TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Etika Wisata ke Vietnam yang Wajib Kamu Pahami, Hormati Budayanya!

Jangan bermesraan di depan umum, ya!

Ilustrasi wisata di Ba Na Hills, Vietnam (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Vietnam menjadi salah satu destinasi populer di ASEAN yang memikat para wisatawan dengan keindahan alamnya, kekayaan budaya, dan kisah sejarah yang memikat. Dari wisata urban yang unik di Ho Chi Minh hingga perbukitan hijau di Sa Pa, setiap sudut Vietnam menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Namun, untuk menikmati pesona Vietnam sepenuhnya, penting bagi para wisatawan untuk memahami dan menghormati etika lokalnya. Mengunjungi negara ini bukan hanya soal mengagumi lanskap dan mencicipi kulinernya, tetapi juga tentang menghargai tradisi, kebiasaan, dan kehidupan sehari-hari penduduk setempat.

Jika kamu baru pertama kali datang ke Vietnam, mengetahui adat istiadat setempat dapat membantu kamu berinteraksi dengan orang-orang di sana. Berikut beberapa etika wisata ke Vietnam yang harus kamu ketahui. 

1. Etika mengunjungi kuil dan rumah

Ilustrasi kuil di Vietnam (unsplash.com/@jackyoung)

Saat mengunjungi kuil, gunakan pakaian sopan, serta selalu lepas sepatu dan topi. Kamu boleh membawa sepatu, tetapi jangan dibawa masuk ke dalam kuil.

Jika kamu berkunjung ke rumah orang Vietnam, biasanya mereka memiliki altar atau persembahan keagamaan. Jadi, jangan sampai melangkahi altar tersebut atau berjalan tepat di depannya.

2. Bertanya sebelum memotret seseorang

ilustrasi turis memotret di keramaian (unsplash.com/jakobowens1)

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa kamu abadikan di Vietnam. Sebenarnya, kamu bisa saja memotret apa pun di sana, tetapi hormati privasi mereka dan selalu bertanyalah sebelum mengambil foto.

Sikap seperti ini menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa hormat kepada sesama, terutama kepada orang lokal. Dengan  begitu, mereka juga akan ramah dan mudah menerima permintaan kamu untuk difoto. 

3. Perhatikan etika makan ala Vietnam

Ilustrasi makan bersama keluarga (freepik.com/freepik)

Waktu makan bagi orang Vietnam adalah tentang kebersamaan. Oleh karena itu, sebagian besar makanan disajikan dalam berbagai macam hidangan, dengan nasi kecil dalam mangkuk dan sumpit untuk setiap orang.

Nah, jika kamu sedang makan bersama orang-orang Vietnam, berikan piring di meja dengan kedua tangan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan piring atau mangkuk dengan tangan kanan dan pegang sendok di tangan kiri, terutama jika akan makan sup.

Di sebagian besar pertemuan sosial, orang yang mengundang adalah orang yang membayar tagihannya. Jika tidak, orang yang paling senior yang membayar.

4. Bersikap ramah dengan ucapan sederhana

ilustrasi orang Vietnam (unsplash.com/Patrick McGregor)

Masyarakat Vietnam adalah orang yang suka bersenang-senang, tetapi mereka juga sangat bangga dengan tradisi yang mengakar dan etika pekerja keras. Beberapa orang Vietnam mungkin waspada terhadap orang asing, yang mungkin bisa bertindak berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya bersikap ramah dan tersenyum kepada mereka, terutama ketika kamu tidak bisa berbahasa Vietnam. Cukup memberikan ucapan sederhana, seperti menyapa seseorang ucapkan xin chao yang berarti halo, atau cam on yang berarti terima kasih.

Baca Juga: 10 Wisata Dekat Bandara Da Nang Vietnam, Ada yang Gratis Lho!

5. Jangan menunjuk atau menepuk seseorang

ilustrasi orang menunjuk (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Etika lain yang harus kamu perhatikan adalah penggunaan isyarat tangan. Sebaiknya hindari menunjuk, menepuk punggung orang, terutama jika mereka lebih tua dari kamu. Saat kamu ingin memberikan sesuatu, gunakan tangan kanan atau kedua tangan, bukan hanya satu tangan atau tangan kiri.

6. Berpakaian yang pantas

Ilustrasi wisata di Ba Na Hills, Vietnam (IDN Times/Dhiya Awlia Azzahra)

Saat liburan ke Vietnam, sebaiknya gunakan pakaian yang pantas. Mengenakan baju atau celana yang membuat pakaian dalam terlihat jelas atau pakaian minim akan dinilai tidak menghormati mereka. Kamu akan dianggap menunjukkan rasa hormat terhadap adat istiadat Vietnam, jika mengenakan pakaian sopan dan tidak menyinggung perasaan penduduk setempat.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya