TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Info Wisata Karang Kenek Situbondo: Lokasi, Rute, dan Harga Tiketnya

Rekomendasi wisata keluarga yang murah meriah

Wisata Karang Kenek Situbondo (instagram.com/ayyftmwt08)

Kamu sedang merencanakan liburan di Situbondo? Selain hutan lindung Baluran dan pantai yang menjadi wisata andalan, kamu juga bisa mampir sejenak di Wisata Karang Kenek, Desa Olean, lho.

Wisata Karang Kenek merupakan wisata andalan di Kampung Budaya Karang Kenek. Sejumlah spot foto seperti boardwalk dari bambu dan kebun bunga, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata. Kamu juga bisa membeli bibit bunga untuk dibawa pulang.

Tertarik untuk mengunjungi Wisata Karang Kenek? Sebelum ke sana, simak dulu informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Sekilas tentang Wisata Karang Kenek

Wisata Karang Kenek Situbondo (instagram.com/lekwang_)

Wisata Karang Kenek terletak di Dusun Karang Kenek, Desa Olean, Kecamatan Situbondo. Asal kamu tahu, dusun ini hanya dapat dihuni 26 kepala keluarga, lho.

Jika jumlah kepala keluarga lebih dari 26, maka berbagai hal dapat terjadi. Seperti ada yang meninggal dunia atau tidak betah, sehingga meninggalkan dusun tersebut.

Mitos itu menjadikannya dijuluki sebagai Dusun Mistis. Kepercayaan tersebut masih dipegang teguh masyarakat setempat. Bukannya ngeri, mereka justru bangga dengan tradisi budaya yang unik, dapat dikenal luas, dan menjadi ciri khasnya.

Potensi tersebut didukung dengan adanya kawasan wisata Karang Kenek 26 yang menawarkan pemandangan indah dan suasana asri. Pagi hari dan sore hari menjelang petang menjadi waktu paling favorit bagi pengunjung. Kamu dapat menikmati senja dan hamparan pemandangan hijau.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Wisata Karang Kenek Situbondo (instagram.com/lekwang_)

Lokasi: Dusun Karang Kenek, Desa Olean, Kecamatan Situbondo, Kabupaten Situbondo.

Jam operasional: 07.30-18.00 WIB.

Harga:

  • tiket masuk: Rp5.000
  • kolam mandi: Rp5.000
  • parkir sepeda motor: Rp2.000
  • parkir mobil: Rp5.000

Baca Juga: 10 Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Road Trip Sepanjang Pulau Jawa

3. Rute menuju Wisata Karang Kenek

Wisata Karang Kenek Situbondo (instagram.com/febby_z28)

Buat kamu yang ingin berkunjung ke Wisata Karang Kenek, mau dari arah Probolinggo, Bondowoso, maupun Banyuwangi perlu menuju ke Jalan Pantura (Jalan Raya Situbondo - Banyuwangi). Gak jauh dari Alun-Alun Situbondo, arahkan menuju Jalan Sucipto sejauh 3,6 kilometer.

Sesampainya di pertigaan Gedung BKD Olean-Situbondo, belok kiri sejauh 1,5 kilometer. Setelah itu, ada jembatan kecil dengan gapura, belok kanan sekitar 700 meter. Pada pertigaan pertama, belok kiri sekitar 450 meter, kamu pun sampai di tujuan.

4. Aktivitas apa saja yang dapat kamu lakukan di sini?

Wisata Karang Kenek Situbondo (instagram.com/zafira_yulia_sifkha)

Wisata Karang Kenek bisa terbilang ramah anak, pasalnya terdapat beragam permainan anak. Ada pula kolam mandi, wahana melukis, dan belajar. Beberapa spot foto seperti rumah panggung, anjungan, dan jembatan dari bambu juga ada di sini.

Wisata yang dikelilingi persawahan ini juga dihiasi berbagai jenis bunga. Cocok untuk mempercantik latar belakang fotomu. Pemandangannya makin keren saat pagi atau sore hari.

Selagi anak-anak bermain, para orang tua dapat bersantai di sejumlah gazebo yang telah disediakan. Jika beruntung, kamu juga dapat mencoba olahraga panahan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jawa Tengah untuk Pencinta Aktivitas Outdoor

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya