TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Mengatasi HP Tidak Ada Suara, Jangan Panik!

Cobain satu per satu

ilustrasi HP tidak ada suara (unsplash.com/Josh Withers)

Tiba-tiba HP kamu tidak mengeluarkan suara saat menerima panggilan atau memutar musik? Banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah ini. Mulai dari pengaturan volume yang tidak sengaja berubah hingga masalah perangkat keras yang lebih serius.

Namun, gak perlu panik. Sebab, ada beberapa cara efektif yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini. Pada artikel ini, kita akan membahas cara mengatasi HP tidak ada suara yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Simak cara selengkapnya di bawah ini!

1. Cek pengaturan volume suara HP

ilustrasi tombol volume HP (unsplash.com/Arun Prakash)

Mengecek pengaturan suara bisa jadi cara mengatasi HP tidak ada suara yang pertama. Hal ini penting untuk memastikan bahwa volume ponselmu tidak dalam kondisi nol. Untuk melakukan cara ini, kamu cukup menekan tombol volume atau volume slider yang ada pada menu pengaturan suara. Setelah itu, coba putar konten audio maupun video untuk memastikan hasilnya.

2. Matikan mode senyap

ilustrasi ponsel dalam mode senyap (unsplash.com/Arun Prakash)

Cara mengatasi HP tidak ada suara lainnya adalah dengan mematikan mode senyap. Beberapa dari kamu mungkin terbiasa mengaktifkan mode senyap untuk mencegah suara notifikasi. Pengaturan ini ternyata juga bisa mengakibatkan suara tidak muncul saat memutar video, lho. Untuk mengatasinya, kamu cukup menonaktifkan mode senyap di ponselmu.

3. Atur volume video di aplikasi

ilustrasi menggunakan YouTube (unsplash.com/Szabo Viktor)

Pernah memutar video di YouTube lalu tidak terdengar ada suara yang muncul? Jangan panik dulu! Sebaiknya cek terlebih dahulu pengaturan suara pada pemutar konten video YouTube dalam kondisi mute atau tidak. Sebab, suara tidak akan pernah keluar meski kamu menaikkan volume hingga maksimal apabila pemutar video dalam kondisi di-mute.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Tombol Power HP Rusak, Dijamin Efektif!

4. Mulai ulang HP

ilustrasi me-restart HP (unsplash.com/OOI JIET)

Berikutnya, kamu bisa coba dengan menyalakan ulang atau me-restart HP bila tidak ada suara yang muncul. Biasanya, tidak munculnya suara pada ponsel bisa disebabkan adanya kesalahan pada sistem perangkat lunak. Oleh karena itu, kamu perlu memulai ulang HP agar sistem di dalamnya juga dapat disegarkan.

5. Bersihkan speaker HP

ilustrasi bagian speaker HP (unsplash.com/Arun Prakash)

Cek juga bagian speaker HP bila memungkinkan. Biasanya, speaker rentan terkena debu dan kotoran yang jika dibiarkan menumpuk akan menutup lubang pengeras suara. Alhasil, HP-mu tidak dapat mengeluarkan suara secara optimal seperti biasanya. Kamu bisa coba bersihkan bagian speaker HP dengan menggunakan cotton bud kering secara perlahan.

Baca Juga: 4 Cara Restart HP Oppo Tanpa Tombol Power

6. Beralih ke Safe Mode

ilustrasi beralih ke Safe Mode (unsplash.com/freestocks)

Terkadang, ada beberapa aplikasi penyebab bug atau virus yang membuat suara HP tidak muncul, lho. Untuk mengatasinya, kamu perlu menjalankan HP dalam safe mode untuk melihat adakah aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah.

Jika suara berfungsi normal dalam mode aman, segera uninstall aplikasi yang dicurigai menyebabkan gangguan tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya