TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Wisata Susur Sungai di Pacitan untuk Liburan Bersama Keluarga

Menawarkan nuansa khas tropis dan beragam aktivitas seru

Kali Cokel (instagram.com/larassyelda)

Pacitan kerap menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Timur, terutama wisata alamnya. Ada deretan pantai yang tersebar di sisi selatan Pacitan. Gak ketinggalan beberapa gua alami yang menjadi ciri khas daerah karst.

Kamu ingin menikmati liburan yang berbeda dari biasanya dan berkesan? Gak ada salahnya mencoba wisata susur sungai sambil naik perahu dan menikmati suasana asri. Berikut ini tiga wisata susur sungai di Pacitan yang patut kamu kunjungi. 

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Desa Pentingsari, Naik Jip hingga Susur Sungai

1. Kali Barong

Kali Barong (instagram.com/jefry_degea22)

Kali Barong terletak di Dusun Barong, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Sungai biasa ini telah dibendung dan dikembangkan sebagai destinasi wisata menarik. Selain menawarkan keindahan alam dan suasananya, beberapa aktivitas seru juga dapat kamu lakukan di sini.

Kamu dapat mencoba paddle board atau mendayung sendiri Perahu Mancung. Perahu Mancung tersebut berkapasitas tiga orang.

Jika berani, cobalah sepeda air untuk menyusuri sungai. Berbeda dari yang pernah kamu bayangkan, sepeda air tersebut merupakan sepeda roda dua yang telah dimodifikasi. Jadi, bukan sepeda air fiberglass dengan berbagai bentuk.

Selain mencoba beragam wahana air, kamu juga akan dikenalkan dengan kesenian khas Desa Candi, yakni ceklukan. Ceklukan merupakan karya seni berupa alunan musik yang dihasilkan dari tepukan air dan dimainkan oleh enam orang pemain.

2. Kali Cokel

Kali Cokel (instagram.com/larassyelda)

Pilihan lain untuk kamu yang ingin menikmati alam sambil menyusuri sungai adalah Kali Cokel. Sungai sepanjang sekitar 4 km ini lebarnya sekitar 12-30 meter. Aliran airnya berasal dari sungai bawah tanah di Luweng Jaran. Debit airnya cukup besar dan mengalir sepanjang tahun.

Pemandangan yang ditawarkan Kali Cokel gak jauh berbeda dari Sungai Maron. Namun, susur sungai di Kali Cokel akan bermuara di Pantai Watu Karung. Kamu pun bisa sekalian mampir sejenak untuk melihat pantai selatan di sana.

Terletak di Gumuharjo, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Buka setiap hari. Buat kamu yang ingin naik perahu perlu merogoh kocek Rp20 ribu per orang. Setiap perahu berkapasitas 6-7 orang.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Pacitan Paling Favorit yang Wajib Dikunjungi

Verified Writer

Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya