TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Tidak Dapat Gratis Ongkir di TikTok Shop? Cek di Sini

Pahami dulu syarat dan ketentuannya

ilustrasi membuka aplikasi TikTok (pexels.com/cottonbro studio)

Selain menawarkan berbagai produk menarik, TikTok Shop juga sering memberikan banyak promo menarik. Salah satu promo yang paling ditunggu adalah voucher gratis ongkir. Promo ini bisa kamu manfaatkan untuk menghemat biaya pengiriman belanjaanmu.

Namun sayangnya, meski promo ini ada, tidak semua pembeli bisa langsung menikmatinya. Kenapa tidak dapat gratis ongkir di TikTok Shop padahal sudah mengklaim voucher-nya? Simak alasan voucher gratis ongkir di TikTok Shop tidak berlaku dalam uraian berikut ini, yuk!

1. Kenapa tidak dapat gratis ongkir di TikTok Shop?

ilustrasi belanja di TikTok Shop (pexels.com/cottonbro studio)

Ketika belanja di TikTok Shop, mungkin kamu pernah bertanya-tanya kenapa tidak mendapatkan gratis ongkir meskipun promo sedang berlangsung. Ternyata, ada beberapa alasan menjadi penyebab promo ini tidak bisa kamu gunakan.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa tidak dapat gratis ongkir di TikTok Shop yang perlu kamu ketahui:

1. Syarat minimum pembelian tidak terpenuhi

Gratis ongkir sering kali hanya berlaku dengan syarat kamu memenuhi minimum pembelian produk dalam jumlah tertentu. Misalnya, beberapa toko memberlakukan aturan bahwa kamu harus membeli produk dengan nilai total minimal Rp100 ribu untuk mendapatkan gratis ongkir. Jika pembelian kamu kurang dari jumlah tersebut, otomatis promo tidak akan berlaku.

2. Promo gratis ongkir terbatas pada wilayah tertentu

Promo gratis ongkir sering kali hanya berlaku di wilayah atau kota tertentu. Jika kamu tinggal di daerah yang tidak tercakup dalam promo, maka kamu tidak akan bisa menikmati promo ini. Hal ini bisa terjadi jika penjual menetapkan wilayah pengiriman yang spesifik, seperti hanya untuk Pulau Jawa atau kota besar lainnya saja yang dapat menikmati promo gratis ongkir.

3. Masa berlaku promo sudah habis

Perlu diketahui juag bahwa promo gratis ongkir di TikTok Shop biasanya memiliki batas waktu tertentu. Jika masa promonya sudah berakhir, kamu tidak akan bisa menggunakan kupon gratis ongkir lagi. Jadi, perhatikan baik-baik tanggal mulai dan berakhirnya promo saat berbelanja.

4. Toko tidak berpartisipasi dalam promo

Tidak semua toko di TikTok Shop ikut serta dalam program gratis ongkir. Beberapa penjual mungkin memilih untuk tidak menyediakan layanan ini, baik karena alasan biaya pengiriman yang mahal atau kebijakan internal mereka. Biasanya, informasi ini disampaikan di laman toko tersebut atau kupon gratis ongkir tidak akan muncul di produk tersebut.

5. Produk tidak termasuk dalam promo gratis ongkir

Promo gratis ongkir sering kali hanya berlaku untuk produk tertentu. Jika produk yang kamu beli tidak termasuk dalam daftar barang yang mendapat gratis ongkir, maka kamu tetap akan dikenakan biaya pengiriman. Jadi, pastikan kamu memeriksa barang yang ingin dibeli memang masuk dalam kategori promo yang sedang berlangsung atau tidak, ya.

Baca Juga: Daftar Harga Servis HP Mati Total Terlengkap 2024

2. Cara mendapat gratis ongkir di TikTok

tampilan laman pembelian produk di TikTok Shop (IDN Times/Uswatun Khasanah)

Pertama, kamu perlu mengklaim kupon agar dapat gratis ongkir saat berbelanja di TikTok Shop. Kupon atau voucher ini biasanya tersedia pada banner kecil yang muncul di sisi kanan layar.

Setelah mengklaim voucher gratis ongkir, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi TikTok di ponselmu
  2. Pilih menu "Shop" yang ada di bagian bawah layar
  3. Cari produk yang ingin dibeli, lalu klik produk tersebut
  4. Tekan tombol tombol "Buy now" untuk lanjut ke step berikutnya
  5. Pastikan kolom alamat dan nama penerima sudah terisi lengkap
  6. Selanjutnya, gulir ke bawah sampai bagian "Platform discount"
  7. Tekan tombol panah ke kanan untuk menerapkan kupon
  8. Pilih kupon gratis ongkir yang sudah diklaim sebelumnya
  9. Pilih metode pembayaran yang diinginkan
  10. Kemudian, klik tombol "Place order" untuk finalisasi pemesanan.

Sekarang kamu tahu kenapa tidak dapat gratis ongkir di TikTok Shop, kan? Jadi, pastikan selalu cek syarat dan ketentuan sebelum berbelanja, ya. Kamu juga bisa manfaatkan promo lainnya seperti cashback maupun diskon harga di TikTok Shop untuk berbelanja lebih hemat.

Baca Juga: Daftar Harga Gift TikTok Terbaru 2024, Berapa yang Termahal?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya