TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Rekomendasi Destinasi Musim Gugur ala KDrama di Korea Selatan

Kamu bisa berfoto dan mereka ulang adegan seperti di KDrama

Potret Kim Go Eun dan Lee Min Ho di Jungri Sports Park dalam drama The King: Eternal Monarch (dok. SBS/The King: Eternal Monarch)

Pertengahan September ini, Korea Selatan telah memasuki musim gugur. Musim ini kerap dinanti warga lokal dan wisatawan, karena suasananya yang berbeda dibanding musim-musim sebelumnya. Beberapa sudut tempat akan dihiasi dedaunan yang berwarna-warni, seperti merah, cokelat, kuning, dan oranye.

Selain itu, udaranya mulai sejuk dan tidak sepanas musim sebelumnya. Wisatawan dari berbagai belahan dunia pun berbondong-bondong ke sini untuk menikmati keindahan musim gugur. Kamu kah salah satunya?

Beberapa destinasi musim gugur di Korea Selatan sepertinya sudah familier, karena sering muncul di beberapa KDrama. Penasaran di mana saja tempatnya? Simak rekomendasi destinasi musim gugur ada KDrama di bawah ini, yuk!

1. The Garden of Morning Calm

Potret keindahan The Garden of Morning Calm saat musim gugur (morningcalm.co.kr)

The Garden of Morning Calm merupakan tempat langganan syuting puluhan KDrama sejak 2004 hingga saat ini . Kamu bisa menyaksikan keindahan taman ini dalam KDrama Phoenix (2004), She Was Pretty (2015), Moonlight Drawn by the Clouds (2016), I’m Not A Robot (2017-18), Navillera (2021), hingga yang terbaru My Happy Ending (2024).

The Garden of Morning Calm merupakan sebuah kompleks kebun botani yang dibangun Han San Kyung, seorang profesor kehormatan bidang hortikultura di Universitas Sahmyook. Lokasinya ada di 427 Sumogwon-ro, Sang-myeon, Gapyeong-gun, Provinsi Gyeonggi, sekitar dua jam perjalanan dengan mobil ke arah timur Seoul.

Nama kebun ini terinspirasi dari puisi pendek karya penyair India, Rabindranath Tagore, yang berjudul "Lamp of the East’" dan ditulis pada 1929. Di dalam kebun, terdapat 20 taman tematik dan lebih dari 5.000 jenis tanaman yang akan menyajikan warna berbeda setiap musimnya, terutama saat musim gugur.

2. Nami Island

Potret keindahan Nami Island saat musim gugur (visitkorea.or.id)

Nami Island, si pulau cantik ini dibuka sejak 1996 ini kerap wara-wiri di layar kaca dan menjadi lokasi syuting KDrama. Mulai dari Winter Sonata (2002), Mother (2018), When My Love Blooms (2020), Hi Bye, Mama! (2020), A Time Called You (2023), Twinkling Watermelon (2023), hingga Good Partner (2024).

Pulau Nami ini terletak di 1 Namisum-gil, Namsan-myeon, Chuncheon. Waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam perjalanan dari Seoul menggunakan kendaraan umum, termasuk kapal.

Pulau ini cocok dikunjungi setiap saat, terutama musim gugur. Wisatawan bisa menikmati lanskap dan sudut tempat yang memesona, mulai dari Cherry Tree Lane hingga Metasequoia Lane yang berwarna-warni. 

Harga tiket masuknya mulai dari 10 ribu Won (sekitar Rp113 ribu) untuk anak-anak dan 16 ribu Won (sekitar Rp182 ribu) untuk dewasa. Uniknya, tiket ini diibaratkan sebuah visa untuk memasuki Namimara Republic (brand Pulau Nami yang bermakna negara imajinatif).

Para pengunjung akan memasuki border seperti pemeriksaan paspor. Seru banget, ya?

3. Jungri Sports Park

Potret Kim Go Eun dan Lee Min Ho di Jungri Sports Park dalam drama The King: Eternal Monarch (dok. SBS/The King: Eternal Monarch)

Penggemar KDrama The King: Eternal Monarch (2020) pasti sudah tidak asing lagi dengan potret di atas, kan? Adegan Kim Go Eun dan Lee Min Ho ngobrol berlatar suasana musim gugur tersebut dilakukan di Jungri Sports Park.

Taman tersebut berlokasi di 1136-112 Sangjungi-dong, Seo-gu, Daegu. Bisa ditempuh sekitar dua jam perjalanan dari Seoul.

Sesuai dengan namanya, taman ini kerap digunakan warga setempat untuk berolahraga. Di sana terdapat jogging track, jalur sepeda, hamparan taman dengan beragam tumbuhan, pagoda, serta beberapa peralatan penunjang olahraga.

Saat musim gugur, dedaunan di taman ini akan menyajikan warna-warni yang sangat cantik, seperti dalam drama tersebut. Sembari liburan, kamu bisa jogging atau bersepeda di taman ini bareng teman-teman.

4. Gangchon Rail Park

Potret Gangchon Rail Park (railpark.co.kr)

Pengin menikmati suasana musim gugur dengan naik rail bike? Pergilah ke Gangchon Rail Park. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting KDrama Dokgo Rewind (2018), When My Love Blooms (2020), The King: Eternal Monarch (2020), dan juga Vincenzo (2021).

Lokasinya berada di Desa Gangchon, 30 Gangchon-ro, Namsan-myeon, Chuncheon, Provinsi Gangwon. Dibuka pada 2012, Gangchon Rail Park didirikan di atas bekas Stasiun Gangchon.

Stasiun tersebut sudah tidak beroperasi sejak 2010, karena adanya pembangunan Gangchon Station yang baru. Kamu bisa naik rail bike atau sepeda rel di jalur kereta api sepanjang 8,5 kilometer. Enam kilometernya bisa dilalui dengan sepeda rel dan 2,5 kilometer terakhir dengan naik kereta.

Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan Sungai Bukhangang, hutan, dan ladang. Gak perlu khawatir capek, sebab sebagian besar lintasan cenderung menurun. Harga sewa rail bike dua seater sebesar 40 ribu Won (sekitar Rp455 ribu) dan empat seater  56 ribu Won (sekitar Rp637 ribu).

5. Damyang Metasequoia Road

Potret Jang Ki Yong dan Hyeri di Damyang Metasequoia Road dalam drama My Roommate Is A Gumiho (dok. tvN/My Roommate Is A Gumiho)

Damyang Metasequoia Road merupakan sebuah boulevard sepanjang 8,5 kilometer (dua kilometer di antaranya untuk pejalan kaki) yang diapit jajaran pohon metasequoia. Pepohonan tersebut ditanam pada awal 1970-an oleh Kementerian Dalam Negeri Korea Selatan.

Nama lain jalan ini adalah Damyang Metasequoia Land dan Metasequoia Garosugil. Lokasinya berada di 59-14 Hakdong-ri, Damyang-eup, Damyang, Provinsi Jeollanam, sekitar 4,5 jam ke selatan Seoul dengan mobil.

Kawasan ini biasanya ramai dikunjungi wisawatan saat musim gugur. Pohon-pohon metasequoia akan berubah warna dari hijau menjadi oranye atau merah muda. 

Damyang Metasequoia Road pernah menjadi latar pengambilan gambar beberapa drama populer. Di antarnaya seperti Tazza (2008), Hwajung, Princess of Light (2015), Scholar Who Walks the Night (2015), Mask (2015), Mister Sunshine (2018), dan My Roommate Is A Gumiho (2021).

6. Daegwallyeong Sky Ranch

Potret Daegwallyeong Sky Ranch (instagram.com/skyranch1974)

Pengin liburan musim gugur yang gak biasa di Korea Selatan? Kamu bisa mengunjungi peternakan bernama Daegwallyeong Sky Ranch yang berlokasi di Kkotbatyangji-gil, Desa Hoenggye, Daegwalnyeong-myeon, Pyeongchang, Provinsi Gangwon.

Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting beberapa drama populer. Ada Autumn In My Heart (2000), 90 Days, Time to Love (2006), Yong-Pal (2015), Cinderella and Four Knights (2016), Bubblegum (2015), Bride of the Water God 2017 (2017), L.U.C.A.: The Beginning (2021), hingga You Raise Me Up (2021). 

Daegwallyeong Sky Ranch merupakan sebuah kompleks peternakan ramah lingkungan yang sudah berdiri sejak tahun 1974, tetapi baru dibuka untuk umum pada 2014. Posisinya yang berada di dataran tinggi menjadikan tempat ini sejuk dan udaranya bersih. Terdapat peternakan lebih dari 600 ekor sapi, domba, dan kuda.

Selain refreshing, kamu bisa memberi makan hewan-hewan ternak tersebut, mencicipi susu sapi segar yang baru diperah, naik traktor keliling peternakan sejauh lima kilometer, dan mengamati peternakan di observatorium dek langit.

Baca Juga: 5 Kota Terbaik untuk Wisata Musim Gugur di Jepang, Menyejukkan Jiwa!

7. Onbit Natural Recreation Forest

Potret keindahan Onbit Natural Recreation Forest (english.visitkorea.or.kr)

Onbit Natural Recreation Forest mulai populer sejak jadi lokasi syuting KDrama Our Beloved Summer (2021-2022). Kemudian, muncul lagi dalam drama Love in Contract (2022), Flex X Cop (2024), dan yang terbaru adalah My Happy Ending (2024).

Onbit Natural Recreational Forest merupakan kawasan hutan rekreasi milik pribadi yang menawarkan pemandangan sangat indah, terutama saat musim gugur. Pepohonan metasequoia akan berubah warna menjadi keemasan dan menciptakan gradasi yang memesona dengan pepohonan lainnya.

Selain itu, terdapat spot menarik berupa rumah kayu dua lantai ala pedesaan Eropa, danau, dan jembatan di bagian tengahnya. Lokasi Onbit Natural Recreation Forest berada di 494, Hwangryongjae-ro, Beolgok-myeon, Kota Nonsan, Provinsi Chungcheongnam.

8. Istana Gyeongbokgung

Potret pemandangan musim gugur di Istana Gyeongbokgung, Seoul (pixabay.com/huongnguyen123)

Selain destinasi wisata alam, ada beberapa istana di Korea Selatan yang menawarkan pemandangan musim gugur sangat cantik dan sering menjadi lokasi syuting KDrama, terutama drama sageuk. Salah satunya Istana Gyeongbokgung.

Istana tersebut merupakan peninggalan Dinasti Joseon yang terletak di pusat Kota Seoul, tepatnya di 161 Sajik-ro, Distrik Jongno. Saat musim gugur, pepohonan di kompleks istana ini menampilkan warna-warni dedaunan yang semarak, mulai dari merah, oranye, hingga kuning.

Pemandangan ini akan semakin indah dengan adanya beberapa bangunan berarsitektur tradisional di tengah-tengahnya. Supaya liburanmu makin berkesan, sebaiknya kamu menyewa dan mengenakan satu set hanbok atau pakaian tradisional Korea. Setelah itu, kamu bisa berfoto di beberapa sudut istana ini sembari mereka ulang adegan di beberapa drama. 

9. Istana Changdeokgung

Potret taman Huwon di Istana Changdeokgung (pixabay.com/cskkkk)

Selain Istana Gyeongbokgung, ada satu lagi kompleks istana peninggalan Dinasti Joseon di Seoul yang harus kamu kunjungi, yakni Istana Changdeokgung. Jarak kedua istana tersebut tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 1,5 kilometer, dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau naik taksi.

Di dalam kompleks Istana Changdeokgung, terdapat beragam jenis pepohonan yang akan berubah warna saat musim gugur. Salah satu spot favorit wisatawan di istana ini adalah Huwon atau taman belakang yang juga kerap disebut sebagai "secret garden." Di sini juga terdapat kolam dan paviliun berarsitektur tradisional Korea.

Kalau kamu berfoto di sini sambil mengenakan hanbok, hasilnya dijamin ciamik. Orang-orang akan mengira kamu sedang syuting drama sageuk (berlatar kerajaan), nih!

10. N Seoul Tower

Potret N Seoul Tower saat musim gugur (pixabay.com/u_wkx72obn1n)

Destinasi musim gugur ada KDrama terakhir yang wajib kamu kunjungi adalah N Seoul Tower atau Namsan Tower. Sudah tak terhitung berapa jumlah KDrama yang melakukan pengambilan gambar di landmark Seoul ini. Di berbagai video promosi wisata Korea Selatan, menara tersebut juga tak pernah absen, lho.

Berlokasi di 05 Namsangongwon-gil, Distrik Yongsan, Seoul, menara ini menjadi tempat paling ideal untuk menikmati pemandangan musim gugur Seoul yang sangat cantik. Pepohonan di sekitar menara juga akan terlihat berwarna-warni dan sangat memesona. 

Untuk mencapainya, kamu bisa berjalan kaki di jalur hiking Gunung Namsan atau naik kereta gantung Namsan Cable Car dari bawah ke atas dengan waktu tempuh sekitar 3-5 menit. Selain menikmati pemandangan, kamu bisa berjalan-jalan, kulineran di restoran, dan memasang gembok cinta bareng sahabat atau pasangan.

Nah, itu dia rekomendasi destinasi musim gugur ada KDrama di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi saat libur akhir tahun ini. Mumpung masih ada waktu sebelum musim berakhir, segera rencanakan perjalananmu ke sana, yuk!

Baca Juga: 5 Tempat Terbaik Menikmati Musim Gugur di Ibaraki Jepang, Syahdu!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya