TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tempat Wisata di Sepinggan-Balikpapan yang Ramah Keluarga

Mudah diakses dari pusat kota maupun bandara

Caribbean Island Waterpark Balikpapan (instagram.com/caribbeanislandwaterpark)

Balikpapan termasuk kota besar di Kalimantan Timur yang menjadi pintu masuk menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman yang akrab disebut Bandara Sepinggan juga berada di sini. Pantas saja kalau tempat wisata bermunculan di wilayah ini dan semakin ramai penggunjung, termasuk di Sepinggan. 

Sepinggan bersama Sepinggan Raya dan Sepinggan Baru merupakan kelurahan yang ada di Kecamatan Balikpapan Selatan. Terdapat beberapa tempat wisata yang dapat kamu kunjungi dengan mudah di sini. Ada wisata religi hingga wisata alam yang ramah keluarga, berikut rekomendasi tempat wisata yang ada di Sepinggan, Balikpapan.

1. Bukit Doa Kalimantan

Bukit Doa Kalimantan, Balikpapan (instagram.com/bukitdoa.kalimantan)

Bukit Doa Kalimantan merupakan tempat ibadah dan pusat edukasi umat Kristiani yang berdiri di area seluas 5,6 hektare. Terletak di Jalan Bhineka 1, Sepinggan, Balikpapan Selatan, tempat wisata religi ini tidak hanya diperuntukkan bagi umat Kristiani, tapi masyarakat umum pun diperbolehkan untuk berkunjung.

Uniknya, Bukit Doa Kalimantan mengusung konsep bak miniatur kota Yerusalem. Terdapat Padang Gembala dengan dinding yang dihiasi ukiran dan lukisan. Gak jauh dari bangunan tersebut, ada Tembok Doa Bapa Kami yang isinya ditulis dalam 33 bahasa, mulai bahasa Karo, Sunda, Mandarin, Dayak, Sansekerta, Latin, Yunani, maupun Arab.

Bagi yang ingin berdoa, terdapat bangunan menyerupai mulut terowongan dengan dilengkapi pagar besi. Ada pula gereja dengan kubah biru kehijauan yang menyerupai Gereja Makam Kudus di Yerusalem. Tidak ketinggalan bangunan Bait Salomo dan Gedung Bethlehem.

Para pelancong dapat berkunjung setiap hari, pukul 08.00-18.00 WITA tanpa dipungut biaya tiket masuk. Selain itu, Bukit Doa Kalimantan juga sudah dilengkapi toilet umum dan area parkir yang luas. Kamu diperbolehkan sekadar jalan-jalan atau berswafoto, tapi tetap harus menghormati pengunjung yang sedang berdoa, ya.

2. Taman Tiga Generasi

Taman Tiga Generasi Sepinggan, Balikpapan (disporapar.balikpapan.go.id)

Taman menjadi ruang publik sekaligus ruang terbuka hijau di tengah kota. Demikian pula dengan Taman Tiga Generasi yang terletak di Jalan Ruhui Rahayu, tepat di depan SMAN 5 Balikpapan. Taman ini termasuk taman kota paling luas di Balikpapan, tentu dilengkapi fasilitas memadai.

Layaknya taman pada umumnya, Taman Tiga Generasi dihiasi sejumlah bunga hias, pohon yang rindang, dan rumput untuk memberikan kesan asri. Tersedia gazebo untuk bersantai dan menikmati suasana kota. Dilengkapi spot untuk olahraga berupa jogging track, lapangan basket, dan area senam.

Taman Tiga Generasi dilengkapi pula dengan taman bermain yang ramah anak dan perpustakaan mini. Kamu juga dapat menjumpai rumah burung yang cukup besar di taman ini. Di sekitar taman juga ada penjaja makanan yang dapat kamu cicipi.

Kamu gak perlu membayar tiket masuk alias gratis untuk bisa main sepuasnya di Taman Tiga Generasi. Kamu juga bisa mengunjunginya kapan saja, karena buka 24 jam. Jadi, kamu bisa menikmati suasana malam Balikpapan dari taman ini.

Baca Juga: 5 Pantai Dekat Bandara Sepinggan, Balikpapan dengan View Menawan

3. Pantai Seraya

Pantai Seraya Sepinggan, Balikpapan (instagram.com/ikimi2008)

Kamu baru saja tiba di Bandara Sepinggan? Bisa mampir dulu ke Pantai Seraya yang letaknya berbatasan langsung dengan landasan pacu pesawat di bandara tersebut. Sedangkan rute menuju Pantai Seraya dapat melalui jalan di samping markas TNI Angkatan Udara atau Dhomber Balikpapan.

Pantai Seraya menawarkan pantai berpasir yang landai dengan ombak relatif tenang. Semakin lengkap dengan sejumlah perahu nelayan yang berjajar di tepiannya. Jika beruntung, kamu dapat menyaksikan pesawat yang take off maupun akan landing dari jarak dekat.

Aktivitas lainnya yang dapat kamu lakukan, yakni bermain pasir, berenang di perairan dangkal, memancing, dan menyaksikan sunset. Sejumlah pengunjung juga menggunakan pantai ini untuk aktivitas olahraga, sepertui voli pantai. Kamu juga bisa kulineran dan membeli hasil tangkapan nelayan yang masih segar.

Tidak ada tiket masuk Pantai Seraya alias gratis. Namun, kamu perlu membayar biaya parkir kendaraan, Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Kamu dapat mengunjungi pantai ini kapan saja, karena buka 24 jam setiap harinya.

Verified Writer

Fatma Roisatin Nadhiroh

🌏

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya