TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Fitur AI di Canva untuk Bikin Video Bersuara

Membuat video kini jadi makin mudah

ilustrasi aplikasi canva (pexels.com/Jovan Vasiljević)

Intinya Sih...

  • Pembuatan video semakin mudah dengan bantuan AI
  • Canva memiliki fitur AI untuk mengubah teks menjadi gambar dan video bersuara
  • Aplikasi lain seperti Murf AI, AiVOOV, dan Soundraw juga membantu dalam pembuatan video

AI (Artificial Intelligence) memang sedang gencar-gencarnya menguasai dunia teknologi. Apa-apa kini banyaknya sudah tersambung dengan kecerdasan buatan ini. Mulai dari asisten virtual seperti siri hingga beragam sosial media yang kini menggunakan AI seperti pembuatan video.

Pada awalnya manusia harus memikirkan dari A hingga Z jika ingin membuat konten berupa video, mulai dari topik, poin yang akan disampaikan hingga pembuatan video, sampai unsur pengeditan. Namun, kini cukup bermodal gawai dan sedikit pengetikan sudah bisa menghasilkan video dengan kualitas luar biasa. Tidak perlu merekam diri ataupun mengeluarkan suara, video buatanmu sudah bisa ditonton dengan jelas. Salah satu aplikasi yang sangat membantu untuk memroduksi dan mengedit video adalah Canva.

Canva merupakan aplikasi desain grafis untuk mengedit foto atau video yang banyak diminati karena fiturnya yang cukup lengkap. Salah satu yang terbaru yaitu fitur AI. Canva menjalin kerja sama dengan beberapa aplikasi AI agar bisa digunakan bersamaan di Canva. Apa saja aplikasi AI yang bisa menghasilkan video bersuara di Canva? Yuk, bahas!

1. Aplikasi Dall-E dan Imagen mengubah kata menjadi gambar

ilustrasi AI Imagen di Canva (dok. canva.com)

Pembuatan video juga membutuhkan beberapa gambar sebagai sisipan atau halaman depan maupun akhir. Pada Canva, jika kamu tidak menemukan gambar yang sesuai, salah satu cara paling oke adalah dengan menuliskan idemu ke dalam tulisan dan AI akan mengubah tulisan tersebut menjadi gambar sesuai ide tulisan. Bahkan, hal-hal yang tidak masuk akal pun akan tetap berubah menjadi sebuah karya yang unik.

Aplikasi yang bisa melakukan pengerjaan ini ada dua, yaitu DALL-E dan Imagen. DALL-E merupakan produk yang dikembangkan oleh OpenAI. Sedangkan Imagen adalah produk dari Google. Secara fitur keduanya tidak terlalu memiliki perbedaan. Penggunaannya tinggal mengetikkan teks atau juga bisa minta dipilihkan beberapa contoh kata, kemudian tinggal di-generate. Gambar sesuai teks akan muncul berupa dua pilihan. Perbedaannya hanya pada hasil gambar yang kemungkinan bakal berbeda.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif AI bagi Penulis, Bisa Bikin Ketergantungan?

2. Mengubah teks menjadi suara dengan Murf AI dan AiVOOV

ilustrasi MurfAI di Canva (dok. canva.com)

Ada beberapa aplikasi pengubah suara yang bisa digunakan di Canva. Mulai dari Murf AI yang memiliki beberapa fitur seperti pengaturan bahasa, pemilihan karakter, kecepatan suara dan tinggi nada suara juga bisa diatur. Bahkan, gaya pembacaannya pun bisa disesuaikan. Namun, sayangnya karakter bagian Bahasa Indonesia hanya bisa digunakan oleh pengguna pro. 

Aplikasi suara lainnya yang bisa kamu lirik adalah AiVOOV. Dibanding Murf AI, aplikasi yang ini jauh lebih simpel. Kamu bisa memilih bahasa dan karakter. Kabar baiknya, untuk suara dalam Bahasa Indonesia ada pilihan versi gratis, lho! Suara dari karakter bisa kamu cek terlebih dahulu sebelum kamu memilih agar disesuaikan dengan teks yang dibacakan.

3. Soundraw mengubah musik menjadi genre tertentu

ilustrasi pilihan genre di soundraw (dok. canva.com)

Beberapa video membutuhkan musik tertentu yang akan menambahkan kesan yang diinginkan pada video. Aplikasi yang dibutuhkan untuk tugas ini adalah Soundraw. Soundraw menyediakan beragam jenis genre musik, mulai dari akustik, pop, beat hingga jenis lain seperti orkestra. Kamu tinggal memilih jenis mana yang akan melengkapi videomu.

Tak hanya pilihan genre, Soundraw juga memungkinkan untuk memilih mood, tema, dan durasi dari musik yang digunakan. Musik yang merupakan favoritmu bisa disimpan dan dilihat kembali jika dibutuhkan. Jenis aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin bereksperimen dalam musik di sebuah video.

Verified Writer

Shafira

read and write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya