TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pasar Tradisional di Dekat Keraton Surakarta, Shopaholic Merapat!

Bisa kulineran hingga berburu buah tangan

Pasar Kembang Solo (id.solocity.travel)

Suka wisata belanja di Surakarta? Gak perlu jauh-jauh dari pusat kota, cukup jalan kaki ke beberapa pasar tradisional dekat Keraton Surakarta. Terdapat beberapa pasar tradisional yang menyediakan kebutuhan sehari-hari hingga pusat tekstil, kuliner, dan oleh-oleh.

Setiap pasar tradisional di dekat Keraton Surakarta memiliki produk utama yang berbeda untuk dijual. Misalnya, kalau mau kulineran bisa ke Pasar Gede, sedangkan untuk membeli produk tekstil perlu ke Pasar Klewer.

Supaya gak salah tempat, berikut ini beberapa rekomendasi lima pasar tradisional di dekat Keraton Surakarta. Kamu bisa memuaskan hasrat berbelanjamu, deh!

Baca Juga: 7 Pasar Tradisional di Yogyakarta yang Asyik untuk Kulineran

1. Pasar Sangkrah

Pasar Sangkrah, Solo (surakarta.go.id)

Dahulu, Pasar Sangkrah termasuk pasar tradisional yang kumuh dan semrawut. Kemudian, ia mengalami revitalisasi dan beroperasi dengan wajah baru sejak 2016. Dilansir laman Pemerintah Kota Surakarta, pasar Kelas 3 ini memiliki 20 unit kios, 183 lapak los kering, 40 unit los daging, dan 36 lapak pedagang pelataran.

Pasar ini terletak di Jalan Sungai Sambas Nomor 21—23, Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Jaraknya 1,3 km dari Keraton Surakarta Hadiningrat, sehingga dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Selain itu, berdekatan dengan area Stasiun Solo Kota atau Stasiun Sangkrah yang menjadi titik pemberhentian Kereta Api (KA) Wisata Jaladara dan Railbus Batara Kresna.

Keberadaan Pasar Sangkrah gak hanya menunjang perekonomian dan penyedia kebutuhan sehari-hari. Sebagai pasar di kawasan stasiun ini, juga menjadi destinasi wisata bagi para penumpang Jaladara dan Batara Kresna. Kamu dapat menjumpai pusat kuliner dan cinderamata khas Solo di lantai dua pasar tersebut.

2. Pasar Klithikan Notoharjo

Pasar Klithikan Notoharjo (surakarta.go.id)

Agak jauh dari Keraton Surakarta, sekitar 2,2 km, terdapat Pasar Klithikan Notoharjo. Terletak di Jalan Sungai Serang I Nomor 313, Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. Pedagang oprokan buka mulai 05.00—08.00 WIB, sedangkan pedagang kios buka pukul 05.00—18.00 WIB.

Pasar Klithikan Notoharjo merupakan pusat perdagangan barang bekas yang menjadi primadona warga Solo. Kamu dapat menjumpai peralatan elektronik, sepatu, pakaian, kaset, hingga peralatan mobil dan sepeda motor. Para pedagang umumnya juga menawarkan jasa reparasi dan bersedia membeli barang bekas.

Sabtu, Minggu, dan hari libur menjadi waktu paling banyak pengunjung di pasar ini. Mereka gak cuma warga Solo, ketenaran Pasar Klithikan Notoharjo sudah sampai Solo Raya hingga Yogyakarta. Bisa jadi tempat menyenangkan buat yang mau thrifting, nih!

3. Pasar Gede Harjonagoro

Pasar Gede Solo (commons.wikimedia.org/Bennylin)

Tertarik untuk mencicipi kuliner Solo dan jajanan pasarnya? Kamu bisa melipir ke Pasar Gede Harjonagoro atau lebih akrab dengan sebutan Pasar Gede. Lokasinya di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Surakarta.

Keberadaan pasar tersebut cukup strategis, berjarak 1,2 km dari Keraton Surakarta. Cukup jalan kaki sekitar 500 meter dari Benteng Vastenburg. Dekat pula dengan Stasiun Solojebres, hanya 1,4 km.

Pasar Gede termasuk pasar tradisional tertua di Solo, dibangun pada 1927 dan masih eksis hingga kini. Kamu akan menjumpai deretan pedagang bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari di bangunan utama. Di seberangnya, terdapat berbagai jenis buah-buahan dan aneka kuliner.

Beberapa kuliner legendaris yang dapat kamu cicipi di Pasar Gede, antara lain Nasi Liwet Bu Sri, Timlo Pak Sur, Tahok Pak Citro, dan Es Dawet Telasih Bu Dermi. Kalau mau jajanan pasar, bisa berburu kue pukis dan lenjongan. Di sini tersedia pula aneka minuman rempah hingga kuliner kekinian maupun warung kopi.

Baca Juga: 5 Kuliner Wajib Coba di Pasar Gede Solo, Tradisional Hingga Western

4. Pasar Kembang Solo

Pasar Kembang Solo (id.solocity.travel)

Bagi kamu yang ingin memberikan buket bunga segar kepada orang terkasih, bisa membelinya di Pasar Kembang Solo. Pasar yang berdiri sejak 1967 ini, terletak di Jalan Honggowongso, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Surakarta. Jaraknya sekitar 1,5 km dari Keraton Surakarta.

Namanya juga pasar bunga, kamu dapat membeli beragam jenis bunga lokal, impor, bunga tabur, dan ubo rampe untuk ziarah kubur. Selain untuk berburu bunga untuk berbagai kebutuhan, pasar ini kerap menjadi tempat untuk nge-date bagi kawula muda. Mau pagi, siang, sore, maupun malam, kamu bisa jalan-jalan di Pasar Kembang Solo, karena buka 24 jam.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya