TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 AI untuk Merangkum Artikel, Cepat dan Efisien

Banyak opsi selain ChatGPT, lho!

ilustrasi tampilan ChatGPT, AI untuk resume artikel (unsplash.com/Choong Deng Xiang)

Di era digital saat ini, informasi berkembang dengan sangat cepat. Setiap hari, kamu bisa menemukan ribuan artikel baru yang membahas berbagai topik dari seluruh dunia. Namun, membaca dan memahami semuanya tentu memakan banyak waktu.

Jika kamu ingin membaca banyak bacaan dalam waktu singkat, kamu bisa menggunakan AI untuk merangkum artikel untuk membantumu. Tersedia banyak pilihan situs AI yang bisa kamu coba untuk meringkas artikel. Berikut beberapa rekomendasi terbaiknya!

1. Scholarcy

tampilan dasbor Scholarcy (dok. Scholarcy)

Scholarly adalah situs yang mudah digunakan untuk mengatur informasi dengan rapi dalam bentuk kartu ringkasan. Alat ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya tampilan antarmuka yang modern dan mudah dipahami oleh pemula. 

Namun, meskipun Scholarly menawarkan banyak manfaat, ada beberapa kekurangan. Misalnya, kamu perlu membuat akun untuk bisa mengaksesnya. Selain itu, Scholarly juga membatasi beberapa fiturnya bagi pengguna yang tidak berlangganan layanannya.

2. SciSummary

tampilan dasbor SciSummary (dok. SciSummary)

SciSummary adalah situs AI untuk merangkum artikel yang berfokus pada meringkas makalah penelitian dengan presisi tinggi. Salah satu kelebihan SciSummary adalah kemampuannya meringkas artikel dari tautannya saja. Panjang ringkasannya pun dapat disesuaikan.

Gak cuma itu, SciSummary juga dapat menyederhanakan area penelitian di masa mendatang. Fitur ini bisa menjadi alat bagi pengguna untuk mencari ide penelitian yang berkelanjutan di masa depan. Sayangnya, penggunaan versi gratis situs ini dibatasi 10.000 kata per bulan.

3. Resoomer

tampilan dasbor Resoomer (dok. Resoomer)

Resoomer juga sangat efektif dalam merangkum teks panjang secara cepat. Algoritma AI untuk merangkum artikel situs ini dapat menganalisis semantik untuk hasil yang lebih relevan. Kamu pun dapat menyalin dan menempelkan teks atau URL untuk merangkum dengan situs ini.

Meskipun demikian, beberapa pengguna mungkin mengalami kendala dengan layanan pelanggan yang terkadang lambat. Meskipun isinya jelas, ringkasan yang dihasilkan versi gratis Resoomer kurang menarik. Kamu bisa berlangganan paket pro untuk mendapatkan kualitas ringkasan yang lebih baik.

Baca Juga: 7 AI untuk Merangkum Video YouTube, Cepat dan Mudah

4. SummarizingTool

tampilan SummarizingTool (dok. SummarizingTool)

SummarizingTool memiliki beberapa keunggulan. Kemampuannya menghasilkan rangkuman otomatis dari teks panjang dengan cepat cukup bisa diandalkan. Selain itu, tools ini juga mendukung berbagai jenis teks, dari artikel hingga laporan dalam berbagai konteks.

Namun, SummarizingTool juga ada kekurangannya. Hasil ringkasannya sering kali terlalu singkat dan kadang melewatkan detail penting dari konten aslinya. Terkadang, SummarizingTool juga tidak selalu bisa menangkap konteks yang lebih kompleks.

5. TLDR This

tampilan dasbor TLDR This (dok. TLDR This)

Opsi AI untuk merangkum artikel lainnya yang juga bisa kamu coba, yakni TLDR This. Situs ini bisa kamu gunakan untuk meringkas konten panjang menjadi bagian yang lebih singkat. Dengan begitu, sebuah artikel bisa lebih mudah kamu pahami.

Di samping itu, TLDR juga menawarkan ekstensi Chrome dan Firefox untuk kenyamanan tambahan. Namun, perlu dicatat bahwa versi gratisnya memiliki keterbatasan. Kamu bisa menikmati fitur yang lebih lengkap dengan berlangganan paket berbayar bulanan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Website Translate Akurat dan Tepercaya

6. Quillbot

tampilan dasbor Quillbot (dok. Quillbot)

Selanjutnya, kamu juga bisa gunakan QuillBot untuk meringkas isi sebuah artikel. QuillBot memiliki antarmuka yang sederhana sehingga cukup mudah digunakan. Situs ini juga memungkinkanmu menempelkan teks dan menyesuaikan gaya serta panjang ringkasan.

Akan tetapi, QuillBot juga memiliki beberapa kekurangan. Secara umum, hasil ringkasannya masih sangat mendasar dan terkesan kaku. Hasil ringkasannya pun dibatasi hanya 600 kata saja. Selain itu, QuillBot juga kurang fleksibel mengelola konten dari berbagai format.

7. ChatGPT

ilustrasi menggunakan ChatGPT (unsplash.com/Solen Feyissa)

ChatGPT sebagai alat AI generatif sangat bermanfaat dalam berbagai aktivitas, salah satunya untuk merangkum teks. Tampilan antarmukanya cukup simpel dan mudah digunakan. Kamu bisa membuat rangkuman berkali-kali tanpa batasan dengan ChatGPT.

Namun, AI ini membutuhkan instruksi atau prompt yang tepat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu, ChatGPT juga memiliki kelemahan. Contohnya, seperti potensi untuk melewatkan poin-poin penting dalam teks. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan dan memberikan arahan yang jelas agar hasil rangkumannya lebih akurat.

Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan, AI untuk merangkum artikel seperti ChatGPT bisa menjadi alat yang sangat berguna. Meski ada beberapa keterbatasan, beberapa tools di atas jadi solusi praktis untuk merangkum informasi secara efisien. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Website Translate Akurat dan Tepercaya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya