TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Wisata Impian Para Potterhead, Lanskapnya bak Bukan Dunia Nyata!

Ini waktunya kamu napak tilas dunia Harry Potter

ilustrasi Kastil Hogwarts (unsplash.com/jmeguilos)

Siapa yang tak mengenal film seri Harry Potter (2001—2011)? Film yang mengangkat cerita kehidupan seorang penyihir di dunia sihir ini karya penulis ternama, J.K. Rowling.

Harry Potter sukses mencuri perhatian banyak orang dunia. Tingginya popularitas film tersebut, membuat Potterhead, sebutan penggemar Harry Potter, tertarik dengan dunia sihir yang ada dalam cerita.

Harry Potter berlatar dunia gaib dan fiksi yang terletak di Britania Raya, Inggris. Meskipun beberapa latar dari cerita dibuat di studio Warner Bros da Leavesden, tetapi beberapa adegan terkenal dari film juga diambil di lokasi nyata dengan alam indah, lho.

Dari jalanan indah di London dan Oxford hingga pemandangan Skotlandia yang menakjubkan, tempat wisata ini impian para Potterhead. Kamu jadi salah satunya, kan?

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting Emily in Paris di Roma Italia, Artistik dan Estetik!

1. Warner Bros Studios, Leavesden Set Tour Hertfordshire, Inggris

illustrasi Warner Bros Studio, Leavesden Set Tour Hertfordshire, Inggris (unsplash.com/troyjarrell)

Dunia sihir yang ada di film Harry Potter memang sangat indah. Beberapa latar selama syuting sering dilakukan di Leavesden Studios, Hertfordshire. Misalnya, kantor Dumbledore, aula besar Hogwarts, Diagon Alley, hingga rumah Dursley di Privet Drive. Setelah proses syuting telah selesai, Warner Bros. membuka tempat ini sebagai studio khusus untuk para pencinta film Harry Potter.

Jika kamu Potterhead, kamu tidak boleh melupakan studio ini di London, Inggris. Selain melihat lokasi syuting film yang ikonik, kamu juga bisa bermain seperti menggunakan sihir. Di studio ini kamu bisa mempelajari efek khusus yang menghidupkan makhluk ajaib serta melihat kostum asli pemain Harry Potter, lho!

2. Alnwick Castle, Inggris

foto Alnwick Castle, Inggris (pixabay.com/pia)

Berdiri sejak 950 Masehi, Alnwick Castle merupakan kastil berpenghuni terbesar kedua di Inggris. Kastil ini menjadi latar film Harry Potter and the Philosopher’s Stone (2001). Harry Potter and the Chamber of Secrets (2002) juga menggunakan Alnwick Castle sebagai latarnya.

Alnwick Castle digunakan sebagai sekolah Sihir Hogwarts yang ajaib di dalam film. Kebun Istana luar Kastil Alnwick adalah tempat Harry dan teman-temannya belajar sapu terbang pertama kali. Selain itu, kastil ini juga muncul saat Harry memperlajari aturan-aturan olahraga sihir Quidditch.

3. Leadenhall Market, Inggris

foto Leadenhall Market, London (pixabay.com/fietzfotos)

Leadenhall Market mungkin paling dikenal sebagai salah satu pasar Victoria yang paling menakjubkan di London. Pasar era Victorian ini menjadi salah satu pasar terindah di Inggris.

Leadenhall Market juga menjadi latar adegan saat Harry Potter dan Hagrid berbelanja tongkat sihir dan saat Hagrid membeli Hedwig. Selain itu, Leadenhall Market muncul di film ke-4, Harry Potter and the Goblet of Fire (2005). Jika kamu memperhatikan, salah satu toko di pasar ini digunakan sebagai pintu masuk ke Leaky Cauldron di 42 Bull's Head Passage, karena pintu birunya juga digunakan untuk syuting adegan di Harry Potter ke-4.

Baca Juga: 4 Aktor Pemeran Albus Dumbledore dalam Film Harry Potter

4. Kereta Uap Jacobite, Skotlandia

foto Kereta Uap Jacobite, Skotlandia (unsplash.com/woolyart)

Tahukah kamu di mana adegan kereta menuju Hogwarts yang ikonik itu berada? Yap, sebagai Potterhead, kamu bisa mencoba pengalaman menggunakan Hogwarts Express tersebut. Pengalaman itu bisa didapatkan dengan mencoba Jacobite Steam Train atau kereta uap Jacobite di Skotlandia.

Kau bisa menaiki Kereta Uap Jacobite dari Fort William hingga Mallaig. Selain menemukan jembatan ikonik Glenfinnan dengan lengkungan 21 dan lokasi lain yang terkenal dalam Harry Potter, kamu juga dapat menikmati pemandangan indah dataran tinggi skotlandia, lho!

5. Clachaig Gully, Glencoe, Skotlandia

foto desa Glencoe, Skotlandia (pexels.com/Geert Rozendom)

Tempat ikonik lainnya adalah Hagrid’s Hut atau Gubuk Hagrid. Gubuk ini berdiri di Glencoe, Skotlandia. Gubuk Hagrid menjadi tempat pelarian Harry, Ron dan Hermoine dalam Harry Potter and the Chambers of Secret dan Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004).

Meskipun gubuk dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban sudah tidak ada lagi di Clachaig Gully, tempat ini akan tetap membuat kamu terpesona dengan alamnya yang luar biasa. Clachaig Gully dapat diakses melalui jalur alam yang indah. Kamu dapat menikmati keindahan lanskap terjal Skotlandia selama pendakian.

6. Loch Etive, Argyll dan Bute, Skotlandia

foto Loch Etive, Skotlandia (unsplash.com/cobaltshirt)

Dikelilingi pedesaan dan pegunungan yang dramatis, Loch Etive di Skotlandia dapat dilihat di Harry Potter and the Deathly Hallows Part 1 (2010) dan Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2 (2011). Di sinilah Harry, Hermione, dan Ron melakukan perjalanan berkemah dan ketiga mereka melompat dari punggung naga setelah melarikan diri dari Gringotts.

Keenam lokasi ikonik ini bisa buat kamu bernostalgia dengan dunia sihir Harry Potter. So, jika kamu berkesempatan berpergian ke Eropa, jangan lupa untuk menapaktilasi tempat-tempat khas Harry Potter ini, ya. Mau ke mana dulu, nih?

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting Film Deadpool & Wolverine Paling Ikonik

Verified Writer

Ari Nabila

An amateur Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya