TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Situs UNESCO Paling Fotogenik di Asia, Ada Candi di Indonesia

Tertarik memotret di situs yang mana?

Potret Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah (borobudurpark.com)

Benua Asia memiliki banyak negara dengan daya tarik wisata yang beragam. Dari kuliner, budaya, sejarah, hingga wisatanya, semua menawarkan aktivitas menarik bagi para pelancong, khususnya penggemar fotografi. 

Setiap sudut benua ini menyimpan situs-situs warisan dunia yang diakui The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), dengan keindahan serta keunikannya masing-masing. Jika kamu mencari latar belakang yang sempurna untuk foto liburan, situs-situs di Asia ini wajib masuk ke dalam bucket list liburanmu.

Melansir dari timesofindia, berikut 10 situs UNESCO di Asia yang paling fotogenik, termasuk salah satu candi paling ikonik di Indonesia.

1. Angkor Wat, Kamboja

ilustrasi kompleks candi Angkor Wat, Kamboja (wikimedia.org/Jakub Hałun)

Angkor Wat di Kamboja merupakan salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia. Situs candi seluas 1.626.000 meter persegi ini tampak menakjubkan saat menjelang sunrise.

Memiliki ukiran yang rumit, parit yang luas, dan kompleks candi yang mengagumkan. Angkor Wat menawarkan banyak spot untuk mengambil foto yang keren, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

2. Taj Mahal, India

Taj Mahal, India (commons.m.wikimedia.org)

Taj Mahal sering disebut salah satu bangunan paling ikonik di dunia. Monumen di India ini identik dengan eksterior marmer serba putih bersih. Di sekitarnya, terdapat taman yang indah dan sempurna. Dilengkapi area kolam, menawarkan pemandangan estetik untuk diabadikan.

3. Tembok Besar China

potret Tembok Besar China yang masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia Baru (commons.wikimedia.org/Jakub Hałun)

Tembok Besar China, salah satu bangunan buatan manusia terpanjang di dunia ini membentang 21.000 kilometer. Bentuknya berkelok-kelok melewati pegunungan dan medan terjal. Uniknya, beberapa orang mengklaim tembok itu dapat dilihat dari luar angkasa, padahal hal tersebut tidak benar.

4. Bagan, Myanmar

Bagan, Myanmar (commons.m.wikimedia.org)

Cara terbaik untuk menjelajahi Bagan adalah dari atas udara. Saat mengunjungi Bagan, cobalah naik balon udara untuk melihat pemandangan wilayah ini dari atas. Keindahannya sungguh menakjubkan.

Dataran luas Bagan dihiasi dengan ribuan kuil kuno dengan berbagai bentuk dan ukuran. Waktu terbaik naik balon udara adalah saat pagi hari.

5. Candi Borobudur, Indonesia

Candi Borobudur. (Dok. InJourney).

Candi Borobudur merupakan candi dan monumen Buddha terbesar di dunia. Monumen ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar. Candi ini memiliki ratusan patung Buddha, stupa berbentuk lonceng, dan relief rumit yang bisa menghasilkan potret yang menawan.

6. Halong Bay, Vietnam

ilustrasi Teluk Halong (Pixabay.com/cat7397)

Perjalanan kamu ke Vietnam tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Halong Bay yang tersohor. Perairan zamrud di teluk ini dihiasi pulau-pulau batu kapur yang menjulang tinggi, sehingga menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto liburan kamu.

Baca Juga: 10 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Dianggap Paling Indah

7. Monumen Bersejarah Kyoto Kuno, Jepang

Monumen Bersejarah Kyoto Kuno, Jepang (japan.travel)

Monumen Bersejarah Kyoto Kuno di Jepang dipenuhi kuil-kuil bersejarah, yang dihiasi dengan gerbang torii merah. Spot ini wajib kamu kunjungi kalau ingin hunting foto yang ciamik! Ketika musim semi, kuil-kuil, taman-taman, dan arsitektur tradisional kota ini menjadi lebih memesona, dikelilingi bunga sakura yang bermekaran.

8. Petra, Yordania

Petra, Yordania (pixabay.com/chiemseherin)

Petra, salah satu kota kuno di Yordania ini juga dikenal sebagai Kota Mawar. Bangunan di sana diukir di tebing berbatu pasir warna merah dan merah muda yang cerah. Ini termasuk salah satu situs arkeologi paling dramatis di dunia.

Dari lorong sempit yang mengarah ke situs tersebut, hingga karya arsitektur yang unik, Petra bisa menjadi destinasi yang tak terlupakan. Salah satu bangunan ikonik yang fotogenik di sana adalah Treasury.

9. Sawah Terasering Banaue, Filipina

Sawah Terasering Banaue, Filipina (pixabay.com/lester56)

Sawah Terasering Banaue dibentuk di pegunungan Ifugao oleh para leluhur penduduk lokal. Situs ini lebih dari sekadar lahan pertanian. Bahkan, sawah terasering ini merupakan keajaiban teknik pertanian. Lereng hijaunya di sawah ini sangat fotogenik.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya