TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu IMEI? Ini Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengeceknya

Ternyata bukan sembarang nomor

Ilustrasi orang sedang menunjukkan HP (freepik.com)

Siapa yang pernah mendengar istilah IMEI? IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Sesuai dengan namanya, IMEI berfungsi sebagai identitas dari setiap perangkat ponsel berupa nomor identifikasi unik 15 digit. Nomor unik ini ada pada setiap ponsel, baik itu Android maupun iPhone.

Adanya IMEI memungkinkan pelacakan, melindungi dari pencurian, dan memvalidasi keaslian perangkat. Lebih lanjut, berikut IDN Times sajikan rangkuman lengkap seputar IMEI, mulai dari pengertian, fungsi, dan cara mengeceknya. Simak selengkapnya di IDN Times!

1. Apa itu IMEI?

Ilustrasi orang sedang memegang handphone (freepik.com)

IMEI pada setiap perangkat seluler terdiri dari nomor yang berbeda-beda. Dengan kata lain, IMEI setiap perangkat tidak akan sama. Nomor identitas unik ini dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA).

Saat membeli ponsel baru, pengguna secara otomatis akan mendapat IMEI perangkatnya. Dalam beberapa kasus, ponsel yang dibeli secara ilegal biasanya tidak dibekali IMEI. Untuk itu, membeli ponsel secara legal sangatlah penting agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

2. Fungsi IMEI

Ilustrasi orang sedang bermain ipad ( freepik.com)

IMEI berfungsi sebagai identifikasi sebuah perangkat, pelacakan, perlindungan dari pencurian. Jika sebuah perangkat tidak memiliki IMEI, maka besar kemungkinan pengguna mengalami pembatasan akses dan jaringan seluler. Bahkan, hal terburuk yang mungkin terjadi adalah masalah hukum terkait penggunaan dan pemasaran perangkat.

Oleh karena itu, kamu perlu memastikan registrasi IMEI secara sah untuk keamanan yang optimal. Registrasi IMEI dapat dilakukan melalui Bea Cukai, operator seluler, dan Kemenperin.

Melansir Kominfo, kebijakan pengendalian IMEI telah sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengendalian Alat dan atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler melalui identifikasi IMEI.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya