TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Pilihan Maskapai Penerbangan Jakarta–Tokyo

Bisa terbang langsung selama 7,5 jam tanpa transit

pesawat di Bandara Internasional Narita, Jepang (commons.wikimedia.org/Syced)

Jepang, sebuah negara di Asia Timur yang kerap menjadi destinasi wisata impian bagian orang negara tropis, termasuk Indonesia. Negeri Matahari Terbit itu terkenal dengan keindahan sakura saat musim semi, warna musim gugur, dan budaya lokal yang masih terjaga.

Selain menjadi destinasi wisata, Jepang juga menjadi tempat belajar yang menarik masyarakat Asia Tenggara. Gak heran kalau banyak orang melakukan perjalanan ke Jepang untuk berbagai kepentingan. Demikian pula dengan masyarakat Indonesia yang menjadikan Jepang sebagai salah satu negara impian.

Nah, buat kamu yang ingin melakukan penerbangan dari Jakarta melalui Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Narita atau Haneda, Tokyo, Jepang gak perlu bingung lagi. Terdapat banyak pilihan maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta--Tokyo dengan harga bersaing.

Berikut ini 10 maskapai penerbangan Jakarta--Tokyo yang bisa jadi referensi buatmu sebelum melakukan perjalanan.

1. Thai Airways

pesawat maskapai penerbangan Thai Airways (unsplash.com/bornil)

Thai Airways pilihan maskapai dengan harga menengah untuk penerbangan rute Jakarta--Tokyo. Masakapai nasional Thailand ini menawarkan harga mulai Rp5,7 jutaan, meliputi fasilitas bagasi 25 kg, bagasi kabin 7 kg, makan, hiburan, stopkontak, dan USB.

Penumpang dapat memilih untuk landing di Bandara Narita maupun Haneda dengan transit di Bandara Suvarnabumi, total durasi perjalanan terpendek sekitar 11 jam.

2. Batik Air Malaysia

pesawat maskapai penerbangan Batik Air Malaysia (commons.wikimedia.org/Md_Shaifuzzaman_Ayon)

Berbeda dari maskapai penerbangan sebelumnya, Batik Air Malaysia menawarkan rute Bandara Soekarno--Hatta tujuan Bandara Narita dengan transit di Bandara Kuala Lumpur. Harga tiketnya mulai Rp3 jutaan yang sepadan dengan fasilitas yang ditawarkan, penumpang hanya gratis bagasi kabin 7 kg. Sedangkan bagasi tambahan dapat dibeli saat memesan atau check-in.

3. AirAsia

pesawat maskapai penerbangan AirAsia (unsplash.com/dsyphers)

Pilihan selanjutnya buat kamu yang ingin hemat bujet, ada maskapai AirAsia yang tergabung dalam Capital A (sebelumnya AirAsia Group). AirAsia Indonesia bersama Batik Air Malaysia melayani penerbangan Jakarta--Tokyo melalui Bandara Narita. Sedangkan AirAsiaBerhad dan AirAsia X melalui Bandara Haneda dengan lebih banyak pilihan jadwal keberangkatan. Mereka menawarkan harga tiket mulai Rp4 jutaan.

4. Cathay Pacific

pesawat maskapai penerbangan Cathay Pacific (unsplash.com/rstarg)

Kalau ingin durasi perjalananmu lebih singkat, bisa memilih penerbangan menggunakan Cathay Pacific. Kamu bisa memilih tujuan Bandara Narita maupun Haneda dengan transit di Bandara Hong Kong. Total durasi perjalanan tersingkatnya sekitar 10 jam termasuk transit 50 menit.

Harga tiketnya lebih mahal, tapi sepadan dengan fasilitasnya. Kamu bisa membeli tiket pesawat mulai Rp8 jutaan. Harga tersebut sudah termasuk bagasi 23 kg, bagasi kabin 7 kg, makan, hiburan, stopkontak, USB, dan bisa membili WiFi secara terpisah.

5. China Eastern Airlines

ilustrasi pesawat yang digunakan maskapai penerbangan China Eastern Airlines (commons.wikimedia.org/Md_Shaifuzzaman_Ayon)

China Eastern Airlines menjadi maskapai penerbangan lain berbasis di Asia Timur yang melayani rute Jakarta--Tokyo melalui Bandara Narita. Durasi perjalanan tersingkatnya 11 jam 20 menit, termasuk transit di Bandara Pudong, Shanghai selama 2 jam.

Harga tiketnya mulai Rp5 jutaan, termasuk bagasi 2x23 kg, bagasi kabin 8 kg, makan, hiburan, dan dapat membeli fasilitas WiFi di pesawat. 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Ramah Anak Dekat Bandara Narita

6. Philippine Airlines

ilustrasi pesawat yang digunakan maskapai Philippine Airlines (commons.wikimedia.org/Aarondavis.01)

Kamu bisa melakukan penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Haneda dengan durasi perjalanan tersingkat 10 jam menggunakan Philippine Airlines. Namun, perlu transit di Bandara Ninoy Aquino hampir 2 jam. Harga tiketnya mulai Rp6 jutaan, sudah termasuk bagasi 30 kg, bagasi kabin 7 kg, makan, dan hiburan.

Harga tiket akan lebih mahal kalau kamu memilih perjalanan dengan tujuan Bandara Narita. Kamu perlu merogoh kocek mulai Rp8 jutaan dengan fasilitas dan durasi perjalanan yang serupa. 

7. Malaysia Airlines

ilustrasi pesawat yang digunakan maskapai Malaysia Airlines (commons.wikimedia.org/Md_Shaifuzzaman_Ayon)

Malaysia Airlines dapat menjadi pilihan lain untuk kamu yang ingin melakukan penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Narita. Durasi tersingkatnya sekitar 12 jam dengan transit di Bandara Kuala Lumpur hampir 3 jam. Harga tiket untuk durasi tersebut mulai Rp8 jutaan, harga tiket dapat lebih murah hingga Rp5 jutaan dengan durasi perjalanan lebih lama.

8. All Nippon Airways (ANA)

pesawat maskapai penerbangan All Nippon Airways (unsplash.com/dsyphers)

Ingin melakukan penerbangan langsung dari Jakarta ke Tokyo tanpa perlu transit? All Nippon Airways (ANA) bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, maskapai penerbangan nasional Jepang ini, melayani penerbangan langsung Jakarta--Tokyo melalui Bandara Narita maupun Haneda. 

Maskapai yang sudah beroperasi sejak 1952 ini, menawarkan durasi penerbangan tersingkatnya 7 jam 35 menit dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Narita atau Haneda. Harga yang ditawarkan mulai Rp8 jutaan, kamu bisa memilih salah satu bandara tujuan dengan tarid serupa. Harga tersebut sudah termasuk bagasi 2x23 kg, bagasi kabin 10 kg, makan, hiburan, stopkontak, dan USB.

9. Japan Airlines (JAL)

pesawat maskapai penerbangan Japan Airlines (unsplash.com/ryuno_2574)

Japan Airlines menjadi pilihan maskapai penerbangan nasional Jepang lainnya yang melayani rute langsung Jakarta--Tokyo. Bedanya, maskapai ini memiliki jadwal penerbangan sehari dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Narita lebih sedikit daripada ANA. Selain itu, belum tersedia penebangan dari Jakarta tujuan Bandara Haneda.

Harga tiketnya hampir serupa, yakni mulai Rp8 jutaan. Harga tersebut seudah termasuk bagasi 2x23 kg, bagasi kabin 10 kg, makan, hiburan, stopkontak, dan USB. Penumpang dapat membeli WiFi di dalam pesawat.

10. Garuda Indonesia

pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia (unsplash.com/aldrinrachmanpradana)

Satu lagi pilihan maskapai penerbangan Jakarta--Tokyo, Garuda Indonesia. Maskapai nasional Indonesia ini juga melayani penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Narita maupun Haneda. Namun, sebagian atau seluruhnya dioperasikan oleh ANA atau Air Japan, anak perusahaan ANA. 

Durasi perjalannya serupa dengan ANA maupun JAL yang melakukan penerbangan langsung. Namun, harga tiket yang ditawarkan dapat lebih terjangkau, yakni mulai Rp7,5 jutaan. Harga itu sudah termasuk bagasi 46 kg, bagasi kabin 7 kg, makan, hiburan, stopkontak, dan USB.

Setidaknya terdapat 10 pilihan maskapai penerbangan Jakarta--Tokyo yang bisa jadi referensi buatmu. Kamu dapat menghemat waktu dengan melakukan penerbangan langsung dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bandara Narita atau Haneda menggunakan ANA, JAL, dan Garuda Indonesia. Namun, jika ingin hemat bujet bisa memilih maskapai seperti AirAsia, Batik Air Malaysia, atau Thai Airways dengan transit dan durasi perjalanan lebih lama.

Baca Juga: Cara ke Disneyland Tokyo Naik Transportasi Umum, Praktis!

Verified Writer

Fatma Roisatin Nadhiroh

🌏

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya