat

perayaan Oktoberfest di Columbus, Ohio, Amerika Serikat (commons.wikimedia.org/Lefton4ya)

Perayaan Oktoberfest di Amerika Serikat dapat dijumpai hampir di semua negara bagian. Biasanya berlangsung selama dua pekan pertama bulan Oktober. Landmark penting di pusat kerap dipilih sebagai tempat penyelenggaraan festival tersebut.

Misalnya saja Oktoberfest di Columbus, Ohio, yang terkenal dengan banyaknya live music dan wisata belanja di Marktplatz Pavilion. Kalau di New Braunfels, Texas justru menarik perhatian dengan pesta sosis dan kulinernya.

Kemeriahan lainnya dapat dijumpai di Zeeco Oktoberfest Tulsa, Oklahoma, yang begitu lengkap. Ada pertunjukan musik, lomba, kuliner Bavaria, hingga ratusan bir asal Jerman maupun lokal Amerika. 

4. Argentina

perayaan Oktoberfest di Argentina (oktoberfestargentina.com.ar)

Sama seperti negara sebelumnya, Oktoberfest di Argentina juga dibawa orang Jerman yang bermigrasi. Dilansir dari Spanish Academy, banyak warga Jerman yang bermigrasi ke Amerika Selatan, termasuk Argentina, setelah perang dunia ke-II. Kemudian, Oktoberfest mulai dirayakan di Cordoba, Argentina, pada 1963 dan menjadi perayaan nasional negara tersebut pada 1972.

Perayaan Oktoberfest juga dikenal sebagai La Fiesta Nacional de la Cerveza (Festival Bir Nasional) di Argentina. Lokasi perayaannya terpusat di Villa General Belgrano, Cordoba. Biasanya akan berlangsung pada 4-14 Oktober setiap tahunnya. 

Selama festival berlangsung, pengunjung akan dihibur dengan musik Eropa Tengah, dan tarian. Acara besar lainnya berupa parade yang menampilkan orkestra lokal dan penduduk setempat mengenakan kostum khas negara-negara Nordik. Selain itu, ada pemilihan Ratu Bir Nasional.

Baca Juga: 6 Tips Merencanakan Liburan ke Eropa untuk Pertama Kalinya

5. Brasil

perayaan Oktoberfest di Brasil (commons.wikimedia.org/Ikescs)

Masih di Amerika Selatan, Brasil menjadikan Blumenau di negara bagian Santa Caterina sebagai pusat Oktoberfest. Wilayah yang dijuluki Vale do Europea (Lembah Eropa) itu, memang dihuni banyak imigran dari Jerman, Italia, dan Polandia. Kota ini juga terkenal meriah dengan festival nasional, termasuk Paskah dan Natal.

Setiap tiga pekan pertama bulan Oktober, Parque Villa Germanica selalu ramai pengunjung, lengkap dengan wahana bak pasar malam. Area ini sengaja dibangun agar tampak seperti desa di Jerman dalam cerita dongeng. Dapat dilihat dari arsitektur dan nuansa yang berada di area tersebut.

Selain melakukan parade, kemeriahan Oktoberfest di Brasil dapat dinikmati dalam satu tempat selama berminggu-minggu. Mulai dengan berbelanja, naik wahana, kulineran, dan pesta bir. Terdapat aula besar di tempat tersebut yang digunakan untuk pertunjukan musik dan dansa saat Oktoberfest.

6. Inggris

ilustrasi perayaan Oktoberfest di Inggris (unsplash.com/chandruscm)

Inggris menjadi salah satu negara dengan perayaan Oktoberfest paling meriah di Eropa, selain Jerman. London dan Manchester menjadi kota yang melayani puluhan ribu pengunjung untuk merayakan Oktoberfest setiap tahunnya. Namun, ada pula acara-acara kecil di lokasi terpisah di seluruh kota.

Perlu diketahui, perayaan Oktoberfest di London, Inggris, baru berlangsung mulai 2011. Saat festival tiba, kamu akan menjumpai tenda bir besar dengan meja panjang bergaya komunal. Kemudian, didekorasi dengan warna biru putih tradisional Oktoberfest. Kamu akan dihibur penampilan band-band dari Jerman dan bir Bavaria raksasa yang dibuat khusus di pabrik bir dekat Nuremberg.

Pengalaman berbeda akan kamu dapatkan di Walpole Park, Ealing. Meski hampir mirip, tetapi memiliki sentuhan seram untuk Halloween. Jadi, memadukan kemeriahan Oktoberfest dengan Halloween yang berlangsung pada Oktober.

7. Jerman

perayaan Oktoberfest di Munich, Jerman (commons.wikimedia.org/Mölchlein)

Selanjutnya, tentu saja Jerman yang menjadi akar budaya Oktoberfest. Theresienwiese menjadi pusat Oktoberfest di Munich, Jerman, selama lebih dari 200 tahun. Tempat ini berupa halaman berumput yang luas di barat daya pusat kota dan mudah diakses dengan kendaraan umum.

Oktoberfest di Munich akan berlangsung pada akhir September hingga Oktober. Biasanya selama 16-18 hari, pada kurun waktu tersebut juga bertepatan dengan Hari Persatuan Jerman, 3 Oktober. Jika bertepatan dengan 3 Oktober yang menjadi hari libur nasional, maka Oktoberfest akan berlangsung lebih lama.

Kemeriahan tampak dari parade yang identik dengan pakaian dan budaya tradisional Bavaria. Demikian pula dengan kuliner yang ditawarkan. Pemilihan Miss Oktoberfest dan pertunjukan musik pun tidak luput dari festival ini.

Di antara kemeriahan tersebut, bir menjadi bintang utama Oktoberfest di Munich. Bir yang disajikan berupa bir khusus dengan mematuhi Reinheitsgebot Purity Law secara ketat. Bir tersebut dijual secara eksklusif per cangkir, selain itu masih ada minuman non-alkohol dan minuman campuran.

Oktoberfest di tujuh negara tersebut dirayakan begitu meriah dengan serangkaian acara menarik. Tak sekadar pesta minum bir, tapi ada pula parade, pertunjukan musik dan seni tradisional, kuliner, hingga berbagai kompetisi menarik. 

Jika kamu berencana berlibur ke tujuh negara di atas, masukkan Oktoberfest ke dalam itinerary kamu, ya!

Baca Juga: 5 Kota Terbaik untuk Wisata Musim Gugur di Jepang, Menyejukkan Jiwa!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya