TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wisata Air Terjun Kedung Kayang Magelang: Lokasi, Rute, HTM, dan Tips

Berlatar megahnya Gunung Merapi, cantik!

Air Terjun Kedung Kayang Magelang (instagram.com/maric.caa)

Magelang kerap menjadi tujuan wisata karena mudah diakses dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain itu, menjadi rumah bagi sejumlah situs bersejarah seperti Candi Borobudur dan Candi Mendut. Kalau mau melipir lebih jauh, wisata alamnya juga layak untuk dikunjungi.

Air Terjun Kedung Kayang menjadi salah satu wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Letaknya di lereng Gunung Merbabu, dekat dengan Ketep Pass. Semakin menawan dengan latar Gunung Merapi di kejauhan. Penasaran seperti apa panoramanya? Berikut ini informasi lengkap tentang Air Terjun Kedung Kayang.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk

Air Terjun Kedung Kayang Magelang (instagram.com/christaroy_mbty)

Lokasi: Dusun Ngagrong, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jam operasional:

  • Weekdays: pukul 06.00–16.00 WIB.
  • Weekend: pukul 06.00–17.00 WIB.

Harga:

  • Tiket masuk: Rp4.000 dan asuransi Jasa Raharja Rp500 per orang.
  • Parkir sepeda motor: Rp2.000.
  • Parkir mobil: Rp7.000.
  • Spot foto: Rp5.000 per spot.
  • Jasa foto: Rp2.500 per file.
  • Tarif ojek ke air terjun: Rp15.000 sekali keberangkatan.

2. Rute menuju Air Terjun Kedung Kayang

spot foto di kawasan Air Terjun Kedung Kayang Magelang (instagram.com/maria.dhani.3)

Air Terjun Kedung Kayang berjarak sekitar 29 km dari pusat kota Magelang. Perjalanannya membutuhkan waktu 45 menit hingga 1 jam menggunakan kendaraan bermotor. Salah satu akses yang mudah yakni melalui Mertoyudan dan Mungkid.

Dari pusat kota Magelang, berkendaralah menuju Jalan Magelang–Yogyakarta sejauh 10 km. Setibanya di simpang empat dekat Alfamart Blabak, Mungkid, belok kiri menuju Jalan Candimulyo - Jalan Blabak–Sawangan - Jalan Blabak–Boyolali sejauh 19 km. Kamu kan menjumpai sebuah patung, tanda “Selamat Datang di Wonolelo”, dan papan petunjuk menuju Wisata Air Terjun Kedung Kayang.

Pintu masuk air terjun berjarak 200 meter dari titik tersebut. Kamu perlu memarkirkan kendaraan dan berjalan kaki menuju air terjun. Kalau gak mau kelelahan, bisa menyewa jasa ojek.

Baca Juga: 21 Tempat Wisata Magelang 2024 yang Wajib Masuk Bucket List

3. Daya Tarik Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang Magelang (instagram.com/pinkanbeby34)

Air Terjun Kedung Kayang di lereng Gunung Merbabu memiliki ketinggian 40 meter. Dari sini, kamu dapat melihat panorama air terjun berlatar Gunung Merapi saat cuaca cerah. Akan semakin magis saat cahaya matahari menyibak pepohonan.

Aliran airnya cukup deras, tidak membentuk kolam alami, melainkan aliran sungai. Ketika musim hujan akan terlihat air terjun kecil di sekitarnya. Terdapat banyak bebatuan besar di sepanjang alirannya sehingga pengunjung bisa bermain air dan bersantai. 

Sebelum jalan kaki menuju air terjun, kamu bisa mampir sebentar untuk berswafoto. Ada spot foto dengan latar memukau, kamu juga bisa melihat air terjun dan sekitarnya dari ketinggian. Jika tidak berniat mendekat ke air terjun, kamu dapat piknik sambil menikmati suasana syahdu di sekitar spot foto. 

4. Fasilitas pendukung di kawasan Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang Magelang (commons.wikimedia.org/Devanocturno)

Air Terjun Kedung Kayang sudah memiliki fasilitas lengkap, tanpa meninggalkan keasriannya sebagai wisata alam. Dilengkapi dengan area parkir yang cukup luas untuk sepeda motor maupun mobil. Tersedia pula toilet, musala, dan warung penjaja makanan. 

Jalan cor membuat pengunjung lebih mudah menuju pintu masuk air terjun. Sedangkan menuju air terjun terdapat anak tangga, meski kamu tetap harus melintasi sungai. Dilengkapi pula dengan gardu pandang untuk melihat air terjun dari sisi lain.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya