TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Wisata Pantai Terbaik di Mandalika, Belum Banyak Dikunjungi!

Surga bagi wisatawan yang mencari kedamaian dan ketenangan 

Lombok, Indonesia (freepik.com/ wirestock)

Di sepanjang sisi pantai selatan Pulau Lombok yang indah membentang hamparan pantai pasir putih yang panjang dan lebar menghadap ke Samudera Hindia yang berkilauan. Ini adalah Mandalika, yang dulunya sangat dirahasiakan oleh para peselancar, sekarang telah muncul sebagai pusat destinasi populer di pulau itu.

Kawasan resor terpadu di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat Indonesia ini terkenal dengan pantainya yang mempesona dan pemandangan alam yang dapat menyembuhkan. Mandalika memiliki beberapa pantai paling terkenal di Lombok, termasuk Tanjung Aan, Kuta, dan Pantai Seger.

Penasaran seperti apa panorama di sederet pantai tersebut? Langsung intip ulasannya di bawah ini, ya!

1. Pantai Kuta

potret Pantai Kuta dari atas (instagram.com/ pesonaid_travel)

Pantai Kuta memang memiliki nama yang serupa dengan salah satu pantai terkenal di Bali. Jika  Pantai Kuta di Bali begitu populer dan ramai, maka wisatawan akan tercengang saat sampai di Pantai Kuta Lombok. Terletak di bagian selatan Lombok, pantai bercahaya ini memiliki pasir putih yang jauh lebih bersih dan garis pantai yang lebih bergelombang dengan terumbu karang yang sehat yang menciptakan tampilan yang dramatis.

Lokasinya yang belum banyak diserbu wisatawan menjadikan pantai ini ideal untuk berbagai macam aktivitas wisata pantai. Di sini wisatawan dapat memilih untuk melakukan banyak kegiatan, seperti snorkeling, berselancar, atau hanya berjemur di pantai sambil bersantai tanpa terganggu oleh banyak orang.

Dari Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat di Pulau Lombok, untuk mencapai pantai ini perlu berkendara sekitar 72 km atau sekitar 90 menit. Jadi, kamu disarankan untuk menyewa mobil atau mengikuti tur untuk mencapai Pantai Kuta ini, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Pantai Ngurbloat Maluku, Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia

2. Pantai Seger

potret Pantai Seger dari atas bukit (instagram.com/ bqangii.eyyyy)

Saat berkunjung ke Pantai Kuta, pastikan untuk menyempatkan diri bergeser ke Pantai Seger. Pantai ini terletak hanya sekitar 2km dari arah timur Pantai Kuta. Pantai ini juga cukup sepi karena belum diketahui banyak orang. Pantai ini merupakan spot sempurna untuk berenang, berselancar, berjemur, dan pastinya melihat matahari terbenam.

Pantai Seger disebut ideal bagi wisatawan yang menyukai snorkeling dan berenang. Setiap bagian pantai sangat cocok untuk olahraga air yang tenang. 

3. Pantai Tanjung Aan

potret spot foto Pantai Tanjung Aan (instagram.com/ nysazain)

Pantai ini terkenal akan pasir putihnya yang tidak biasa. Banyak yang menyebut pasir pantai ini seperti merica. Pasir putihnya memiliki tekstur yang unik karena terbentuk dari formasi fosil karang di sekitar pantai. Pantai Tanjung Aan dikelilingi oleh beberapa bukit dan wisatawan bisa mendapatkan akses mudah ke perbukitan untuk melihat pemandangan Pantai Tanjung Aan dari tingkat yang lebih tinggi.

Pantai ini sangat cocok bagi yang mencari pantai yang sempurna untuk berenang atau snorkeling karena ombak yang mengalir lancar dengan ketinggian sedang. Menjelang sore hari, saat ombak meninggi, Pantai Tanjung Aan akan menjadi tempat berkumpulnya para peselancar. Akses menuju kawasan ini cukup mudah karena bisa ditempuh menggunakan mobil atau sepeda motor.

4. Pantai Mawun

potret pesona Pantai Mawun (instagram.com/ ululvavaaaa)

Pantai ini terletak di antara Pantai Selong Belanak dan Pantai Kuta. Jika masuk ke pantai ini dengan melewati Selong Belanak, kamu harus melewati jalan yang kurang bagus sekitar 9 km sebelum mencapai kawasan pantai. Pantai ini juga tidak begitu ramai dan memiliki pemandangan yang indah. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan damai.

Pantai ini memiliki bentuk unik seperti tapal kuda dengan kedalaman air dan kekuatan ombak yang berbeda-beda. Harus ekstra hati-hati untuk berenang di sini. Kendati airnya relatif tenang dan cukup dangkal, pada bagian tengah airnya cukup dalam dengan gulungan ombak yang cukup kuat.

Bila ingin aktivitas yang berbeda, cobalah mendaki bukit di kedua sisi ujung pantai. Panorama dari atas bukit yang menghadap langsung ke Samudera Hindia tentunya menyajikan keindahan tersendiri.

Baca Juga: Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dimulai 4 Maret 2022

Verified Writer

Anisa Destya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya