TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Aplikasi Baca Buku Gratis dengan Bahasa Indonesia dan Inggris

Bisa baca buku di mana saja melalui gadget andalanmu

Baca buku secara digital. Freepik/freepik

Bagi orang yang senang membaca buku, keterbatasan dana atau ruang untuk menyimpan buku menjadi rintangan ketika ingin membaca. Akses perpustakaan yang juga belum tersebar merata menyulitkan para pencinta buku yang tidak tinggal di kota-kota besar.

Untungnya, ada segudang aplikasi gratis tempat kamu bisa membaca buku secara digital. Tak perlu lagi khawatir kehabisan tempat di rak atau membawa buku-buku yang berat, sebab buku digital ini bisa dibaca di mana saja dan kapan saja. Praktis, bukan?

Tak hanya itu, aplikasi-aplikasi ini memungkinkan kamu membaca buku tanpa mengeluarkan dana alias gratis. Ada sembilan aplikasi baca buku gratis dengan bahasa Indonesia dan Inggris yang bisa kamu coba. Yuk, simak!

1. iPusnas

Tangkapan layar iPusnas. Dok. pribadi

Pernahkah kamu berkunjung ke Perpustakaan Nasional? Koleksi bukunya pasti memukau para kutu buku, ya! Ternyata tanpa berkunjung ke perpustakaannya secara langsung, kamu tetap bisa membaca buku-buku di Perpustakaan Nasional melalui aplikasi iPusnas. Aplikasi ini tersedia untuk ponsel Android, iOS, dan bahkan memiliki versi desktop. Kamu tinggal membuat akun untuk meminjam dan membaca buku-buku di sini.

Sama seperti perpustakaan fisik, stok buku digital di aplikasi iPusnas terbatas. Jadi, terkadang kamu harus sabar mengantri jika stok buku yang ingin kamu pinjam sedang kosong. Kamu bisa meminjam buku selama 5 hari dan bahkan meninggalkan komentar dan review di buku-buku yang telah kamu baca.

Baca Juga: 6 Jenis Senjata yang Sering Muncul di Game FPS

2. Wattpad

Tangkapan layar Wattpad. Dok. Pribadi.

Kebanyakan orang mengenal Wattpad sebagai aplikasi membaca dan menulis fanfiction alias cerita fiksi berdasarkan karya lain yang sudah ada. Tetapi, di Wattpad kamu juga bisa membaca dan menulis cerita original, lho. Bahkan, banyak cerita yang populer di Wattpad telah diterbitkan sebagai buku fisik.

Ribuan cerita dalam bahasa Indonesia dan Inggris diunggah dan diperbarui di aplikasi ini. Tentunya, kamu bisa mem-filter berdasarkan kategori cerita, seperti romance, horor, fiksi ilmiah, humor, dan bahkan cerpen.

3. EPerpusdikbud

Tangkapan layar EPerpusdikbud. Dok. Pribadi

Sesuai namanya, EPerpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Aplikasi ini menyediakan ribuan koleksi e-book, lengkap dengan e-reader. Mirip seperti iPusnas, di aplikasi ini kamu hanya bisa meminjam buku dalam jangka waktu tertentu. Stok bukunya pun terbatas, jadi kamu mungkin harus mengantri saat meminjam buku.

Untuk meminjam buku di aplikasi ini, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Mengutip deskripsi aplikasi di Google Play Store, pendaftaran akun dilakukan dengan menghubungi email perpustakaan@kemdikbud.go.id.

4. Ruang Buku Kominfo

Tangkapan layar Ruang Buku Kominfo. Dok. Pribadi

Satu lagi aplikasi perpustakaan digital, kali ini milik Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sebenarnya, aplikasi ini diperuntukkan bagi pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika alias Kominfo. Tujuan aplikasi ini adalah mempermudah akses koleksi digital perpustakaan bagi semua pegawai Kominfo yang tinggal di berbagai wilayah di Indonesia.

Sama seperti EPerpusdikbud, pembuatan akun di Ruang Buku Kominfo harus melalui email terlebih dahulu. Menurut akun X resmi @kemkominfo pada (21/3/2022), kamu cukup mengirimkan nama dan email ke perpustakaan@mail.kominfo.go.id dengan subjek "Pendaftaran Ruang Buku Kominfo" untuk melakukan pendaftaran.

5. NovelToon

Tangkapan layar NovelToon. Dok. Pribadi.

Aplikasi baca buku gratis selanjutnya adalah NovelToon, yang tersedia buat ponsel Android, iOS, dan versi web. Tak hanya membaca, kamu juga bisa mendaftar menjadi penulis dan berinteraksi dengan penulis cerita-cerita favoritmu. Di NovelToon, tersedia cerita dalam bahasa Inggris dan Indonesia.

Uniknya, di NovelToon terdapat cerita-cerita yang ditulis dalam format aplikasi chatting. Jika lelah membaca novel, kamu bisa beralih ke membaca chat story yang formatnya lebih user-friendly di ponsel. Jika kamu berada di daerah yang tidak memiliki jaringan internet, jangan khawatir! Kamu bisa mengunduh novel-novel favoritmu dan membacanya secara offline. Praktis, bukan?

6. PerpusKita

Aplikasi PerpusKita. Sumber: perpuskita.id

PerpusKita adalah aplikasi baca buku digital yang diperuntukkan bagi para siswa. Sebab, aplikasi ini membantu sekolah membangun perpustakaan digital dari koleksi bukunya. Sekolah pun bisa menghemat biaya operasional perpustakaan, sementara siswa bisa mengakses koleksi perpustakaan kapan saja dan di mana saja. Sebelum mengunduh, pastikan sekolahmu terdaftar sebagai anggota, ya!

7. Fizzo

Tangkapan layar Fizzo. Dok. Pribadi

Aplikasi baca buku gratis selanjutnya adalah Fizzo yang tersedia untuk Android dan iOS. Tak hanya aplikasi membaca, di Fizzo pun kamu bisa menulis ceritamu sendiri. Uniknya, Fizzo tidak hanya menyediakan buku digital, tetapi juga fitur audio sehingga kamu bisa mendengarkan cerita sebagai audiobook. Fizzo menyediakan buku dalam bahasa Inggris serta Indonesia.

8. NovelMe

Tangkapan layar NovelMe. Dok. Pribadi

NovelMe adalah aplikasi membaca sekaligus menulis buku, sehingga kamu yang suka membuat cerita juga bisa menulis di NovelMe untuk mendapatkan penghasilan sampingan.

Bab-bab pertama dalam suatu buku bisa dibaca secara gratis. Namun setelah itu, kamu perlu menggunakan mata uang diamond untuk mengakses bab-bab selanjutnya. Diamond ini didapatkan dengan cara top up, tetapi bisa juga didapatkan secara gratis dengan log in tiap hari dan mengerjakan misi. Di NovelMe, terdapat fitur peringkat bulanan. 100 karya teratas di kategori novel pria dan perempuan akan diperbarui tiap bulan. Jadi, kamu tak akan kehabisan bahan bacaan, deh!

Writer

Ratnasari Cenreng

An English Studies major with a passion for education and literacy. She hopes to build a better literacy environment.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya