TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Waktu Terbaik Liburan ke Wakatobi untuk Menikmati Keindahan Alamnya

Bisa melihat banyak festival budaya hingga scuba diving

Potret keindahan Wakatobi (pixabay.com/monicavolpin)

Selain Taman Laut Bunaken, wilayah Sulawesi memiliki surga bahari yang tak kalah memesona, yakni Wakatobi. Nama kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Tenggara ini sebenarnya adalah gabungan dari pulau-pulau yang membentuknya, yakni Wangi-Wangi (Wa), Kaledupa (Ka), Tomia (To), dan Binongko (Bi). Unik banget, kan?

Tak hanya wisatawan dari Indonesia yang berbondong-bondong liburan ke Wakatobi, tetapi juga turis asing. Apalagi banyak aktivitas air yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari memancing, naik perahu, berenang, snorkeling, hingga scuba diving. 

Biar liburanmu ke sana makin seru, kamu wajib memperhatikan waktu yang pas untuk berkunjung ke sana. Berikut IDN Times rangkum waktu terbaik liburan ke Wakatobi yang bisa jadi panduanmu. Simak sampai habis, ya!

1. April, Mei, dan Juni

Potret keindahan bawah laut Wakatobi (unsplash.com/boardshortsben)

Kalau kamu suka snorkeling dan scuba diving, waktu terbaik untuk melihat pesona bawah lautnya adalah April, Mei, dan Juni. Pada bulan-bulan tersebut, suhu kawasan rata-rata 27-28 derajat Celsius. Kondisi angin juga cukup stabil, karena dipengaruhi musim kemarau dan angin timur. 

Wakatobi memiliki setidaknya 40 titik menyelam yang sangat cantik dan masing-masing memiliki karakteristik biota laut yang unik. Mulai dari Coral Garden, Cornucopia, House Reef, Roma, Ali Reef, Mari Mabuk Dive Site, Hondue Beach, Fan 38, Channel Dive Spot, Pintu Timur, he Blade Dive Spot, dan lain-lain.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Wakatobi yang Keindahannya Bikin Kamu Terkesima

2. September, Oktober, dan November

Perkampungan Suku Bajo di Wakatobi (indonesia.travel)

Bulan September, Oktober, dan November juga bisa kamu pilih sebagai waktu kunjungan ke Wakatobi. Suhu rata-rata pada tiga bulan tersebut antara 26-30 derajat Celsius dan angin timur juga cukup stabil, meski sudah memasuki musim hujan. 

Kamu bisa snorkeling, scuba diving, berenang, berburu sunrise atau senja di pantai-pantainya, hingga mengunjungi perkambungan Suku Bajo di Pulau Wangi Wangi. Dijamin kamu betah lama-lama di sini!

Baca Juga: 3 Waktu Terbaik Liburan ke Derawan, biar Puas Snorkeling dan Diving

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya