TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Wisata Pantai di Pulau Semau-NTT yang Wajib Dikunjungi

Pantai pasir putih siap memanjakan mata, bikin rileks

Pantai Uinian, Semau, NTT (google.com/maps/Nurnaeni Rais)

Pulau Semau merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Timor, Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Kupang. Jarang diketahui orang, Pulau Semau ternyata menyimpan panorama indah yang pastinya memanjakan setiap pengunjung yang datang, salah satunya adalah wisata pantai.

Terkenal memiliki pantai pasir putih, tak heran jika Pulau Semau menjadi destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika suatu saat kamu berkesempatan mengunjungi NTT, khususnya di Kupang, maka Pulau Semau bisa menjadi pilihanmu untuk liburan dan refreshing. Berikut wisata pantai di Pulau Semau NTT yang wajib kamu kunjungi. Catat, ya!

1. Pantai Onanbalu

Pantai Onanbalu, Semau, NTT (google.com/maps/Martin Hardiono)

Pantai Onanbalu terletak di Desa Bokonusan, Kecamatan Semau – Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari dermaga, pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 45 menit. Pantai Onanbalu menawarkan panorama indah dengan pasir putih halus yang cocok untuk bersantai bersama keluarga. Air laut yang jernih juga mampu menyegarkan badan jika kamu berniat mandi di sana. 

Bagi kamu pemburu sunset, pantai ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memukau. Siapkan gadget terbaikmu untuk memotret keindahan pantai di sana. Selain kamu disuguhi pemandangan pantai, kamu juga akan diperlihatkan dengan kondisi pedesaan dengan warga yang mayoritas beternak. 

2. Pantai Liman

Pantai LIman, Semau, NTT (google.com/maps/Noverius Nggili)

Bisa dibilang, Pantai Liman merupakan wisata pantai paling populer di Pulau Semau, NTT. Kalau mendengar kata Semau, pikiran orang akan langsung tertuju pada pantai ini. Terletak di Desa Uitiuh Tuan, Kecamatan Semau Selatan, Kabupaten Kupang NTT, Pantai Liman ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang indah. Di sekitar pantai masih terdapat pohon lontar yang menghiasi.  

Salah satu ikon di pantai ini adalah Bukit Liman yang memiliki tinggi sekitar 100-150 mdpl, yang juga menjadi lokasi yang dapat dikunjungi pengunjung untuk melihat pemandangan secara lebih luas.

Pantai Liman juga menawarkan keindahan matahari terbenam yang indah dan sebagai lokasi untuk foto pre wedding. Karena ini pantai yang populer, maka terdapat berbagai fasilitas, seperti lopo, resto, warung, dan penginapan bagi pengunjung yang datang. 

3. Pantai Uiasa

Pantai Uiasa, Semau, NTT (google.com/maps/Wishnu E. W.)

Dinamakan Uiasa karena pantai ini terletak di Desa Uiasa, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang. Dari dermaga, kamu hanya perlu 10-12 menit untuk sampai di pantai ini dengan akses jalan yang cukup baik. Keindahan pantai ini adalah pasirnya yang putih kecokelatan, air yang jernih, dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Di sekitar pantai juga terdapat pohon-pohon rindang yang bisa menjadi tempat perteduhan. Selain itu kamu juga bisa nge-camp di sekitar pantai dengan tarif yang relatif murah. Pantai Uiasa juga cocok bagi kamu yang suka snorkeling dan menyelam, lho.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Terindah di Nusa Tenggara Timur, Memesona!

4. Pantai Otan

Pantai Otan, Semau, NTT (google.com/maps/Isnan Wijarno)

Terletak di Desa Otan, pantai Otan dapat menjadi pilihan untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa. Pasir putih yang memanjakan mata, air laut yang jernih yang mampu menyegarkan akan kamu rasakan ketika berkunjung ke sini. Jangan takut kepanasan sebab sudah tersedia lopo-lopo sebagai tempat berteduh.

Selain itu, wisata pantai ini juga menyediakan resto, cafe, dan penginapan bagi pengunjung yang datang. Pantai Otan dapat dinikmati pada waktu apa saja, baik pagi, siang maupun sore menjelang malam. Yang pasti, kamu gak akan menyesal kalau berwisata ke sini. 

5. Pantai Uinian

Pantai Uinian, Semau, NTT (google.com/maps/Nurnaeni Rais)

Salah satu pantai indah yang jaraknya tidak jauh dari Pantai Liman adalah Pantai Uinian. Terletak di Desa Uiboa, Kecamatan Semau Selatan, pantai ini merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan tak kalah dari pantai lainnya di Pulau Semau.

Pantai Uinian memiliki garis pantai yang panjang dan berpasir putih. Yang menarik adalah kamu akan menemukan banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi dengan bukit-bukit karang yang makin memperindah kondisi geografis pantai ini.

Waktu terbaik pantai ini bisa kamu nikmati kapan saja. Akan tetapi, panorama sunset pantai ini bisa dikatakan terbaik. Apalagi kalau kamu memotret dari belakang pohon kelapa, kamu akan mendapatkan hasil foto menakjubkan dengan siluet pohon kelapa yang menjulang. 

6. Pantai Batuinan

Pantai Batuinan, Semau, NTT (google.com/maps/Denver Lodo)

Pantai Batuinan terletak di Desa Batuinan, Kecamatan Semau. Pantai ini terus dalam tahap perkembangan agar banyak dikunjungi mengingat pantai ini kurang begitu populer. Padahal keindahan yang ditawarkan pantai ini tak kalah menakjubkan dari pantai lain dengan pasir putih halusnya.

Momen terbaik menikmati pantai ini adalah sore menjelang malam. Kamu yang suka berburu sunset jangan melewatkan kesempatan. Bersantai sambil menunggu sunset adalah kegiatan terbaik. Kamu juga bisa berfoto untuk memamerkannya di media sosial. 

Verified Writer

Arya Sarimata

When life get you down, you know what you gotta do? Just keep swimming.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya