TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Kuota Lokal? Ini Arti dan Bedanya dari Kuota Utama

Pahami ketentuannya, ya

ilustrasi menggunakan kuota lokal untuk berinternet (unsplash.com/Onur Binay)

Kuota internet saat ini menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang, baik untuk keperluan pekerjaan, belajar, maupun hiburan. Seiring dengan hal itu, muncul berbagai jenis kuota yang mungkin membuatmu bingung. Salah satu istilah yang sering muncul adalah kuota lokal.

Sebenarnya, apa itu kuota lokal dan apa bedanya dari kuota utama? Yuk, pelajari lebih lanjut tentang perbedaan keduanya dalam artikel berikut!

1. Apa itu kuota lokal?

ilustrasi menggunakan kuota internet untuk browsing (unsplash.com/freestocks)

Kuota lokal adalah jenis kuota internet yang terbatas oleh lokasi dan hanya bisa digunakan di wilayah tertentu. Biasanya, jangkauan wilayah penggunaan kuota lokal tergantung area tempat kamu mengaktifkan kartu atau membeli paket internet tersebut.

Misalnya, kamu membeli kuota lokal di Jakarta, kuota tersebut hanya akan berfungsi saat kamu berada di Jakarta atau sekitarnya saja. Ketika kamu keluar dari wilayah tersebut, kuota lokal tidak bisa dipakai. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan kuota utama yang tidak terbatas oleh lokasi untuk kebutuhan mengakses internet.

2. Apa perbedaan kuota utama dan kuota lokal?

ilustrasi browsing (unsplash.com/Rob Hampson)

Apa bedanya kuota lokal dan kuota biasa? Kuota biasa juga disebut kuota utama atau kuota nasional. Perbedaan antara kuota utama dan kuota lokal terletak pada cakupan penggunaannya. Kuota utama menawarkan kebebasan penuh karena bisa digunakan di seluruh wilayah jaringan operator tanpa batasan lokasi sehingga cocok buat kamu yang sering bepergian.

Sebaliknya, kuota lokal hanya dapat dipakai di wilayah tertentu yang sesuai dengan lokasi aktivasi atau pembelian paket. Meskipun kuota lokal sering kali lebih murah, terbatasnya cakupan wilayah untuk menggunakannya membuatnya kurang fleksibel dibanding kuota utama. 

Baca Juga: 7 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat, Cek Sekarang!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya