TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Museum Paling Ikonik di Kazakhstan yang Wajib Masuk Bucket List Kamu

Ada museum bagi penggemar musik juga, lho!

The Museum of the First President (instagram.com/travel.kazakhstan)

Kazakhstan merupakan sebuah negara lintas benua yang sebagian wilayahnya berada di Asia Tengah sedangkan sebagaian kecilnya ada di Eropa. Hal tersebut tentu membuat Kazakhstan memiliki nilai historis tersendiri dari beberapa percampuran kebudayaan.

Hal itu yang membuat pemerintah Kazakhstan membuat berbagai museum ikonik. Tentunya akan menambah wawasan para wisatawan yang berkunjung ke negara bekas bagian Uni Soviet tersebut.

Berikut 5 museum yang ada di Kazakhstan dan bisa kamu tambahkan ke bucket list kamu.

1. National Museum of the Republic of Kazakhstan

National Museum of the Republic of Kazakhstan (instagram.com/knerq)

National Museum of the Republic of Kazakhstan ini merupakan sebuah museum yang berdiri berkat hasil Keputusan pemerintah Kazakhstan dan Kementerian Kebudayaan Kazakhstan.

National Museum of the Republic of Kazakhstan bertujuan untuk menjadi lembaga budaya intelektual modern, tempat untuk analisis, perbandingan, refleksi, diskusi, dan evaluasi pernyataan tentang warisan sejarah dan budaya yang ada di Kazakhstan.

Museum yang berada di kota Nursultan itu juga selalu mampu menarik berbagai wisatawan dari mancanegara yang ingin mengetahui sejarah-sejarah tentang Kazakhstan.

Baca Juga: 7 Museum Unik di Indonesia, dari Museum Fisik hingga Museum Virtual

2. Central State Museum

Central State Museum of Kazakhstan (instagram.com/central_state_museum_of_kazakhstan)

Central State Museum of Kazakhstan adalah museum terbesar di Almaty, Kazakhstan dan merupakan salah satu museum terbesar di Asia Tengah. Ketika pertama kali didirikan pada tahun 1931, museum ini berada di Katedral Almaty.

Kini museum tersebut menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke Kazakhstan untuk melihat berbagai koleksi artefak sejarah, arkeologi, dan budaya. Pengunjung juga bisa mengetahui sistem politik yang ada di Republik Kazakhstan.

3. Kasteyev State Museum of Arts

patung Abilkhan Kasteyev di Kasteyev State Museum of Arts the Republic Kazakhstan (instagram.com/visitmatykz)

Museum ini resmi dibuka pada 16 September 1976 yang kala itu berisi penggabungan koleksi seni dari Galeri Negara Kazakh Shevchenkol serta Museum Seni Dekoratif dan Terapan Kazakhstan.

Hingga akhirnya pada 1984, museum ini berganti nama untuk menghormati seniman Kazakhstan, Abilkhan Kasteyev yang wafat pada tahun 1973.

Museum pusaka ini terletak di kota Almaty dan memiliki koleksi lebih dari 23 ribu karya, termasuk seni tradisional Kazakhstan yang bersejarah. Ada juga berbagai karya seni dari era Uni Soviet, Eropa Barat, dan Asia Timur di museum ini.

4. Museum of Kazakh Musical Instruments

Museum Musical Instrument (twitter.com/ritzcarlton)

Terletak di Taman Panfilov, museum yang bangunanya terbuat dari kayu ini didirikan pada tahun 1908. Pada awal berdirinya di era kepemimpinan militer gubernur jenderal Turkestan, museum ini pernah dijadikan tempat untuk upacara serta resepsi kenegaraan.

Namun, setelah berdirinya Uni Soviet, bangunan ini dialih fungsikan menjadi gedung pemerintahan. Akhirnya bangunan tersebut diubah menjadi museum alat musik pada tahun 1980.

Saat ini, ada lebih dari seribu alat musik instrumen yang ada di dalam museum dan terbagi dalam 60 jenis instrumen musik nasional Kazakhstan. Bahkan beberapa alat musik tersebut sudah ada dari abad ke-17.

Baca Juga: 5 Museum Unik yang Terdapat di Estonia, Ada Museum Boneka!

Verified Writer

Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya