TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pantai Simbaronce Trenggalek: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Banyak aktivitas seru dan bonus ke Pantai Pasir Putih

Pantai Simbaronce (dok. pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Pertengahan tahun menjadi salah satu waktu yang tepat untuk liburan ke pantai. Sebab, cuacanya relatif cerah sepanjang hari dan jalanan tidak becek. Selain itu, meski suhu udara agak tinggi, tapi wisata pantai akan tersamarkan dengan angin sepoi-sepoi.

Salah satu pantai yang patut kamu kunjungi adalah Pantai Simbaronce di Trenggalek, Jawa Timur. Pantai ini memiliki gelombang yang cukup bersahabat untuk berenang. Selain itu, kamu dapat melakukan beberapa aktivitas seru selama di sini.

Sebelum berkunjung, berikut ini informasi wisata Pantai Simbaronce yang patut kamu ketahui. Yuk, simak sampai selesai!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket masuk

Pantai Simbaronce (google.com/maps/Devie rosana)

Lokasi: Dusun Karanggongso, Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari, pukul 07.00-17.00 WIB.

Harga: Rp15.000.

2. Rute menuju Pantai Simbaronce

Jalur Lintas Selatan Tulungagung-Trenggalek (dok. pribadi/Fatma Roisatin Nadhiroh)

Dari arah Tulungagung:

Dari pusat Kota Tulungagung kamu perlu menuju Jalan Pattimura—Jalan Raya Tulungagung-Trenggalek—Jalan Raya Bandung Prigi—Jalan Durenan—Watulimo—Jalan Raya Pantai Prigi. Pintu masuk Pantai Simbaronce terletak setelah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pantai Prigi.

Jika beruntung, kamu dapat melalui jalur menuju Pantai Popoh, kemudian ke arah Jalur Lintas Selatan (JLS) Tulungagung-Trenggalek. Jika sudah menemukan papan petunjuk Pantai Karanggongso, ikuti saja dan Pantai Simbaronce terletak sebelum Pantai Karanggongso.

Dari arah Pacitan:

Dari pusat Kota Pacitan kamu perlu menuju Jalan Purwoasri Kebonagung—Jalan Raya Tulakan—Jalan Raya Ngadirojo-Sudimoro—Jalan Raya Bandung Prigi—Jalan Durenan—Watulimo—Jalan Raya Pantai Prigi.

Baca Juga: 19 Wisata di Trenggalek Jawa Timur Terbaik dan Paling Keren

3. Aktivitas seru yang dapat dilakukan di Pantai Simbaronce

Pantai Simbaronce (google.com/maps/Ferry Brewok)

Pantai Simbaronce merupakan pantai berpasir yang teduh dan nyaman untuk bersantai. Kamu dapat menggelar tikar atau alas untuk duduk santai ala piknik bersama keluarga. Sedangkan anak-anak dapat bermain pasir sepuasnya.

Kalau kamu bosan berdiam diri di tepi pantai, bisa bermain air bersama keluarga. Kamu juga bisa berenang, tapi jangan terlalu jauh dari bibir pantai. Kalau kamu takut tenggelam, dapat menyewa ban.

Tertarik dengan aktivitas yang lebih seru? Kamu dapat menyewa perahu bersama rombongan, lalu akan diajak keliling pulau karang atau Pantai Pasir Putih. Coba juga aktivitas lain yang lebih menantang dengan naik banana boat dan siap untuk basah-basahan.

4. Fasilitas yang tersedia di Pantai Simbaronce

musala di Pantai Simbaronce (google.com/maps/GHAISAN HAIDAR SALMAN)

Setelah melalui pintu masuk, kamu dapat dengan mudah memilih tempat untuk parkir, apalagi saat weekday. Area parkir di Pantai Simbaronce cukup luas dan teduh. Jadi, dapat menampung banyak kendaraan roda empat hingga roda enam.

Kemudian, setelah melakukan berbagai aktivitas seru di Pantai Simbaronce, kamu dapat membersihkan diri di toilet dan kamar mandi yang telah tersedia. Kamu bisa membilas badanmu dengan air tawar. Toilet dan kamar mandi tersebut kerap kali menjadi satu dengan warung penyedia makanan.

Ada pula warung penjual makanan yang menyediakan seafood, seperti olahan ikan, cumi, dan udang. Kamu dapat menyantapnya untuk makan siang, semakin nikmat dengan minum es kelapa muda. Kamu gak harus menyantapnya di warung, mereka juga dapat mengantar pesananmu di tempat tertentu yang kamu pilih untuk bersantai.

Setelah bersih diri dan kenyang, kamu dapat memanfaatkan musala yang terletak di sekitar area parkir untuk salat. Musala tersebut memang gak luas, tapi bersih dan dilengkapi dengan karpet dan perlengkapan salat.

Jika kamu belum puas, dapat mengekplorasi pantai tetangganya yang terhubung dengan jogging track. Jogging track terletak di ujung Pantai Simbaronce, dekat dengan bukit karang. Setelah melalui jogging track tersebut, kamu akan tiba di Pantai Pasir Putih Karanggongso dan gak perlu membayar tiket masuk lagi. 

Baca Juga: 7 Pantai di Tasikmadu-Trenggalek yang Cocok untuk Liburan Keluarga

Verified Writer

Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya