TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Memperbaiki Tombol Power HP Rusak, Dijamin Efektif!

Jangan panik dulu

ilustrasi memegang ponsel (unsplash.com/Josh Withers)

Tombol power pada setiap ponsel bisa punya banyak peran. Namun, secara umum, fungsi utamanya sama, yakni untuk mengaktifkan kembali ponsel setelah mati, maupun sebaliknya. Oleh karena itu, sebisa mungkin tombol ini tidak boleh rusak agar tidak mengganggu fungsinya.

Akan tetapi, beberapa ponsel memang memiliki desain tombol dan material yang ringkih. Hal itu membuat risiko tombol power rusak pun lebih tinggi. Meski demikian, ada sejumlah cara memperbaiki tombol power hp rusak yang umum dilakukan. Berikut beberapa di antaranya.

1. Alihkan fungsi tombol power ke tombol volume

ilustrasi tombol volume (unsplash.com/Daniel Korpai)

Cara memperbaiki tombol power hp rusak yang pertama bisa dengan mengalihkan fungsi tombol Power ke tombol lainnya. Umumnya, tombol volume bisa dijadikan pengganti tombol Power dengan dukungan aplikasi ketiga.

Untuk memindahkan fungsi tombol Power pada tombol volume, kamu perlu mengunduh aplikasi Volume Power. Setelah selesai mengunduh, kamu perlu melakukan sejumlah pengaturan pada aplikasi tersebut hingga akhirnya tombol volume bisa menjalankan peran tombol Power.

2. Aktifkan fitur Double Tap to Wake

ilustrasi tampilan layar ponsel (unsplash.com/Shiwa ID)

Kamu juga bisa coba menyalakan ponsel dengan mengaktifakan fitur Double Tap to Wake. Namun, cara ini hanya dapat digunakan jika ponselmu memang dibekali fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa buka menu Pengaturan atau Settings. Lalu, pilih Tampilan dan aktifkan fitur Double Tap to Wake.

Cara lainnya bisa melalui Pintasan dan Aksesibilitas. Kemudian, pilih Gerakan Pintar dan klik Layar Hidup/Mati Otomatis, lalu aktifkan fitur Double Tap to Turn On dan Double Tap to Turn Off.

3. Aktifkan fitur Fingerprint atau Face Lock

ilustrasi fitur sensor Fingerprint (unsplash.com/Lukenn Sabellano)

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur pengunci Face Lock atau Fingerprint untuk mengaktifkan ponsel. Sayangnya, tidak semua hp dapat menerapkan cara ini. Hanya ponsel dengan fitur bawaan Fingerprint dan Face Lock saja yang dapat menerapkannya.

Tidak ada pengaturan khusus untuk mengaplikasikan fitur ini. Kamu cukup mengatur penguncian keamanan ponsel yang tadinya menggunakan PIN atau Pola menjadi Face Lock atau Fingerprint. Dengan begitu, setiap kamu membuka pengunci, ponsel akan otomatis menyala.

4. Manfaatkan fitur USB Debugging

ilustrasi mengunduh aplikasi (unsplash.com/freestocks)

Cara keempat yang bisa kamu coba adalah dengan memanfaatkan fitur USB Debugging. Fitur USB Debugging berguna untuk mengembangkan sistem dan aplikasi ponsel, khususnya pada sistem Android. Dengan fitur ini, kamu dapat mengaktifkan ponsel saat mati total. 

Caranya dengan mengunduh dan memasang aplikasi Minimal ADB dan Fastboot. Kemudian, tekan tombol volume bawah saat ponsel mati. Selanjutnya, buka aplikasi melalui PC dengan menyambungkan kabel USB ke ponsel. Pada pilihan Fastboot, klik Enter dan selesai.

Baca Juga: Cara Mematikan iPhone Tanpa Tekan Tombol Power, Bisa kok!

5. Coba sambungkan ponsel ke pengisi daya

ilustrasi mengisi daya ponsel (unsplash.com/Lasse Jensen)

Kalau beberapa cara di atas terlalu sulit untuk dilakukan, kamu bisa coba cara ini. Menyambungkan ponsel ke pengisi daya adalah cara paling mudah untuk menyalakan ponsel saat tombol Power rusak. Sebab, saat daya terisi, layar ponsel akan otomatis menyala.

Namun, cara ini dapat dilakukan ketika ponselmu tidak dalam keadaan mati total. Sebab, saat hp mati total atau kehabisan daya, layar ponsel tetap tidak akan menyala. 

6. Gunakan SIM Ejector

ilustrasi SIM ejector (unsplash.com/Andrey Matveev)

SIM ejector gak cuma berguna untuk mengeluarkan SIM tray saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk menggantikan peran tombol Power. Sebab, biasanya kerusakan tombol Power hanya pada bagian luarnya saja. Bagian dalamnya masih dapat berfungsi seperti biasa.

Oleh karena itu, kamu dapat manfaatkan SIM ejector untuk menekan bagian dalam tombol Power hp agar menyala. Selain SIM ejector, kamu juga dapat menggunakan jarum atau tusuk gigi untuk menekan bagian dalam tombol Power yang tidak terjangkau oleh jari tangan.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya