TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Menghapus Komunitas di WA, Antiribet!

Kamu sudah tahu?

ilustrasi membuka aplikasi WhatsApp (unsplash.com/Amanz)

Pernahkah kamu merasa terbebani oleh fitur komunitas di WhatsApp yang tidak lagi kamu butuhkan? Jika iya, kamu tidak sendirian. Sebab, berbagai obrolan yang tidak lagi relevan sering kali mengganggu dan membuat notifikasi menjadi penuh.

Sebenarnya, kamu bisa mengurangi gangguan dengan menghapus komunitas tersebut. Cara menghapus komunitas di WA pun bisa bisa dilakukan dengan mudah tanpa aplikasi tambahan. Penasaran bagaimana caranya? Simak panduan lengkapnya berikut ini!

1. Bagaimana cara menghapus komunitas di WA?

ilustrasi menghapus komunitas di WA (unsplash.com/Christian Wiediger)

Pada dasarnya, akses untuk menghapus komunitas di WA hanya dimiliki oleh pembuat komunitas tersebut. Jika kamu hanya terdaftar sebagai member atau anggota, maka kamu hanya dapat keluar atau menonaktifkan komunitas WA tersebut. Ketika kamu keluar, kamu juga akan kehilangan akses pada seluruh pada grup yang ada di dalam komunitas tersebut.

Cara keluar komunitas maupun menghapus komunitas di WA bisa dilakukan dengan mudah. Keduanya bisa kamu lakukan dari aplikasi WhatsApp yang terpasang di smartphone-mu. Berikut langkah-langkahnya:

Cara keluar komunitas WA di Android dan iOS

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu
  2. Klik bagian tab Komunitas WA atau WA Community
  3. Selanjutnya, pilih Komunitas WA yang tidak ingin kamu ikuti
  4. Kemudian, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar
  5. Beikutnya, pilih opsi “Info Komunitas”
  6. Setelah itu, gulir layar ke bawah
  7. Terakhir, pilih opsi “Keluar dari Komunitas”.

Cara menghapus atau menonaktifkan komunitas WA

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu
  2. Kemudian, klik bagian tab Komunitas WA
  3. Selanjutnya, pilih Komunitas yang ingin dihapus
  4. Berikutnya, klik “Info Komunitas”, lalu gulir ke bawah
  5. Setelah itu, pilih “Deactivate Community”.

2. Apa yang dimaksud komunitas di WA?

ilustrasi menggunakan WhatsApp (unsplash.com/Mourizal Zativa)

Komunitas di WA, atau sering disebut grup WhatsApp, merupakan fitur yang ditujukan bagi sekelompok orang untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dalam satu platform. Fitur ini memungkinkan anggota grup untuk bertukar pesan teks, gambar, video, maupun dokumen.

Dalam komunitas ini, pembuat komunitas atau biasa disebut admin grup, dapat mengatur siapa saja yang dapat bergabung dan berkontribusi. Admin grup juga memiliki wewenang dalam pengelolaan anggota dan konten yang dapat dibagikan, melansir laman WhatsApp Help Center.

Selain bertukar pesan, komunitas di WhatsApp juga mendukung fitur panggilan suara dan video untuk grup. Fitur ini membuat antar anggota dapat berkomunikasi secara berkelompok. Bisa dibilang, fitut ini mirip seperti fitur Meeting untuk rapat virtual di Zoom maupun Google Meet.

Keberadaan komunitas ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai aspek, seperti pendidikan, bisnis, dan juga hobi. Kini juga sudah banyak lembaga pendidikan yang menggunakan grup WA untuk menginformasikan kegiatan dan memberikan materi pembelajaran.

Di samping itu, komunitas WhatsApp sudah lazim digunakan sebagai media pemasaran digital dalam dunia bisnis. Grup WA juga sering dimanfaatkan untuk media berkomunikasi sehari-hari bagi internal antar tim dalam sebuah organisasi maupun institusi.

Jadi, itulah penjelasan terkait cara menghapus komunitas di WA. Mudah sekali, bukan? Semoga penjelasan di atas menjawab rasa penasaranmu, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tulisan Kosong di WhatsApp, Mudah dan Gratis

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya