TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tools untuk Mencari Ide Konten, Sangat Ampuh!

Mulai dari konten video hingga tulisan kreatif

ilustrasi kehabisan ide (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Intinya Sih...

  • BuzzSumo membantu menemukan ide konten berbasis data dengan menganalisis performa artikel, video, atau postingan di media sosial serta fitur monitoring untuk melacak tren terkait brand atau topik tertentu.
  • Google Trends memungkinkan pemantauan tren pencarian global dan regional, serta membandingkan beberapa kata kunci sekaligus untuk mengetahui minat audiens secara real-time.
  • Quora memberikan inspirasi dari pertanyaan dan jawaban pengguna tentang topik apa pun, memberikan wawasan mendalam dan perspektif baru untuk ide konten.

Apakah kamu sering merasakan buntu saat mencari ide konten baru? Mencari ide konten yang segar dan menarik selalu menjadi tantangan terbesar bagi pembuat konten. Namun, kabar baiknya adalah teknologi telah menghadirkan solusi untuk membantu kamu mengatasi masalah ini.

Ada berbagai alat yang dapat membantu kamu menemukan inspirasi untuk menciptakan konten yang kreatif dan relevan. Kamu bisa menggunakan tools ini untuk berbagai jenis konten seperti tulisan hingga konten video. Yuk, simak beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari ide konten berikut!

1. Berbekal data dari BuzzSumo, kamu bisa bikin strategi konten yang lebih efektif dan tepat sasaran

BuzzSumo (buzzsumo.com)

BuzzSumo adalah tools yang sangat bermanfaat untuk content creator, marketer, dan pemilik bisnis yang ingin menemukan ide konten berbasis data. Platform ini memungkinkan kamu untuk menelusuri konten paling populer berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan dengan cara menganalisis performa artikel, video, atau unggahan di berbagai platform media sosial. Tidak hanya itu, BuzzSumo juga menampilkan metrik penting seperti jumlah share, likes, dan engagement untuk tiap konten sehingga kamu bisa memahami tren yang sedang diminati oleh audiens.

Selain itu, BuzzSumo juga memiliki fitur monitoring yang memungkinkan kamu untuk melacak mentions dan tren terkait brand atau topik tertentu. Ini sangat berguna untuk menjaga agar kamu selalu up-to-date dengan perkembangan terbaru di industri yang kamu geluti. Berbekal data yang diperoleh dari BuzzSumo, kamu bisa membuat strategi konten yang lebih efektif dan tepat sasaran.

Baca Juga: 4 Fitur AI di Canva untuk Bikin Video Bersuara

2. Berbekal Google Trends kamu bisa mengetahui tren pencarian berdasarkan waktu dan lokasi

Google Trends (trends.google.com)

Google Trends adalah alat sangat berguna untuk memahami apa yang sedang dicari oleh pengguna internet di seluruh dunia secara real-time. Berbekal Google Trends, kamu bisa mengetahui tren pencarian berdasarkan waktu dan lokasi serta melihat bagaimana minat terhadap topik tertentu berkembang dari waktu ke waktu. Salah satu fitur menariknya adalah kemampuan untuk membandingkan beberapa kata kunci sekaligus sehingga kamu bisa menentukan mana yang lebih banyak dicari dan lebih relevan dengan audiens. 

Misalnya, jika kamu melihat bahwa pencarian terkait “cryptocurrency” meningkat, kamu bisa membuat konten yang membahas topik tersebut untuk menarik lebih banyak pembaca. Selain memantau tren secara global, Google Trends juga memungkinkan kamu untuk fokus pada tren regional agar kamu bisa membuat konten yang lebih relevan untuk audiens lokal. Tools ini menampilkan topik dan pertanyaan terkait yang sering muncul bersamaan dengan kata kunci tertentu. Langkah ini bakal membantu kamu menggali lebih dalam ke ide konten yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. 

3. Quora memungkinkan kamu untuk melihat jawaban dari berbagai sudut pandang sekaligus

Quora (id.quora.com)

Quora adalah platform tanya jawab global yang memungkinkan pengguna untuk mengajukan dan menjawab berbagai pertanyaan tentang topik apa pun. Bagi content creator, Quora bisa menjadi sumber inspirasi untuk mencari ide konten yang berhubungan langsung dengan kebutuhan dan keingintahuan audiens. Kamu dapat menemukan topik yang sedang hangat dibicarakan atau topik spesifik yang mungkin belum banyak dibahas setelah menjelajahi pertanyaan yang diajukan oleh pengguna lain di Quora.

Selain itu, Quora juga memungkinkan kamu untuk melihat jawaban dari berbagai sudut pandang sekaligus memberikan wawasan yang lebih mendalam untuk topik yang ingin kamu bahas. Kamu bisa menggunakan jawaban-jawaban yang populer sebagai bahan baku konten, bahkan menemukan inspirasi untuk menciptakan konten yang menawarkan perspektif baru. Kamu juga bisa melihat jawaban dari para ahli dan influencer di bidang tertentu yang tentunya bisa menjadi inspirasi untuk konten kamu sendiri.

4. ChatGPT mampu memberikan saran topik berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan

ChatGPT (chatgpt.com)

ChatGPT adalah alat berbasis kecerdasan buatan (AI) yang sangat berguna bagi content creator dalam menemukan ide-ide konten yang segar dan orisinal. ChatGPT mampu memberikan berbagai saran topik berdasarkan kata kunci yang kamu masukkan serta membantu mengembangkan ide tersebut menjadi lebih mendalam. ChatGPT sangat berguna untuk brainstorming ide konten karena dapat memberikan berbagai saran dan inspirasi berdasarkan topik yang kamu beri.

Selain itu, ChatGPT juga dapat membantu dalam menyusun dan mengedit konten. Kamu bisa meminta tools ini untuk memperbaiki tata bahasa, menyederhanakan kalimat yang rumit, atau memberikan variasi kata untuk membuat konten lebih menarik. Tools ini sangat berguna ketika kamu merasa buntu atau kehabisan ide. Respons AI yang cepat dan relevan dapat mempercepat proses kreatif kamu.

Verified Writer

Theodore Siagian

ig : the_namora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya