TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Mencari Tweet Lama Tanpa Perlu Capek Scroll Sampai Bawah

Bernostalgia sambil mencari jejak digital

ilustrasi logo media sosial X (dulu Twitter) (unsplash.com/Alexander Shatov)

Intinya Sih...

  • Mencari kembali cuitan lama di Twitter bisa menghadirkan nostalgia dan kontroversi
  • Cara melihat tweet lama dengan mesin pencarian, situs AllMyTweets, dan Twilert
  • Fitur Arsip Tweet dan Wayback Machine juga memungkinkan pengguna menemukan cuitan lama dengan mudah

Hayo jujur, pernah nggak, sih, kamu mengetik cuitan di Twitter yang lucu, mengundang tawa, atau membangkitkan kenangan bersama teman-teman lama atau seseorang yang istimewa di masa lalu? Rasanya pasti ingin sekali menemukan kembali cuitan tersebut, membacanya lagi, dan menghidupkan kembali momen-momen indah itu, bukan? Dari waktu ke waktu, pasti sudah ada ribuan atau bahkan puluhan ribu cuitan yang kamu buat, baik itu disengaja atau hanya sekedar ikut-ikutan.

Kadang-kadang, cuitan yang bikin rindu itu bisa menghadirkan nostalgia. Tapi, di sisi lain, ternyata juga bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri. Hal ini yang sedang dialami oleh tokoh publik, Ridwan Kamil. Beberapa cuitan lamanya yang mengundang kontroversi dihadirkan lagi oleh warganet dalam rangka kontestasi Pilkada 2024.

Sebenarnya, untuk mengecek cuitan lama itu memang tidak sulit. Kamu tidak perlu scrolling terus menerus sampai jarimu pegal, kok! Praktis saja, simak sederet tips berikut agar kamu tidak perlu lagi repot scrolling sampai ke bawah untuk menemukan cuitan Twitter bertahun-tahun lalu!

1. Melalui mesin pencarian akun X dengan format pencarian berupa kombinasi tanggal dan username

Melihat tweet lama melalui pencarian akun X dengan format berupa kombinasi tanggal dan username (dok.pribadi/Reyvan Maulid)

Mari mulai dengan cara yang paling sederhana dulu. Cara melihat tweet lama di akun X bisa kamu lakukan dengan bantuan mesin pencarian atau search bar yang sudah disediakan di bagian paling atas akun X (PC/Laptop) atau bagian paling bawah untuk akun X apabila diakses melalui HP. Dengan memanfaatkan fitur ini, pengguna bisa membatasi pencarian dan melihat tweet lama secara spesifik sesuai nama akun, rentang waktu, dan kata. Berikut adalah cara melihat tweet lama melalui mesin pencarian dengan mudah.

  • Buka aplikasi Twitter.
  • Masuk ke akun milik kamu.
  • Selanjutnya, langsung sasar ke mesin pencarian (search bar) dengan mengetikkan format pencarian berupa filter tanggal menggunakan format sebagai berikut "username since:YYYY-MM-DD until:YYYY-MM-DD". Misalnya: "username since:2018-10-01 until 2018-12-31".
  • Tekan Enter dan tunggu hingga tweet yang dicari muncul pada halaman Twitter

Baca Juga: 5 Cara Menghapus Massal Cuitan Lama di X Secara Otomatis, Mudah!

2. Situs AllMyTweets untuk mengintip tweet lama yang tertumpuk oleh tweet lain di atasnya

Tampilan situs All My Tweets (allmytweets.net)

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan situs AllMyTweets untuk melihat tweet lama. Situs ini memungkinkan kamu untuk menampilkan semua tweet dari akun X dalam satu halaman yang akan memudahkan kamu mencari tweet lama tanpa perlu menggulir terus-menerus di aplikasi X. Cukup masukkan nama akun X yang ingin kamu telusuri, lalu situs ini akan memunculkan daftar lengkap tweet akun tersebut. Berikut adalah langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Buka situs https://www.allmytweets.net.
  • Masuk menggunakan akun X yang ingin dilihat tweet lamanya.
  • Setelah itu, klik tombol Tweets kemudian tunggu hingga muncul semua riwayat tweet lama yang tersedia.
  • Kamu bisa memilih Change User untuk melihat tweet lama milik orang lain.
  • Masukkan username X/Twitter yang bersangkutan dan klik tombol Tweets.
  • Pada tahap ini, kamu hanya perlu menunggu proses hingga situs menampilkan semua tweet lama yang telah dibuat oleh akun yang bersangkutan.

Dengan cara ini, kamu dapat dengan cepat menemukan cuitan yang ingin kamu baca ulang dan bernostalgia dengan momen-momen berharga di masa lalu. Kamu juga tidak perlu khawatir untuk bisa mengintip tweet lama tanpa repot tertumpuk oleh tweet-tweet terbaru yang muncul.

3. Melalui situs Twilert, pengguna juga bisa mengintip tweet lama

Situs Twilert juga bisa dipakai untuk melihat tweet lama (twilert.com)

Twilert memungkinkan kamu untuk menerima notifikasi email tiap kali cuitan yang mengandung kata kunci tertentu diunggah. Dengan Twilert, kamu bisa mencari dan menyimpan tweet-tweet lama yang mungkin relevan dengan minat atau kebutuhanmu. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin memantau perkembangan topik tertentu, mengawasi diskusi terkait merek atau bisnis, atau sekadar bernostalgia dengan cuitan-cuitan lama yang telah kamu buat di akun X. Mau tahu cara mengeceknya? Langsung ikuti cara-cara berikut ini, yuk! Mudah banget!

  • Buka situs https://app.twilert.com. Di sini, Twitter akan meminta izin dari pengguna untuk memberi akses pada Twilert.
  • Setelah masuk ke dalam situs, pilih opsi Old Tweets yang terdapat di bagian atas laman Twilert.
  • Pada bagian atas, Twilert menyediakan tiga kotak yang dapat digunakan untuk memasukkan kata kunci dan waktu. Selain itu, terdapat opsi lain untuk menyembunyikan retweets dan replies.
  • Setelah memasukkan kriteria yang diinginkan, pilih Filter.
  • Tunggu hingga tweet yang dicari muncul di layar.

4. Cara melihat tweet lama juga bisa menggunakan fitur Advanced Search

Cara melihat tweet lama juga bisa menggunakan fitur Advanced Search pada akun X (dok.pribadi/Reyvan Maulid)

Kalau kamu ingin cara yang praktis dan tanpa repot untuk memanfaatkan situs dari pihak ketiga, cara mencari tweet lama menggunakan Advanced Search juga layak untuk kamu coba. Caranya juga terbilang simpel dan sangat sederhana. Kamu tinggal menuliskan kata-kata pada kolom yang sudah disediakan, cantumkan tagar, dan mulai untuk melakukan pencarian tweet melalui akun X masing-masing. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke akun X kamu dan buka halaman pencarian
  • Cara kedua, kamu juga bisa mengetikkan kata kunci "Advanced Search Twitter" di mesin pencarian Google. Nantinya akan muncul di halaman pertama tentang search-advanced
  • Setelah melakukan pencarian, nanti kamu akan melihat kolom advanced search page atau pencarian lanjutan di sebelah kanan dan tinggal kalian klik kolom tersebut.
  • Kemudian, kamu tinggal memasukkan informasi lengkap seperti kata kunci, hashtag, akun pengguna, dan rentang tanggal yang ingin dicari.
  • Klik tombol Cari. Hasil pencarian akan menampilkan daftar tweet teratas dari periode yang kamu tentukan.
  • Sekarang, kamu bisa dengan mudah melihat-lihat sembari bernostalgia dengan tweet lama kamu.

Sebagai informasi tambahan, jika kamu ingin melihat tweet terbaru dengan kata kunci yang sama, kamu bisa mengklik tab “Terbaru”. Lalu, jika ingin mencari tweet yang mengandung foto atau video dengan kata kunci tersebut, gunakan tab “Media”.

5. Menggunakan fitur "Download an Archive of Your Data" atau mengunduh arsip lengkap Tweet

Fitur "Download an Archive of Your Data" di akun X (theverge.com)

X juga memiliki fitur "Arsip Tweet" yang memungkinkan pengguna mengunduh arsip tweet mereka dari waktu ke waktu. Fitur ini merupakan cara yang baik untuk menelusuri jejak digital dari seluruh tweet lama kamu. Berikut adalah langkah-langkah mencari tweet lama dengan bantuan Arsip Tweet:

  • Masuk ke akun Twitter kamu.
  • Buka pengaturan akun Twitter.
  • Pilih opsi "Akun Anda" dan klik "Unduh arsip data Anda".
  • Sebelum dapat mengunduh, Twitter akan meminta kembali penggunanya untuk memasukkan kata sandi lagi untuk verifikasi saat meminta unduhan arsip.
  • Setelah itu, akan muncul halaman “Data Twitter”. Di sini, klik "Permintaan arsip".
  • Selesai! Sekarang, kamu tinggal menunggu Twitter mengirimkan laporan arsip.

Perlu diketahui bahwa X memerlukan beberapa hari untuk memproses permintaan unduhan arsip tweet kamu. Setelah selesai, nantinya kamu akan menerima email dengan arsip tweet dalam bentuk file .zip. Setelah menerima file .zip, buka file dengan nama “Your archive.html”. Di dalam file tersebut kamu akan menemukan ringkasan dari seluruh aktivitas di akun X kamu. Untuk melihat semua tweet lama, klik "Tweet".

Lalu, kamu akan melihat daftar tweet lama dalam urutan kronologis terbalik. Kamu juga bisa dapat menggunakan kotak pencarian dan filter di sebelah kanan halaman untuk mempersempit pencarian. Terdapat juga tab di bagian atas yang memungkinkan pengguna dapat melihat balasan dan retweet secara spesifik.

Verified Writer

Reyvan Maulid

Penyuka Baso Aci dan Maklor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya