TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waktu Terbaik Melihat Hiu Paus di Botubarani Gorontalo

Bisa muncul lebih dari satu hiu paus

Potret melihat hiu paus di Botubarani, Gorontalo (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Intinya Sih...

  • Gorontalo terkenal dengan keindahan alamnya yang menarik banyak wisatawan.
  • Botubarani, Gorontalo adalah lokasi utama untuk melihat hiu paus, terletak dekat pusat Kota Gorontalo.
  • Hiu paus paling banyak terlihat antara Mei hingga Juli, dan dapat ditemukan hanya sekitar 25 meter dari bibir pantai.

Gorontalo merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Semenanjung Minahasa, di bagian utara Pulau Sulawesi. Wilayah ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menarik banyak wisatawan.

Jika kamu tertarik untuk berinteraksi dengan hewan laut, destinasi wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat. Salah satu aktivitas wisata yang sedang hits di Gorontalo adalah melihat hiu paus.

Hiu paus atau yang terkenal sebagai whale shark merupakan salah satu hewan laut terbesar yang jinak dan ramah terhadap manusia. Meskipun penampilannya terlihat menyeramkan karena ukurannya sangat besar, mulut lebar, dan kebiasaannya menyedot saat makan, kamu tak perlu khawatir.

Pasalnya, hiu paus hanya memakan udang, plankton, dan ikan-ikan kecil. Hewan ini juga dilindungi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP RI) sejak 2013, menjadikannya sebagai daya tarik wisata yang aman dan menarik di Botubarani, Gorontalo.

Jika kamu tertarik melihat hiu paus di Botubarani, Gorontalo, ada waktu-waktu tertentu yang disarankan supaya dapat berjumpa dengan mereka. Yuk, simak baik-baik informasinya di bawah ini! 

1. Lokasi melihat hiu paus

Potret hiu paus di Botubarani, Gorontalo (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Pantai Botubarani di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, merupakan lokasi utama untuk melihat hiu paus. Waktu tempuhnya cukup dekat, hanya sekitar 30 menit dari pusat Kota Gorontalo, kamu sudah bisa mencapai tempat ini.

Menariknya, wisatawan tidak perlu pergi ke laut lepas untuk bertemu dengan hiu paus. Hewan-hewan ini bisa ditemukan hanya sekitar 25 meter dari bibir pantai. Bahkan, kamu bisa berenang langsung dari pantai menuju spot mereka.

2. Waktu terbaik melihat hiu paus

Potret melihat hiu paus di Botubarani, Gorontalo (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Jika kamu ingin melihat hiu paus di Botubarani, sebaiknya datanglah pada waktu tertentu. Hiu paus paling banyak terlihat antara Mei hingga Juli.

Pada periode ini, seringkali lebih dari satu hiu paus muncul di sekitar pantai. Bahkan, pernah ada momen di mana empat hiu paus terlihat bersamaan, menciptakan pemandangan luar biasa bagi wisatawan.

Baca Juga: 5 Wisata Pantai di Gorontalo Utara yang Wajib Dikunjungi, Menakjubkan!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya